Blog Sivitas

Paling tidak hampir enam abad sudah dunia mengenal media cetak dimulai tatkala Johannes Gutenberg menyempurnakan mesinnya di tahun 1455. Sejak buku cetak pertama lahir hingga beberapa dekade silam, media cetak menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Tak terkecuali di bidang publikasi ilmiah, ketika buku cetak menjadi acuan wajib yang tertulis di halaman daftar pustaka.

Namun, seperti yang saya tulis sebelumnya, hal tersebut berlangsung hingga beberapa dekade yang lalu. Karena dewasa ini, melalui perkembangan teknologi, menikmati tulisan melalui buku cetak agaknya semakin tergerus oleh kemudahan teknologi elektronik. Terlebih dengan pesatnya perkembangan teknologi komunikasi yang mendukung penyebaran format elektronik via daring.

Melalui teknologi daring, untuk membaca sebuah jurnal elektronik yang baru terbit, semudah mengeklik tombol unduhan. Membawa buku dengan ribuan halaman menjadi tidak serepot menenteng buku-buku cetak berat di dalam tas, saat ini dengan format elektronik semuanya cukup dimasukkan ke dalam kartu memori seukuran jari tangan atau bahkan menyimpannya di awan agar bisa diambil di mana saja sewaktu-waktu.

Tak hanya dari sisi penikmat, dari sisi penerbit pun kini terimbas dengan pergerakan dunia penerbitan ke arah paperless. Terlepas dari usaha mengurangi penebangan kayu untuk indutri kertas yang sering dikaitkan dengan isu lingkungan hidup. Bisa dikatakan format elektronik via daring adalah yang paling cocok dengan perkembangan teknologi saat ini. Paling tidak, gulung tikarnya sejumlah surat kabar besar konvensional di Amerika Serikat menjadi salah satu indikatornya. Melihat kenyataan tersebut, agaknya akan berlaku pula bagi penerbitan ilmiah, yang sedikit banyak mengubah budaya publikasi ilmiahnya juga.

Gambaran tersebut mungkin yang menginspirasi langkah webometrics untuk akhirnya memutuskan mengambil perspektif yang cukup kontroversial, yakni mengambil data dari laman pencarian daring semisal google cendekia terkait informasi jumlah sitasi seorang peneliti, sebagai salah satu landasan sistem perangkingan yang mereka rilis beberapa waktu lalu.

Langkah webometrics tersebut tentu bukan sekedar alasan kemudahan, jika dilihat dari sudut pandang lain, hal tersebut merupakan langkah membangun kesadaran institusi dan peneliti bahwa publikasi ilmiah nantinya akan didominasi oleh jurnal/buku elektronik yang disebarkan dan disitasi secara daringyang tentu penyebarannya jauh lebih cepat dibanding pengapalan jurnal/buku fisiknya. Terlepas dari kontroversi sistem peringkat yang dilansir webometrics, sistem ini turut mempercepat alih teknologi penerbit ilmiah.

Mungkin saat ini hasil pemeringkatan masih jauh dari valid. Namun kedepannya, jika penerbitan ilmiah secara elektronik semakin membudaya, maka kualitas pun pada akhirnya akan mengalahkan kuantitas, tatkala lebih banyak peneliti memublikasikan hasil penelitiannya secara daring. Sehingga stigma mirip SEO yang melekat pada sistem perangkingan semacam webometrics via google cendekia pun semakin berimbang ke depannya.

about author

Dhevi Enlivena Irene Restia Mahelingga S.Sn.

198812012015021001

Balai Media dan Reproduksi (LIPI Press)

Komentar (20)

  • ahmed

    04 November 2019, 10:06:00

    Halo semuanya Saya Ahmed Sabindut dan membawa kepada Anda informasi yang sangat penting tentang pinjaman dan saya ingin memberi tahu Anda bahwa Anda harus bijak tentang bagaimana cara Anda memberi pinjaman di internet karena banyak dari pemberi pinjaman pinjaman online penipu mereka tidak nyata dan saya punya menjadi korban bagi banyak pemberi pinjaman palsu online Seperti yang mereka katakan, "Nothing Gose for Nothing", jadi saya harus membayar untuk mendapatkan pinjaman dari mereka dan setelah banyak janji manis, itulah cara mereka merobek uang hasil jerih payah saya. Semua harapan hilang saya tidak bisa memberi tahu istri saya apa yang bahagia dan saya sekarat dalam diam tidak ada uang untuk membeli susu untuk anak saya dan biaya kuliah saya juga harus membayar dan uang bisnis saya telah digunakan untuk membayar perusahaan pinjaman. Suatu hari saya setia ada di internet ketika saya melihat iklan dari sebuah perusahaan pinjaman bernama GLOBAL FUND FOUNDATION mengatakan bahwa mereka memperlakukan setiap orang sama-sama terlepas dari nilai kredit mereka dan mereka terdengar sangat percaya diri pada iklan tersebut Saya mengambil alamat gmail YAYASAN GLOBAL dan saya menghubungi perusahaan, mereka menyambut saya dan meminta informasi saya yang saya sampaikan kepada mereka dan melalui proses peminjaman mereka dan setelah ketika seorang pengacara menghubungi saya dan memberi saya informasi lebih lanjut tentang aplikasi pinjaman dan keyakinannya jika saya gagal membayar kembali jadi saya meyakinkan pengacara bahwa saya akan membayar kembali setelah set dan selesai mereka memberi saya dokumen pinjaman untuk dicetak ketika itulah saya tahu saya dengan pemberi pinjaman yang tepat jadi saya mencetak dokumen yang ditandatangani dan dikirim salinan pindaian dokumen kepada mereka pergi melalui tahap akhir pinjaman saya sehingga perusahaan meyakinkan saya bahwa saya akan mendapatkan pinjaman saya pada hari berikutnya karena waktu hilang untuk melakukan transfer kepada saya dan mereka meyakinkan sehingga saya berharap dan berdoa dan untuk kekaguman terbesar saya, pinjaman saya sebesar 350 juta dikreditkan ke akun saya, saya tidak percaya jadi saya lari ke bank dan menemukan bahwa uang itu masuk. SO INI ADALAH PEMBUKA MATA UNTUK SEMUA KAMU DILAKUKAN MENCARI PINJAMAN, JANGAN MEMBERI DAN ANDA JUGA DAPAT BERLAKU YAYASAN PENDANAAN GLOBAL $$$$ globalfundfoundation9@gmail.com $$$$$

  • CREDIT FINANCIAL GROUP

    14 September 2019, 03:25:40

    HALO Apakah Anda seorang pengusaha atau pegawai pemerintah, dan Anda ingin mandiri secara finansial dan mengembangkan bisnis Anda, ini adalah kesempatan Anda, kami menyediakan semua jenis pinjaman jangka panjang dan pendek, proses kami sangat sederhana dan mudah. Anda tidak harus terus bertanggung jawab secara finansial kepada semua orang, hari ini Anda dapat memutuskan bahwa Anda memiliki kebebasan finansial dan kehidupan yang lebih baik untuk Anda dan keluarga Anda, kami siap memberikan Anda pinjaman apa pun yang Anda butuhkan, Kami akan memberikan Anda. Jangan merasa ingin melihat seseorang sukses secara finansial jika Anda ingin pinjaman Anda ditambahkan ke ekuitas Anda atau memulai bisnis Anda sendiri, ini adalah kesempatan Anda untuk menghubungi kami hari ini. Perusahaan: CREDIT FINANCIAL GROUP Email: (creditfinancialgroup01@gmail.com) Whatsapp: +447480724786.

  • joko

    13 September 2019, 09:56:28

    artikel yang sangat menarik, penerbitan ilmiah secara elektronik semakin membudaya, maka kualitas pun pada akhirnya akan mengalahkan kuantitas

  • enny

    09 September 2019, 15:22:04

    Halo semua di laman web ini amat gembira kerana saya akhirnya mendapat pinjaman, semua pujian kepada ALLAH saya mendapat pinjaman Rp 170.000.000 juta dari Anthony Yuliana semoga ALLAH terus memberkati mereka, saya hanya membuat bayaran untuk biaya pinjaman saya yuran insurans dan pemindahan sebelum saya mendapat jumlah pinjaman saya sebesar Rp 170.000.000 juta ke dalam detail akun saya (BCA) 0272262754, bagi mereka yang mencari pinjaman harus berhati-hati karena ada banyak peminjam pinjaman palsu hanya sedikit yang nyata dan Anthony Yuliana adalah antara peminjam pinjaman sebenar dan ORIGINAL, anda juga boleh menghubungi Anthony Yuliana Lender jika anda memerlukan pinjaman, BBM INVITE ((E37F9BCC)) whatsapp hanya +13234026088 email (anthony.yulianalenders@gmail.com) email saya sendiri (ennywaper771@gmail.com)

  • dosenpintar

    26 Agustus 2019, 14:36:10

    artikel yang menarik, bisa dikatakan format elektronik via daring adalah yang paling cocok dengan perkembangan teknologi saat ini. https://dosenpintar.co.id/

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher