Blog Sivitas

Ada pengadaan komputer dan lemari baru di kantor, yang lama ditaro di mana ya? Di gudang???

Banyak tumpukan filling cabinet, kursi, meja, lemari yg ga kepake di pojokan dan di koridor kantor neh.  sayang amat... padahal maseh layak pakai tuh komputerny, ya... buat ketak ketik anak2 di rumah cukup lah... Ato kita kasiin aja kali ya ke pondok pasantren lebih bermamfaat keknya, biar santriwan-santriwati pada melek komputer, minimal bisa word excel lah.

Tapi ni barang-barang sebagian tinggal sisa-sisa kejayaan aja, ga bisa dipake lagi, dikiloin laku ga ya?? ato dibuang aja deh, daripada menuh-menuhin kantor jadi terkesan penuh, ga rapi, kumuh.

Eh eh... Kantor dapat mobil operasional yg baru loh taun ini, kira-kira klo si kijang jadul yang entu dibeli aja bisa ga ya???  Hhhmmm.... okelah... Ayoo..



... eeiitss nanti dulu... barang- barang itu aset negara bukan ya?? termasuk Barang Milik Negara (BMN) bukan ya??  Klo itu terdaftar di pengelola BMN a.k.a. manajer aset satkernya bapak ibu, tahan niat baikny ya... sebentar aja, iya sebentar. Bukankah niat baik  harus dijalani dengan cara yg baik pula??

 

Jadi... kalo itu terdaftar sebagai aset negara, maka aset itu tercantum di Neraca Laporan Keuangan satker bapak ibu, artinya ada di Laporan Keuangan LIPI, artinya juga ... barang tersebut terlapor di Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) yang notabene sebagai bentuk pertanggungjawaban pemerintah dalam hal pelaksanaan APBN kepada anggota MPR DPR yang terhormat.

Hhhuuiiiihhh.... beurat ahh!

Tapi tenang... kembali ke niat awal, niat baik selalu ada jalan, bukan begitu??

So....  gimana caranya??

Nah... sebagai aparatur negara yang baik, kita kudu ijin dulu dong ma yang punya aset, ijin sama negara, ya melalui manajer aset itu loh.  manajer aset yg ada di satker bapak ibu sudah dibekali tata cara bagaimana mengelola aset yg seperti itu. Ada guide nya dari negara bagaimana pelaksanaan teknisnya yaitu melalui Penghapusan BMN. Mau tau seperti apa prosesnya???

Hhhmm... begini.....


Akhir dari siklus Pengelolaan BMN adalah Penghapusan BMN.  Penghapusan BMN akan menyebabkan nilai aset yang tersaji pada Neraca  Laporan Keuangan berkurang.  Proses penghapusan BMN bisa melalui:

  1. Pemusnahan, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 83/PMK.06/2016 tentang Tata Cara Pemusnahan dan Penghapusan BMN atau;
  2. Pemindahtangan, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 111/PMK.06/2016 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemindahtanganan BMN.  Pemindatanganan terdiri dari penjualan (lelang), hibah, tukar menukar dan Pengertaan Modal Pemerintah (PMP).



 Pemusnahan BMN dapat dilakukan apabila aset tersebut tidak dapat digunakan, tidak dapat dimanfaatkan dan/atau tidak dapat dipindahtangankan.  Pelaksanaan pemusnahan BMN  dengan cara dibakar, dihancurkan, ditimbun, ditenggelamkan, dirobohkan atau dengan cara lain sesuai undang-undang.

 

Pemindahtanganan BMN adalah pengalihan kepemilikan BMN, yang semula milik pemerintah pusat (Kementerian / Lembaga) dialihkan menjadi milik pihak lain.  Bentuk  alih kepemilikaan ke pihak lain tersebut yaitu dengan cara :

  • mendapat penggantian dalam bentuk uang (penjualan dengan lelang)
  • penggantian dengan bentuk barang yang setara antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah (tukar menukar)
  • pengalihan kepemilikan barang dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah tanpa penggantian (hibah)
  • pengalihan kepemilikan BMN yang diperhitungkan sebagai modal/saham negara atau daerah pada badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah atau badan hukum lainnya yang dimiliki negara (PMP).

 

Kali ini, yang kita bahas adalah penghapusan BMN yang umumnya dilakukan oleh manajer aset satker yang ada di lingkungan LIPI, yaitu dengan cara penjualan / lelang.   Prosesnya adalah  sebagai berikut :

  1. Kepala satker (selaku Kuasa Pengguna Barang) mengajukan Usulan Penghapusan BMN disertai kelengkapan dokumen pendukung yang ditujukan kepada Kepala LIPI selaku Pengguna Barang dengan tembusan ke Biro Umum. 
  2. Usulan Penghapusan BMN dapat disetujui oleh Kepala LIPI sebagai Pengguna Barang atau Kementerian Keuangan (melalui KPKNL/ Kanwil DJKN/ Direktorat Jenderal Kekayaan Negara) sebagai Pengelola Barang. Hal ini berdasarkan kondisi BMN yang diajukan. Apabila kewenangan yang mengeluarkan persetujuan penghapusan BMN adalah Kementerian Keuangan, maka Biro Umum akan mengirimkan surat pengajuan penghapusan BMN yang ditandatangani oleh Sekretaris Utama yang ditujukan ke KPKNL / Kanwil DJKN/ DJKN Kementerian Keuangan RI.
  3. Apabila pengajuan penghapusan satker sudah mendapat persetujuan  dari Kepala LIPI atau dari KPKNL / Kanwil DJKN/ DJKN Kementerian Keuangan RI, maka satker membuat surat permohonan jadwal lelang ke Pengelola Barang (KPKNL/ Kanwil DJKN / DJKN Kementerian Keuangan RI).  Barang-barang yang diajukan penghapusan tadi, akan dijual melalui proses lelang di KPKNL setempat.
  4. Pelaksanaan penjualan secara lelang dituangkan dalam Berita Acara Serah Terima.  Barang-barang diserahkan ke pembeli dan satker mendapatkan sejumlah uang sebagai gantinya yang harus disetorkan ke kas umum negara melalui PNBP.
  5. Fotocopy BAST antara satker sebagai pihak penjual dan pembeli disertai fotocopy Risalah Lelang dan bukti setor uang PNBP ke kas umum negara  disampaikan ke Biro Umum LIPI.
  6. Biro Umum LIPI akan menyusun konsep SK  Penghapusan BMN yang kemudian disampaikan ke Biro Kerjasama, Hukum dan Humas BKHH LIPI untuk ditandatangani oleh Kepala LIPI sebagai Pengguna Barang.
  7. Setelah terbit SK Penghapusan BMN, satker menghapus BMN tsb dari aplikasi SIMAK-BMN.  Satker juga melaporkan pelaksanaan penjualan secara lelang dan penghapusan barang dari aplikasi SIMAK-BMN kepada Pengelola Barang dengan melampirkan SK Penghapusan BMN, Risalah Lelang, BAST dan Bukti Setor PNBP.


Nah.. apabila  manajer aset bapak ibu sudah melakukan penghapusan BMN tersebut dari Neraca Laporan Keuangan satker, artinya aset tersebut sudah legal dan sudah sah berpindah kepemilikan.  Riweuh baca prosedur penghapusan dan istilah-istilahnya?? Nih… ada ringkasan secara garis besar prosesnya…


  








Gimana….?? Semoga ga  ngawang-ngawang ya…. Semoga kebayang ya gimana caranya secara legal kalo pengen memiliki aset negara menjadi milik pribadi.   

Aset itu dibeli dengan APBN lo.. syukur-syukur kalo sumber APBN murni dari pajak yang disetor Rakyat Indonesia dan pendapatan intern negara, kalo dari ngutang??? duuuhh…. beban anak cucu hikshiks…..

Yu ah… mulai jaga fasilitas sarana dan prasana yang telah negara berikan untuk kelancaran kinerja kita,  kita pupuk rasa memilikinya, bukan rasa memiliki dalam arti menjadi milik pribadi ya… tapi rasa memiliki untuk saling dukung  bersama menjaga aset negara. 


O iya… untuk aset negara yang akan dialih status kepemilikan barangnya ke pihak lain dengan cara hibah, tanpa penggantian sejumlah uang, tunggu tulisan berikutnya ya….

 


about author

Nurhayati S.Si.

197801022005022001

Bagian Pengelolaan dan Penatausahaan Barang Milik Negara

Komentar (39)

  • Manis Ibu

    20 Januari 2020, 11:23:41

    BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN PINJAMAN SAYA Saya Abdullah Nofia yang tinggal di Papua, saya di sini untuk memberi kesaksian seorang Lender Pinjaman yang baik yang menunjukkan cahaya kepada saya setelah ditipu 3 kali berbeda di Internet oleh beberapa pemberi pinjaman yang tidak lain adalah palsu, Mereka semua berjanji untuk memberi saya pinjaman setelah membuat saya membayar banyak kepada mereka sebagai biaya yang tidak menghasilkan apa-apa dan sebesar tidak ada hasil positif. saya kehilangan uang hasil kerja keras saya dan itu sangat membuat frustrasi. Suatu hari ketika menelusuri internet saya menemukan kesaksian seorang wanita yang juga ditipu dan akhirnya dikaitkan dengan perusahaan pinjaman yang sah, ONE BILLION RISING FUND  dan di mana dia akhirnya mendapatkan pinjamannya, saya memutuskan untuk menghubungi dia dan menjelaskan tekanan keuangan saya. kepadanya dan jika dia bisa membantu saya untuk berbicara dengan perusahaan,  Saya kemudian menceritakan kepada mereka kisah saya tentang bagaimana saya ditipu oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda yang tidak melakukan apa pun selain merampok uang saya. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui surat dan semua yang mereka katakan kepada saya adalah untuk tidak menangis lagi karena saya akan mendapatkan pinjaman saya di perusahaan mereka dan saya juga telah membuat pilihan yang tepat dengan menghubungi mereka. Saya mengisi formulir permohonan pinjaman dan melanjutkan dengan semua yang diperlukan dari saya dan saya terkejut, saya diberi pinjaman sebesar Rp 200 juta oleh perusahaan besar ini, ONE BILLION RISING FUND, semua berkat JAMES (direktur transfer), seorang yang takut akan Tuhan. pria dan mentor dan di sini saya hari ini bahagia karena perusahaan ini telah memberi saya pinjaman jadi saya bersumpah pada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi tentang pekerjaan baik mereka dalam hidup saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya.  Jika Anda mencari cara mendapatkan pinjaman, silakan hubungi NAMA ::ONE BILLION RISING FUNDGmail ::: onebillionrisingfund@gmail.com                                           HUBUNGI SAYA Namaku ::::::::: Abdullah Nofia Gmail::::::::::::::abdullahnofia@gmail.com Instagram::::::::Abdullah_Nofia Facebook:::::::::Abdullah Nofia Bijaksanalah saat Anda mencari pinjaman online semoga harimu menyenangkan

  • yanti ari

    14 Januari 2020, 05:04:48

    Nama saya Ny. Yanti Ari. Saya pemilik bisnis yang menjual kosmetik. Kadang-kadang, saya telah mencari pemberi pinjaman Pinjaman yang dapat saya pinjam untuk mengembangkan bisnis saya dan juga menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Pengalaman pertama saya dengan pemberi pinjaman internet begitu buruk dan saya kehilangan jumlah 28 juta karena saya mengajukan permohonan sebesar 600 juta untuk meningkatkan bisnis saya. Setelah pengalaman saya, saya berjanji pada diri sendiri bahwa saya tidak akan pernah meminjam dari internet karena saya ditipu. jadi, suatu hari yang setia saya membaca artikel di blog dan setelah saya selesai membaca, saya pergi untuk memeriksa bagian komentar untuk mengetahui pendapat mereka. Saya melihat komentar oleh '' Dian Pelangi "perancang busana terkenal dan dia berbagi cerita tentang bagaimana dia meminjam pinjaman besar dari perusahaan tempat Nyonya Ana Michael bekerja. Kemudian, saya memutuskan untuk menghubungi Dian Pelangi perancang busana terkenal dan saya menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya kehilangan 28 juta dari pemberi pinjaman buruk padanya. Saya masih ingat dengan jelas bagaimana dia mengatakan kepada saya bahwa semua pencarian saya untuk pemberi pinjaman yang andal sudah berakhir. dia mengirimi saya nomor teleponnya dan saya memanggilnya untuk memastikan karena saya tidak ingin kehilangan uang lagi. dia berbicara kepada saya dan berkata saya harus menghubungi perincian perusahaan tempat Ny. Ana Michael bekerja dan saya akan menerima pinjaman saya tanpa penundaan dan saya harus mencoba membagikan kabar baik saya agar orang lain selamat dari pemberi pinjaman yang buruk. Jadi saya menghubungi Ny. Ana Michael melalui email: (ANAMICHAELGUARANTYTRUSTLOANS@GMAIL.COM) Ini email Dian Pelangi: (DIANPELANGIINDONESIA@GMAIL.COM) yang saya hubungi. Setelah saya menghubungi perusahaan pinjaman, saya diminta untuk menyerahkan semua yang diminta dari saya sebagai peminjam dan setelah beberapa saat, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya menerima pinjaman saya tanpa penundaan atau segala bentuk tekanan. jadi, saya menambahkan informasi pribadi saya untuk siapa saja yang mencari pemberi pinjaman yang dapat dipercaya untuk menghubungi saya dan saya siap untuk membantu Anda karena saya ingin orang lain diselamatkan dari pemberi pinjaman yang buruk. Nama: Yanti Ari Nomor telepon saya: +62 821-1644-0184 Nomor Whatsapp: +62 821-1644-0184 Kota: Medan Email saya: ARIY6261@GMAIL.COM Saya berdoa semoga Allah memberi orang-orang yang membutuhkan pinjaman untuk melihat kisah saya ini sehingga mereka dapat diselamatkan ketika saya diselamatkan. Saya selalu siap untuk memberikan bantuan kepada siapa pun yang membutuhkannya, jadi jangan ragu untuk menghubungi saya kapan saja karena saya tidak membuat orang saya jatuh ke tangan pencuri !!!

  • Mrs Gloria S

    11 Januari 2020, 20:11:39

    Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda? Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah? Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas. Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana. JENIS PINJAMAN KAMI Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan. Data pemohon: 1) Nama Lengkap: 2) Negara 3) Alamat: 4) Seks: 5) Bekerja: 6) Nomor Telepon: 7) Posisi saat ini di tempat kerja: 8 Penghasilan bulanan: 9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: 10) Periode pinjaman: 11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya: 12) Tanggal Lahir: Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email: {gloriasloancompany@gmail.com} atau Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002 Salam Hormat

  • Arya Theresia

    11 Januari 2020, 12:49:35

    KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!! Halo semua, nama saya Mrs. Arya Theresia, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari MRS CHRISTY MORRIS LOAN FIRM karena begitu banyak pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet dan juga untuk memberi tahu Anda bahwa saya adalah korban penipu internet berkali-kali, jadi saya tidak kehilangan harapan sampai saya dirujuk oleh seorang teman ke pemberi pinjaman terpercaya bernama MRS. CHRISTY MORRIS yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp850.000,0000 dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan, saya sarankan CHRISTY MORRIS LOAN FIRM adalah yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka maju, Amin Jika Anda memerlukan bantuan tentang cara mendapatkan pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (aryatheresia750@gmail.com) Anda dapat menghubungi perusahaan secara langsung dengan pinjaman mereka Email: (christymorrisloanfirm@gmail.com) Terima kasih Arya Theresia

  • Arya Theresia

    06 Januari 2020, 17:04:17

    KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!! Halo semua, nama saya Mrs. Arya Theresia, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari MRS CHRISTY MORRIS LOAN FIRM karena begitu banyak pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet dan juga untuk memberi tahu Anda bahwa saya adalah korban penipu internet berkali-kali, jadi saya tidak kehilangan harapan sampai saya dirujuk oleh seorang teman ke pemberi pinjaman terpercaya bernama MRS. CHRISTY MORRIS yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp850.000,0000 dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan, saya sarankan CHRISTY MORRIS LOAN FIRM adalah yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka maju, Amin Jika Anda memerlukan bantuan tentang cara mendapatkan pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (aryatheresia750@gmail.com) Anda dapat menghubungi perusahaan secara langsung dengan pinjaman mereka Email: (christymorrisloanfirm@gmail.com) Terima kasih Arya Theresia

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher