Blog Sivitas

Frankfurt Book Fair yang digelar pada tanggal 14-18 Oktober 2015 memberi warna tersendiri bagi LIPI Press selaku penerbit ilmiah nasional. Hal tersebut ditandai dengan terciptanya kerja sama dengan penerbit Springer yang berminat untuk menjadi co-publisher bagi sejumlah buku terbitan LIPI Press (baca:Secercah Cahaya LIPI Press di Frankfurt Book Fair).

Springer yang pada Mei 2015 lalu mengalami merger dengan Nature Publishing Group merupakan perusahaan penerbitan global yang menerbitkan buku, buku elektronik, dan jurnal tinjauan sejawat dalam bidang sains, teknik, dan medis. Springer sendiri memiliki beberapa pangkalan data ilmiah, termasuk SpringerLink, Springer Protocols, dan SpringerImages dengan lebih dari 168.000 judul buku elektronik tersedia dalam 24 kategori koleksi. Buku-buku terbitan perusahaan yang berkantor di Berlin, Heidelberg, Dordrecht, dan New York City ini meliputi karya referensi besar, buku teks, monograf, dan buku berseri.

Potensi yang besar dari Springer menjadikan kerja sama perjanjian co-publishing ini sebagai sebuah langkah awal guna membuka kesempatan yang lebih luas bagi buku-buku hasil penelitian LIPI untuk lebih dikenal dunia Internasional.

Kepala LIPI Press, Rahmi Lestari Helmi, menyatakan kerjasama penerbitan (co-publishing) dengan Springer adalah salah satu langkah penting dan strategis bagi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Bisa dikatakan demikian, karena kerja sama tersebut memberi arti yakni (1) substansi buku dianggap layak secara kualitas oleh pihak mitra penerbit ilmiah dengan reputasinya yang berskala global dan (2) peluang untuk mendiseminasikan buku hasil penelitian LIPI kepada pembaca dalam lingkup global.

Dengan terbukanya kesempatan ini, diharapkan semakin banyak buku-buku LIPI yang dapat diakses oleh masyarakat global. Terlebih jika mengingat segala keunikan yang dimiliki buku-buku LIPI, yang notabene merupakan output hasil penelitian yang komprehensif terkait dengan topik tertentu sesuai tugas dan fungsi lembaga litbang terkait. Selain itu, kerja sama dengan pihak luar ini dapat menjadi stimulus agar segera terbit PP regulasi tarif yang mengatur penjualan buku untuk LIPI Press yang sudah diusulkan sejak awal 2014. Dengan disetujuinya PP tarif tersebut maka akan terbuka peluang bagi penulis untuk mendapatkan reward atas hasil karya tulisnya.

Khususnya bagi dunia penelitian Indonesia, diharapkan melalui kerja sama ini dapat semakin memotivasi lebih banyak peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitian yang bermutu. Di sisi lain, LIPI Press pun semakin meningkat kapasitas sumberdayanya untuk memfasilitasi layanan penerbit ilmiah secara paripurna (total solusi penerbitan).

Selengkapnya mengenai artikel ini, dapat diakses melalui laman www.lipipress.lipi.go.id

about author

Dhevi Enlivena Irene Restia Mahelingga S.Sn.

198812012015021001

Balai Media dan Reproduksi (LIPI Press)

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher