Blog Sivitas

Tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar perekonomian negara saat ini ditopang oleh para  penggiat UKM. Hadirnya teknologi  yang mendominasi saat ini sangat bermanfaat besar bagi perkembangan usaha UKM. Betapa tidak, telah lahir kemudahan-kemudahan yang memungkinkan salah satunya yaitu pengiriman barang dari dengan radius tertentu dengan harga yang relatif terjangkau. Ya....dengan kemajuan teknologi dan terobosan dibidang pengiriman barang memudahkan UKM dalam pengiriman barang, sehingg sirkulasi dalam penjualan lebih mudah.

Banyak dari UKM yang telah memanfaatkan peluang ini, namun tidak sedikit juga dari pelaku UKM yang masih tergagap-gagap dalam menyerap teknologi yang kekinian. Perlunya pendampingan dalam menyelaraskan dengan situasi ini sudah pernah disampaikan pada otorisasi yang berkepentingan, dan telah banyak juga program-program yang diluncurkan oleh otorisasi tersebut, dan sekarang tinggal UKM-nya yang harus dapat berlari kencang dengan fasilitas yang ada.  

Terobosan yang spektakuler dalam beberapa tahun terakhir dengan hadirnya pengiriman online sebagai alternatif dari pengiriman konvensional yang memudahkan penggiat UKM dalam memasarkan hasil produksinya, terutama UKM yang bergerak dibidang makanan.

Disisi lain terdapat sebagian UKM yang menggalang kesatuan pemikiran untuk bergabung dalam sebuah komunitas UKM. Kesatuan ini dilatarbelakangi oleh kesamaan ide dalam pengembangan UKM dan juga dalam mempercepat pemahaman menggunakan teknologi, khususnya teknologi yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan produksi dan penjualan. Tentunya teknologi tersebut tergolong dengan teknologi berbasis jaringan untuk memudahkan dalam berkomunikasi dan pengiriman data.

Membuat kesamaan pemahaman dalam produksi dan pemasaran menjadikan penggiat UKM untuk saling bersinergi memberikan pelatihan dan berbagi informasi seputar kemajuan teknolgi saat ini. Kemajuan yang dimaksud adalah adanya pengiriman online tersebut dan pemahaman pada UKM dalam memberanikan diri terjun langsung dikancah kompetisi penjualan dengan perusahaan besar atau sekelar supermarket dan minimarket.

about author

Jimmy Abdel Kadar S.Si., M.Sc.

197203262002121003

Pusat Penelitian Teknologi Pengujian

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher