Blog Sivitas


Manusia adalah mahluk sosial yang memiliki kebutuhan dasar untuk saling berinteraksi. Sebagai mahluk sosial, manusia terus menerus berupaya untuk menciptakan media yang seefisien mungkin dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Media sosial yang saat ini sudah menjadi sahabat dari manusia modern, merupakan sebuah media yang saling terhubung dimana penggunanya dapat berinteraksi,berbagi dan bersosialisasi didunia maya. Sosial media dengan sifatnya yang dinamis, menawarkan sesuatu yang dulu hanya menjadi impian manusia dimana dapat terhubung tanpa batasan waktu dan ruang. Saat ini, sosial media bahkan bukan hanya menghubungkan namun juga menawarkan kesenangan lain untuk penggunanya seperti hadirnya permainan-permainan menarik.



Lahirnya sosial media bukanlah pada era facebook ataupun friendster sekalipun. Sejarah sosial media diawali pada tahu 70-an, yaitu ditemukanya papan buletin buletin yang memungkinkan untuk dapat berhubungan dengan orang lain menggunakan surat elektronik ataupun mengunggah dan mengunduh perangkat lunak, semua ini dilakukan masih dengan menggunakan saluran telepon yang terhubung dengan modem. Pada tahun 1995 lahirlah situs GeoCities, GeoCities melayani web hosting (layanan penyewaan penyimpanan data-data website agar website dapat diakses dari manapun). GeoCities ini yang nantinya menjadi tonggak awal berdirinya website yang sekarang menjamur dan dapat dinikmati seluruh pengguna internet.Pada tahun 1997 sampai tahun 1999 munculah sosial media pertama yaitu Sixdegree.com dan Classmates.com. Tak hanya itu, di tahun tersebut muncul juga situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun. Baru pada tahun 2002 pengguna sosial media mulai meningkat dengan kehadiran Friendster. Friendster menjadi fenomenal hingga pada tahun 2003 banyak bermunculan sosial media lainnya seperti facebook,twitter,myspace,dll.



Perkembangangan sosial media juga diiringi dengan perkembangan teknologi yang dapat menjadi penggunanya semakin nyaman. Pekembangan teknologi itu diantaranya yaitu solomo (social,location and mobile) dimana konsep teknologi yang mendasari keinginan orang untuk bersosialisasi dengan mudah tanpa dibatasi jarak dan waktu, gamifikasi yang merupakan penerapan fasilitas game lewat sosial media ataupun sosial media dalam game yang memudahkan orang dapat bersosialisasi dengan nyaman dan bahagia, lalu yang terakhir augmented reality dimana menggambarkan perkembangan teknologi sosial media lebih lanjut seperti adanya google glass dan implementasi teknologi dua dimensi ataupun tiga dimensi.
Sosial media saat ini juga berkembang dari segi fungsi. Bukan hanya untuk media saling bersosialisasi namun sudah merambah ke industri seperti pemasaran produk, penawaran layanan, pemasaran suatu tempat wisata atau perusahaan. Melihat semakin banyaknya ragam sosial media dan tingginya pengguna internet diseluruh dunia, rasanya mengembangkan bisnis dan menjadikan sosial media bukan hanya untuk saling berinteraksi adalah tindakan yang sangat cerdas dan patut ditiru. Saat ini saja Indonesia menempati peringkat keenam pengguna ponsel pintar terbanyak di dunia dengan jumlah pengguna 52,2 juta pengguna. Untuk pengguna facebook, indonesia menempati peringkat kedua dibawah negara asal facebook yang mencapai total pengguna sekitar 62 juta pengguna. Data tersebut belum diakumulasikan untuk sosial media lain seperti instagram, twitter, google + dan sosial media lainnya. Melihat dari angka-angka diatas, sosial media adalah sarana yang sangat strategis untuk menjadi media promosi. Beberapa manfaat sosial media untuk media promosi yaitu :


1. Customer Engagement

Customer mempunyai keinginan lebih untuk melakukan pembelian jika brand mampu secara pribadi terlibat dengan mereka, untuk memenuhi kebutuhan mereka. Social Media Report 2012 dari Nielsen mengungkapkan bahwa di kawasan Asia-Pasifik, tingkat pengambilan keputusan pembelian (buying decision) berdasarkan informasi dari media sosial dapat mencapai lebih dari 50 persen.

2. Brand Building

Users potensial akan melihat dan menganggap suatu brand berbeda dengan brand lain yang tidak pernah mereka kenal sama sekali. Perbincangan di media sosial menghadirkan cara yang sempurna untuk menaikkan brand awareness, meningkatkan pengenalan merek (brand recognition) dan menaikkan loyalitas merek (brand loyalty).

3. Instant Feedback

Di media sosial, kita bisa mendapatkan komentar dan pendapat dari users secara real-time. Review positif ataupun negatif dari users mengenai produk /jasa yang ditawarkan oleh brand juga merupakan hal yang penting bagi brand, karena dengan hal tersebut, brand bisa langsung mengatasi permasalahan dengan cara yang lebih pro-aktif.

4. Market Research

Kita bisa mendapatkan data riset pasar tentang potensial users/client, untuk membangun strategi yang diperlukan untuk mendapatkan perhatian mereka. Kita juga bisa menemukan niche market, mempelajari kebutuhan dan keinginan users. Tidak kalah penting, kita juga bisa mempelajari tindak tanduk competitor lewat media sosial.

5. SEO Improvement

Jejaring sosial adalah backlink yang kuat untuk website dan bisa meningkatkan jumlah kunjungan ke website.



Begitu besarnya manfaat dari sosial media tersebut, banyak instansi pemerintah baik kementria ataupun lembaga sudah mulai menawarkan layanan mereka atau hanya sekedar mengenalkan kepada masyarakat mengani visi dan misi lembaga mereka di sosial media. Perkembangan ini seharusnya kita sambut positif sebagai terobosan baru dimana selama ini instansi pemerintah memiliki gambaran dimasyarakat sebagai sebuah organisasi kaku,kuno dan anti teknologi. Perlahan-lahan gambaran seperti ini dijawab dengan salahsatunya pemanafaatan media sosial seperti ini. Beberapa manfaat yang dapat didapat oleh sebuah instansi apabila menggunakan sosial media secara terus menerus untuk membangun media promosi yaitu : mengenalkan kondisi kerja dan visi misi lembaga, mengenalkan lebih jauh tentang siapa dan apa gunanya lembaga tersebut ada serta manfaatnya bagi masyarakat, mendekatkan diri dengan masyarakat, mendapat riset pasar dan gambaran umum masayarakat mengenai lembaga, mendapat feedback langsung tentang pelayanan, menambah pengunjung apabila memiliki layanan wisata, sebagai pembentuk gambaran masyarakat mengenai lembaga,dan masih banyak lagi.



Teknologi dan internet adalah dua mata pisau yang sebenernya diciptakan untuk memudahkan masyarakat dan meningkatkan peradaban manusia. Sosial media juga merupakan turunan dari teknologi dengan semua konsekuensinya. Penggunan sosial media secara bijak tentunya dapat menjadi dampak positif bagi kita semua terutama untuk lembaga pemerintahan. Mari bijak dalam menyikapi perkembangan teknologi.


about author

Heri Apriyanto S.Kom.

198904072010121002

Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi

Komentar (2)

  • Heri Apriyanto

    30 November 2015, 07:19:41

    Betul mas Riva, Website merupakan rumah bagi sebuah instansi. Kehadirannya di dunia maya merupakan perwakilan/simbol eksistensi dari instansi tersebut. Dalam konteks pelayanan memang website juga merupakan bentuk dari tanggung jawab instansi untuk pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu, kami di kebun Raya Purwodadi juga mengembangkan website bukan hanya sekedar media pengenal bahkan juga membantu proses bisnis dan pelayanan juga. Untuk media sosial, bisa menjadi jembatan untuk mengarahkan pengguna sosial media yang banyak ke website kita. Terima kasih mas riva.

  • Riva Putra

    15 November 2015, 11:55:46

    Kalau menurut pendapat saya setiap Kantor Pemerintah seharusnya memiliki website, yg minimal isinya :
    - Lokasi kantor (alamat, posisi di google maps), nomor telpon, e-mail
    - Tugas & Fungsi Kantor
    - Struktur Organisasi
    - Halaman download formulir-formulir pelayanan publik (jika-ada)

    & Jika di tiap kantor belum ada staf khusus yg bisa membuat website, seharusnya bisa di tunjuk suatu unit di Eselon II / Eselon I-nya untuk menangani pembuatan website (pembelian domain, hosting dsb)...

    Dengan demikian pelayanan terhadap masyarakat bisa lebih maksimal. (Setidaknya klo hanya untuk download formulir bisa dilakukan di rumah & hal tersebut bisa diakses 24 jam)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher