Blog Sivitas

Unified Modeling Language (UML) adalah suatu bahasa yang digunakan untuk memvisualisasikan, menspesifikasi, dan mendokumentasikan sebuah artefak sistem piranti lunak yang intensif. UML menyajikan sebuah cara standar yang digunakan untuk menuliskan perencanaan sebuah sistem, termasuk konsep-konsep yang berhubungan dengan proses bisnis dan fungsi sistem seperti sesuatu yang kongkrit misalnya penulisan bahasa pemrograman, skema basis data (database), dan komponen piranti lunak yang dapat digunakan oleh lebih dari satu fungsi.


Jadi UML merupakan pemodelan sintak yang tujuan utamanya untuk menciptakan model dari suatu sistem berbasis piranti lunak, dengan kata lain UML merupakan cetak biru dari sebuah piranti lunak. Cetak biru suatu sistem piranti lunak inilah yang dimaksud dengan visualisasi pemodelan sistem piranti lunak. Walaupun secara umum UML digunakan untuk pemodelan piranti lunak, namun pemakaian UML tidak terbatas pada fungsi tersebut. UML dapat digunakan juga untuk pemodelal non sistem piranti lunak seperti halnya alur proses/kerja dalam sebuah unit pabrikasi dan lain sebagainya.


Poin yang paling penting untuk dipahami bahwa UML adalah suatu bahasa yang telah dispesifikasikan bukan suatu prosedur atau metode. UML digunakan untuk menggambarkan sistem piranti lunak untuk menjelaskan detil artefak, untuk mendokumentasikan, dan membangun sistem. Perlu diperhatikan bahwa UML bukan bahasa pemrograman, namun UML dibangun untuk dapat diterjemahkan dalam berbagai macam bahasa pemrograman dengan menggunakan diagram-diagram UML yang dibuat.

Hal-hal yang dapat dipahami mengenai UML antara lain:


  • Berbentuk sintaksis, UML hanya sebuah bahasa, UML menyediakan model-model elemen dan diagram serta aturan tentang cara menggunakan elemen dan diagram yang ada. UML tidak mengajarkan untuk membuat diagram.

  • Bersifat menyeluruh/komprehensif, UML dapat digunakan untuk pemodelan apa pun. UML didesain untuk mempermudah pemakai dalam memenuhi kebutuhan pemodelan.

  • Bahasa yang berdiri sendiri, UML tidak mempedulikan tingkat bahasa pemrograman yang digunakan dalam pengkodean pemrograman. Penerjemahan ke dalam kode pemrograman adalah suatu hal yang harus dilakukan sendiri oleh seorang pemrogram.

  • Proses yang berdiri sendiri, proses yang digambarkan pada model yang dibuat terpisah dari pendefinisian bahasa pemrogrman.

  • Merupakan alat yang berdiri sendiri, UML dapat dikembangkan menjadi suatu piranti-piranti lunak pembangun pemodelan oleh berbagai perusahaan piranti lunak.

  • Dokumentasi yang baik, petunjuk cara penulisan UML tersedia sebagai referensi untuk semua sintaksis yang ada dalam bahasa pemrograman.

  • Pengaplikasian UML tidak dipahami dengan baik, petunjuk cara penulisan UML tidaklah cukup untuk mengajarkan cara menulis ke dalam bahasa pemrogramannya. UML merupakan bahasa pemodelan secara umum dan masih harus diadaptasikan oleh pemakai pada aplikasi tertentu.

  • Pada mulanya digunakan untuk pemodelan sistem, beberapa ekstensi pendefinisian pemakai membuat UML menjadi luas penggunaannya, contohnya untuk pemodelan bisnis, dan pemodelan desain aplikasi berbasis web.

about author

Ikut Tri Handoyo S.Kom.

198206222006041002

Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher