Blog Sivitas

Anda pengguna Windows 10? Apakah Anda sudah menikmati dan memanfaatkan berbagai fitur terbaru dari sistem operasi terbaru dari Microsoft tersebut?  Sebagai gambaran dan sekedar informasi bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai Windows 10 bisa membacanya di blog saya ini.  Kali ini saya akan menjelaskan mengenai fitur baru bernama dari Windows 10, yaitu Cortana. Apa itu Cortana?

Apa itu Cortana?

Tidak semua pengguna Windows 10 mengetahui dan menggunakan aplikasi bernama Cortana, Personal Assistent yang keluaran Microsoft memang tengah menjadi trending topik belakangan ini, khususnya di luar neri sana. Di Indonesia bagaimana? Mungkin untuk sebagian besar masyarakat IT di Indonesia juga mengenal dan mulai memanfaatkan Cortana ini.  Memang, Cortana awalnya hanya tersedia di Windows Phone saja, tetapi kini asisten pribadi yang serba canggih bernama Cortana juga tersedia di Windows 10.

Apakah Cortana sudah mendukung semua reginal dan bahasa yang ada di dunia? Ternyata memang belum, jadi kalau Anda ingin memanfaatkan Cortana sebagai Asisten Pribadi Anda, komputer yang Anda gunakan harus disetting ke regional lain, misalnya United States. Selain itu, pengaturan tanggal, waktu dan bahasa juga harus di ubah. Jadi dalam hal ini  setting dengan menggunakan pilihan Bangkok, Hanao, Jakarta tidak berlaku apabila Anda akan memanfaatkan Cortana di komputer Anda.

Bagaimana caranya?

Untuk menjalankan Cortana dengan hasil yang cukup baik, apa saja yang diperlukan? Tentu jika Anda menggunakan PC, Anda harus melengkapi PC tersebut dengan Sound Card, Microphone, Speaker, Camera, dan sebagainya. Namun bagi pengguna Laptop tampaknya persyaratan tersebut sudah include di dalamnya, jadi tidak perlu lagi menambah hardware yag saya jelaskan di atas.

  1. Anda masuk ke pilihan Settings, selanjutnya Anda “Times & Language

  2. Klik Region and Language”, jika di komputer Anda masih menggunakan bahasa Indonesia, maka Anda harus mengubahnya menjadi “United States

  3. Selanjutnya Anda klik tombol “Add Language”. Cari pilihan English (United States) dan apabila sudah ditemukan Anda klik saja English (United States)”. Pilihan ini Anda harus dijadikan sebagai defaults dengan cara memilih “Set as Default”

  4. Klik lagi pada “English (United States)”, kemudian Anda klik “Options”

  5. Download pada “Speech”. Sampai disini proses Anda sudah selesai dan tunggu hingga Microsoft Windows 10 menyelesaikan proses mendownload dan menginstall Speech “English (United States)”

Untuk mencobanya Anda coba jalankan Cortana. Selanjutnya Anda bisa mengikuti semua petunjuk dan instruksi yang disediakan Windows 10.


about author

Tutang M.M.

196206061983021003

Pusat Pemanfaatan dan Inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher