Blog Sivitas


Alhamdulillah, pada tanggal 1517 September 2015 lalu, UPT Balai Media dan Reproduksi (LIPI Press) telah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Penulisan Buku Ilmiah LIPI Press tahap pertama. Keseluruhan kegiatan diadakan di Guest House Medinilla, UPT BKT Kebun Raya Cibodas dan diperuntukkan bagi peserta khususnya peneliti bidang ilmu social/soft science di lingkungan satuan kerja Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Tujuan dari Pelatihan Penulisan Buku Ilmiah LIPI Press 2015 sendiri adalah untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia LIPI untuk menghasilkan publikasi ilmiah yang berkualitas. Hal tersebut menjadi sangat penting mengingat publikasi ilmiah merupakan salah satu indikator kinerja utama bagi seorang peneliti.

Terlebih meski dari aspek jumlah dan keanekaragaman bidang hasil penelitian di LIPI relatif tinggi (mencakup 40 pusat penelitian/UPT, 4 pusat, dan 4 biro), pada kenyataannya produktivitas buku ilmiah LIPI masih relatif rendah. Salah satu kendala utamanya adalah minimnya pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan peneliti/penulis dalam mengorganisasi ide dan bahan tulisan menjadi naskah buku.

Berdasarkan kenyataan tersebut, secara khusus, pelatihan ini dimaksudkan untuk membagi pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan kepada peserta, bagaimana melakukan alih naskah dari hasil penelitian menjadi buku yang siap untuk diterbitkan sesuai dengan kaidah standar dan ketentuan yang berlaku.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari dua malam ini terdiri dari teori (40 persen) dan praktik (60 persen) penulisan buku dengan didampingi oleh narasumber yang berpengalaman. Materi kegiatan terdiri antara lain (1) kebijakan mutu layanan penerbitan buku ilmiah LIPI Press; (2) landasan penelaahan dan penilaian naskah (review); (3) etika publikasi; (4) hak cipta dalam penerbitan buku; (5) mekanisme dan prosedur penerbitan buku di LIPI Press; (6) kaidah tata bahasa Indonesia dalam buku ilmiah; (7) landasan dan praktik copy editing; dan (8) proses kreatif untuk mengolah naskah hingga menjadi naskah buku layak baca dan layak terbit.

Keseluruhan materi yang disampaikan dibuat sedemikian rupa untuk mengantarkan para peserta memiliki kompetensi dalam menghasilkan sebuah naskah buku. Diharapkan selepas dari kegiatan ini, peserta dapat segera mengaplikasikan materi yang telah didapat dan menghasilkan buku ilmiah yang berkualitas. LIPI Press sendiri akan mengadakan kegiatan serupa untuk tahap kedua pada tanggal 2628 Oktober 2015 mendatang.

Referensi

Kerangka Acuan Kegiatan Pelatihan Penulisan Buku Ilmiah LIPI Press 2015

about author

Dhevi Enlivena Irene Restia Mahelingga S.Sn.

198812012015021001

Balai Media dan Reproduksi (LIPI Press)

Komentar (4)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher