Blog Sivitas

POLITIK KEBIJAKAN PUBLIK MEMAJUKAN

PULAU ENGGANO BENGKULU


OLEH: SYAFUAN ROZI SOEBHAN

 

A.JANGKA PENDEK (1 tahun):

 

  1. PENGEMBANGAN PARADIGMA BARU ENGGANO DAN CITRA ENGGANO. Enggano adalah Pulau Terdepan-Etalase Indonesia”. Enggano bukan Pulau Kosong namun “berpenduduk dan beradat-istiadat”. “Enggano yang ramah, indah, khas dan eksotis”. Juga merawat nilai Prinsip pembangunan berkelanjutan (sustainable development), partisipatif, berfikir positif dan bertindak konstruktif dalam memajukan Enggano. Caranya lewat seminar, kuliah umum, rapat kerja, public hearing dengan DPRD/DPR RI/DPD RI, worksohop ToT, iklan layanan masyarakat di RRI Bengkulu, artikel opini di koran Rakyat Bengkulu, pers release melalui kantor berita nasional (KB Antara, KB 68H). Pelaksana:  LIPI, BAPPEDA, AMAN, UNIB, Pemuda/Intelektual Enggano, dst.

 

  1. DUKUNGAN UNTUK RADIO KOMUNITAS ENGGANO. Di rumah adat suku Kaitora di desa Meok sudah dibangun instalasi radio komunitas atas inisiatif dan pendanaan swadaya pemuda Enggano bernama Yudi Ariawan Kaitora (no HP 081367140930) dan dukungan mantan Pabuki Enggano pak Imam Rafli Zen,  bernama Radio Dayee FM, yang berarti ‘Radio Raja’. Namun sayangnya hanya siaran pada pukul 18-21 malam, tergantung listrik genset dari koperasi listrik di kecamatan.  Radio ini memerlukan dukungan perbaikan studio, penambahan tinggi pemancar (masih menggunakan tiang bambu), akibatnya hanya menjangkau beberapa desa saja (Meok, Apoho dan Banjar Sari).

 

  1. MEMPERBAIKI KONEKTIVITAS LAUT ENGGANO. Usulan membuat surat rekomendasi beserta pers release ke media  melalui kantor berita dan Pers lokal/nasional ditujukan kepada wakil rakyat di Bengkulu Utara, Bengkulu dan DPR RI di Jakarta yang mewakili dapil Bengkulu, agar membantu memajukan Enggano dengan cara  a) bersinergi melakukan koordinasi rapat kerja, mengalokasikan anggaran dan mengawasi Dirjen Perhubungan Laut dalam urusan kementerian terkait untuk menambah kapal Ro Ro/Fery yang beroperasi Enggano-Bengkulu dalam jangka waktu setahun ke depan. b). Mengeluarkan peraturan pelaksana penambahan  jadwal fery yang biasanya 2 kali seminggu menjadi 2 hari sekali, di luar jadwal pengangkutan BBM dalam waktu 3 bulan ke depan. Berkaitan dengan pemasaran pisang kepok dan memudahkan turis domestik mengunjungi Pulau Enggano dalam bentuk kunjungan singkat (1-2 hari). Alasan lainnya banyak pisang yang membusuk dan penumpang tertahan, sehingga merugikan mata pencaharian warga pulau tersebut.

 

  1.  MEMBANGUN BANGUN DESA WISATA BERBASIS ADAT DAN LINGKUNGAN ENGGANO. Usulan dengan membuat program Capacity-Building bagi warga Enggano dalam mempersiapkan dalam memanfaatkan potensi alam Enggano berkaitan dengan pariwisata berbasis adat dan lingkungan. Caranya antara lain alokasi anggaran crash program APBD dan Bantuan Pemerintah Pusat untuk renovasi dan pembangunan rumah adat Enggano di desa Meok dan beberapa desa lainnya;

 

  1. MENDUKUNG PENDIRIAN PERCONTOHAN HOME-STAY DAN SENI PERTUNJUKAN UNTUK WISATAWAN di DESA WISATA ADAT LINGKUNGAN DI SEPUTAR BLAKBLAU (KOLAM ALAM) DI DESA MEOK. Setelah mengkaji beberapa tempat maka dapat diusulkan proyek percontohan bisa dilakukan di seputar blakblau di desa Meok, Enggano yang memiliki potensi keindahan kolam alam  biru yang menghijau, dengan membuat rumah home-stay  berbentuk bangunan adat bagi para wisatawan –khususnya wisatawan pendidikan dan sejarah dari manca-negara.  Rumah home-stay ini dapat dibangun dengan memanfaatkan kayu kelapa, kayu kopi, bambu, tali ijuk, atap daun keladi raksasa, yang banyak terdapat di daerah tersebut.  Yudi Ariawan Kaitora dkk.  Pemuda Enggano, sudah menyiapkan lahan di seputar Blakblau di ds. Meok untuk pariwisata berbasis adat dan lingkungan.

 

Selanjutnya dalam satu tahun ke depan menambah minimal 12 penginapan (home-stay) untuk turis menginap di Enggano. Sekarang baru ada 1 di dekat pelabuhan Malakoni. Sebagai tempat penginapan dengan swadaya masyarakat perlu didorong adanya arisan bedah rumah untuk dikembangkan menjadi ‘turis menginap di keluarga’ atau  home-stay sebagai icon utama untuk tempat menginap bagi para turis. Pemasukan home-stay ini diharapkan bisa langsung meningkatkan income perekonomian setiap keluarga secara langsung. Walaupun demikian, sudah ada bangunan hotel di Kahyapu, milik wiraswatawan lokal. Ada opsi bagi turis untuk memilih hotel atau homestay sesuai kondisi dan selera mereka masing-masing.

 

  1. Membangun Capacity-Building warga Enggano dalam mempersiapkan dalam memanfaatkan potensi alam Enggano berkaitan dengan pariwisata berbasis adat dan lingkungan. Caranya antara lain pelatihan tentang Hospitality Standard Jasa Pelayanan Pariwisata. Pelatihan bagi para ibu untuk membuat Oleh-Oleh Khas Enggano; mengundang guru/maestro seni dari Ubud-Gianyar, Bali dan masetro seni dari manca negara untuk tinggal setahun di Enggano dalam persiapan mendirikan Koperasi Kerajinan dan Pasar Seni Enggano; Pusat Kuliner Enggano di setiap desa.

 

  1. Membuka jalan ada alokasi beasiswa dari Pemda dan filantropist bagi pelajar SLTA Enggano untuk memasuki sekolah Diploma Pariwisata di Bali dan Jakarta, sebagai persiapan SDM Pariwisata Enggano.

 

  1. Membangun prasarana fisik Enggano antara lain: menyelesaikan jalan lingkar pulau dengan konstruksi tepat tempat dan kuat cuaca (betonisasi, pelapis hotmik aspal karet). Pelaksana: Dinas PU dan Prasarana Wilayah dan partisipasi masyarakat.

 

  1.  Pembuatan BioPremium dan BioSolar sendiri. Caranya Warga Enggano di dampingi pakar dan fasilitasi instansi terkait dilatih mengembangkan etanol dari bahan ubi kayu, pisang, buah camplong, sebagai bahan bakar Bio-Premium (80:20). Memanfaatkan CPO Sawit hasil perkebunan di daratan Bengkulu sebagai bahan pencampur bio-diesel, diharapkan membantu pasukon solar bagi para nelayan tangkap Enggano di masa mendatang.

 

 

B.JANGKA TENGAH (2-5 Tahun):

 

  1. MENUNTASKAN KRISIS MINYAK DI ENGGANO. Warga Enggano sangat memerlukan SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) karena kelangkaan bensin dan solar yang sangat parah. Koperasi hanya mampu mendatangkan BBM dengan drum yang dibawa lewat kapal Ferry Pulau Bai -Kahyapu sebanyak 3000 liter perminggu.  Harga seliter bensin  berkisar Rp. 14.000 di Enggano , dan itupun langka. Nelayan sulit mendapatkannya  SOLAR dan akibatnya sering tidak melaut.  Listrik hanya menyala 5 jam di Apoho, sisanya ‘gelap gulita’. Bahan bakar Bensin terserap habis untuk penggunaan sepeda motor warga sehari-hari,  pick up dan truck pengangkut pisang.

 

  1. MENUNTASKAN KRISIS LISTRIK DI ENGGANO. Listrik PLN diharuskan dapat masuk ke Enggano lewat koordinasi pengawan legislatif dan eksekutif di Bengkulu dan Jakarta. Selain adanya program sel surya yang terbatas jumlahnya dari Kementerian ESDM, ada beberapa usulan pengadaan listrik berkapasitas sedang dan besar  bagi Enggano dengan opsi PLTD Terapung,  Pembangkit Listrik kincir angin, PLN Uap dengan Pembangkit Sampah Plastik Laut, PLN Pasang Surut Ombak Samudra, yang terkenal kuat di seputar perairan Enggano.

 

  1. PENYEMPURNAAN KURIKULUM PENDIDIKAN DI ENGGANO. MeLIBATKAN Dinas Pendidikan Dasar dan Menengah Kab. Bengkulu Utara dan Prov. Bengkulu untuk masukan materi dalam kurikulum lokal di SD, SMP dan SMA Enggano dan pelatihan-pelatihan singkat berkaitan dengan pelestarian budaya, life-of skills, dan pariwisata berbasis adat dan lingkungan seperti Pelajaran Bahasa Enggano, Percakapan Dasar Bahasa Asing, Seni Pertunjukan (lagu, tari, drama, silat, sulap-Sirkus Enggano), kuliner khas Enggano, batik Enggano.

 

 

  1. MEMBANGKITKAN POTENSI KELAUTAN ENGGANO. Hasil riset Puslit Oceanografi LIPI menyarankan Budi daya perikanan tangkap (ikan tuna/karang) dan budi daya kerang mutiara di Enggano karena arus kuat yang kaya plankton.

Caranya: a.Pemuda Enggano didukung untuk membuat sendiri kapal tangkap kayu+fiber besar, semacam penisi, dengan mengundang guru pembuat kapal dari Bulukumba, Sulawesi Selatan, dengan koordinasi jaringan AMAN dan dukungan Pemda Prov. Bengkulu.

b. Ada pelatihan kepada wakil warga Enggano oleh  UPT LIPI Pamenang, Lombok, NTB dan maestro/pelaku dan konsumen mutiara dalam transformasi pengetahuan budi daya mutiara, standar pemrosesan, pengolahan produk, hingga teknik pemasaran.

 

 

C.JANGKA PANJANG (6-15 Tahun):

 

  1. KEBIJAKAN PUBLIK PERDA PROVINSI DAN KABUPATEN BENGKULU UTARA bernama PERDA PEMASARAN WISATA TRIPLE CITIES BENGKULU BERBASIS ADAT DAN LINGUNGAN BERKELANJUTAN (Ide orisinal hak cipta Syafuan Rozi P2P LIPI): Model Triple Cities London-Singapura-Bengkulu ini bertujuan untuk membangun kembali rajutan masa lalu Inggris dan Portugis di Bengkulu untuk kepentingan kekinian dan masa depan pemasaran global pariwisata dan perdagangan Enggano, Bengkulu dan Sumatera umumnya. Eksplorasi Historiografi perlu dilakukan lebih lanjut berupa desk-review kehidupan dan perjalanan Sir Stamford Raffles dari London ke Bengkulu dan Singapura. Singapura sekarang adalah Singapura yang maju, sebagai salah satu negara dengan income tertinggi di dunia. Kota itu dahulu ada kaitannya dengan Bengkulu, karena negara kota (city state) di Ujung Semanjung Malaka itu juga awalnya dibangun oleh Sir Stamford Raffles, gubernur jenderal Inggris. Orang yang sama ini, juga pernah menetap di Bengkulu, sehingga daerah ini kerap disebut Bumi Rafflesia. Untuk meningkatkan pendapatan setiap keluarga di Pulau Enggano disarankan dengan pengembangan konsep Triple Cities-Kota Segi Tiga Dunia (London-Singapore-Bengkulu) kegiatan dengan mendatangkan para pelancong dunia maka diadakan festival rakyat secara berkala, terutama menyesuaikan waktu dengan liburan di Eropah, Amerika dan Asia.

 

  1. Model ini MENSYARATKAN ADANYA PAKET PEMASARAN WISATA BERSAMA TIGA PIHAK: Caranya dengan membuat sinergi pelaku wisata dan piha negara (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kedutaan Inggris, Singapura, dst.) terkait dengan para pihak di London Inggris, Bengkulu dan Singapura untuk membuat paket terusan perjalanan wisata  bersama. Ada kerjasama yang didukung oleh perusahaan penerbangan seperti Air Asia, British Air Ways, Singapore Airline ke dan dari Enggano. Diadakannya pesawat amfibi mendarat di perairan Enggano. Ada kapal pesiar Sea Cruise antar benua dan memutar atau setengah Sumatera dengan titik singgah Singapura-Jakarta- Bengkulu/Enggano. Untuk itu diperlukan berbagai pendekatan agar ada paket pertama: kapal pesiar yang memutar pulau setengah dan penuh pulau Sumatera dengan rute Inggris-Singapura-Sabang-Nias-Mentawai-Mandeh-Enggano, dan balik lagi ke Singapura. Paket kedua, kapal pesiar dari London ke Singapura-Babel-Jakarta-Krakatau-Enggano dan lanjut ke utara hingga Sabang dan kembali ke Singapura.

 

  1. PROGRAM LINTAS LEMBAGA DALAM MENGANGKUT IKAN SEGAR/IKAN HIAS HIDUP  DENGAN KAPAL TANKER KE JAKARTA, SINGAPURA-HONGKONG-TAIWAN. Perlu melibatkan kelompok nelayan lokal tangkap dan budi daya jaring terapuk di teluk Kanin, Enggano, calon pembeli di luar negeri dan Jakarta, Menteri KKP, kementerian ESDM, Pertamina dan Pemda.

 

 

 

about author

Syafuan Rozi S.IP, M.Si

197001161999031002

Pusat Penelitian Politik

Komentar (35)

  • aisha

    16 Oktober 2019, 03:04:57

    Halo semua Nama saya AISHA MEY (aishamey14@gmail.com) dari jakarta selatan indonesia saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ALLAH yang telah mengakhiri penderitaan saya melalui Anthony Yuliana Lenders karena memberi saya jumlah pinjaman Rp 250 juta, bagi mereka yang mencari pinjaman harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di mana-mana hanya sedikit yang asli dan Anthony Yuliana Lenders adalah salah satu pemberi pinjaman online terbaik, saya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman saya dan biaya transfer sebelum jumlah pinjaman saya sebesar Rp 250 juta ditransfer ke akun saya, untuk mereka yang mencari pinjaman online yang sah dan asli harus menghubungi mereka (anthony.yulianalenders@gmail.com) whatsapp (+13234026088)

  • SURYANTO SURYANTO

    06 Oktober 2019, 20:55:31

    Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada Ibu ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini. Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Ibu. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM) Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Ibu. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan. Saya menghubungi Ibu ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Ibu. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

  • Nur Khomariyah

    26 September 2019, 08:49:46

    Kabar baik Allah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kotaNama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emilyjadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +447860370916  dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.comsemoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.

  • Arya Theresia

    18 September 2019, 12:24:35

    KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!! Halo semua, nama saya Ibu Arya Theresia, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berbagi kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman saya dari MRS CHRISTY MORRIS LOAN FIRM karena begitu banyak pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet dan juga untuk membiarkan Anda tahu bahwa saya adalah korban dari penipu internet selama 6 kali, jadi saya kehilangan harapan tidak sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat handal disebut MRS. CHRISTY MORRIS yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp850,000,0000 dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan, saya sarankan CHRISTY MORRIS LOAN FIRM adalah yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka ke depan, AminJika Anda memerlukan saran tentang bagaimana saya pergi melalui dengan itu, saya wil senang untuk menempatkan Anda melalui, Anda dapat menghubungi saya melalui Email: aryatheresia750@gmail.com Anda dapat menghubungi perusahaan langsung pada pinjaman mereka Email: christymorrisloanfirm@gmail.com Terima kasih Arya Theresia

  • Manis Ibu

    06 September 2019, 19:27:43

    BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN PINJAMAN SAYA Saya Abdullah Nofia yang tinggal di Papua, saya di sini untuk memberi kesaksian seorang Lender Pinjaman yang baik yang menunjukkan cahaya kepada saya setelah ditipu 3 kali berbeda di Internet oleh beberapa pemberi pinjaman yang tidak lain adalah palsu, Mereka semua berjanji untuk memberi saya pinjaman setelah membuat saya membayar banyak kepada mereka sebagai biaya yang tidak menghasilkan apa-apa dan sebesar tidak ada hasil positif. saya kehilangan uang hasil kerja keras saya dan itu sangat membuat frustrasi. Suatu hari ketika menelusuri internet saya menemukan kesaksian seorang wanita yang juga ditipu dan akhirnya dikaitkan dengan perusahaan pinjaman yang sah, ONE BILLION RISING FUND dan di mana dia akhirnya mendapatkan pinjamannya, saya memutuskan untuk menghubungi dia dan menjelaskan tekanan keuangan saya. kepadanya dan jika dia bisa membantu saya untuk berbicara dengan perusahaan, Saya kemudian menceritakan kepada mereka kisah saya tentang bagaimana saya ditipu oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda yang tidak melakukan apa pun selain merampok uang saya. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui surat dan semua yang mereka katakan kepada saya adalah untuk tidak menangis lagi karena saya akan mendapatkan pinjaman saya di perusahaan mereka dan saya juga telah membuat pilihan yang tepat dengan menghubungi mereka. Saya mengisi formulir permohonan pinjaman dan melanjutkan dengan semua yang diperlukan dari saya dan saya terkejut, saya diberi pinjaman sebesar Rp 200 juta oleh perusahaan besar ini, ONE BILLION RISING FUND, semua berkat JAMES (direktur transfer), seorang yang takut akan Tuhan. pria dan mentor dan di sini saya hari ini bahagia karena perusahaan ini telah memberi saya pinjaman jadi saya bersumpah pada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi tentang pekerjaan baik mereka dalam hidup saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Jika Anda mencari cara mendapatkan pinjaman, silakan hubungi NAMA ::ONE BILLION RISING FUND Gmail ::: onebillionrisingfund@gmail.com HUBUNGI SAYA Namaku ::::::::: Abdullah Nofia Gmail::::::::::::::abdullahnofia@gmail.com Instagram::::::::Abdullah_Nofia Facebook:::::::::Abdullah Nofia Bijaksanalah saat Anda mencari pinjaman online semoga harimu menyenangkan

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher