Blog Sivitas

Kegiatan kalibrasi di metrologi massa selalu berkaitan dengan 2 hal yakni anak timbangan dan timbangan.



Untuk mengkalibrasi timbangan, hal yang pertama kita lakukan adalah menentukan tingkat ketelitian timbangan yang akan dikalibrasi. Penentuan tingkat ketelitian ini dimaksudkan untuk memilih anak timbangan standar yang digunakan untuk mengkalibrasi. Syarat utamanya adalah anak timbangan standar yang digunakan sudah dikalibrasi agar menjamin rantai ketertelusuran.



Biasanya informasi yang harapkan dari customer adalah kapasitas timbangan dan resolusi timbangan yang akan dikalibrasi.



Sedangkan untuk menentukan anak timbangan standar yang digunakan untuk mengkalibrasi timbangan harus memenuhi persamaan berikut :



Ketidakpastian anak timbangan standar ≤ 1/3 [e];



dimana e adalah verification scale interval yang memiliki hubungan e = 10 d (d = resolusi timbangan).



Misalnya, sebuah timbangan elektronik memiliki resolusi 0,1 mg dengan kapasitas 200 g. Maka,


nilai e = 10 x 0,1 mg = 1 mg.



Sehingga ketidakpastian anak timbangan standar yang digunakan harus memenuhi :



u ≤ 1/3 |e| = 1/3 x 1 mg = 0,333 mg



Jadi nilai ketidakpastian anak timbangan harus ≤ 0,333 mg.



Nilai yang diperoleh di atas kemudian dibandingkan dengan tabel acuan MPE (maximun permissible errors) yang terdapat di OIML R111, 2004.



Dari table MPE dengan kapasitas timbangan adalah 200 g maka kelas anak timbangan yang sesuai dengan hasil di atas adalah berada pada kelas E2.



Jika anak timbangan standar yang digunakan dalam kalibrasi timbangan tidak menggunakan kelas yang sesuai dengan ketelitian timbangan, maka akan berimplikasi pada hasil Limit of Performance (LOP) timbangan tersebut.



Jika LOP-nya yang dihasilkan dari perhitungan besar, maka hal ini dipastikan karena anak timbangan standar yang digunakan tidak sesuai.



www.oiml.org/publications/r/r111-1-e04.pdf

about author

Nur Tjahyo Eka Darmayanti M.Si

197705262005022003

Subbidang Metrologi Massa

Komentar (13)

  • Linda Mark

    26 Oktober 2019, 17:07:54

    BAGAIMANA SAYA MEMILIKI PINJAMAN SAYA DARI PERUSAHAAN BESAR INI Halo orang-orang terkasih, saya Linda McDonald, saat ini tinggal di Austin Texas, AS. Saya seorang janda saat ini dengan tiga anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada bulan April 2018 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya. Saya mencoba mencari pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman baik swasta maupun perusahaan tetapi tidak pernah berhasil, dan sebagian besar bank menolak kredit saya, tidak menjadi mangsa penuh para penjahat di sana yang menyebut mereka pemberi pinjaman uang mandiri, mereka semua scam, yang mereka inginkan adalah Anda uang dan Anda juga tidak mendengar dari mereka lagi mereka telah melakukannya kepada saya dua kali sebelum saya bertemu dengan Tuan David Wilson bagian yang paling menarik dari itu adalah bahwa pinjaman saya dipindahkan kepada saya dalam waktu 74 jam jadi saya akan menyarankan Anda untuk menghubungi Tuan David jika Anda tertarik mendapatkan pinjaman dan Anda yakin dapat membayarnya kembali tepat waktu Anda dapat menghubunginya melalui email ……… (davidwilsonloancompany4@gmail.com) Tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada pengirim barang dengan tingkat bunga hanya 2% dan rencana pembayaran yang lebih baik dan Jadwalkan jika Anda harus menghubungi perusahaan mana pun dengan referensi untuk mendapatkan pinjaman tanpa agunan, maka hubungi Tn. David Wilson hari ini untuk pinjaman Anda Mereka menawarkan semua jenis kategori pinjaman mereka Pinjaman jangka pendek (5_10 tahun) Pinjaman jangka panjang (20_40) Pinjaman jangka media (10_20) Mereka menawarkan pinjaman seperti Pinjaman rumah ............., Pinjaman usaha ........ Pinjaman hutang ....... Pinjaman pelajar ........... Pinjaman awal bisnis Pinjaman bisnis ......., pinjaman Perusahaan .............. dll Email .......... (davidwilsonloancompany4@gmail.com) Ketika datang ke krisis keuangan dan pinjaman maka pinjaman keuangan David Wilson adalah tempat untuk pergi tolong katakan padanya aku Ny. Linda McDonald mengarahkan Anda Good Luck ................... ....

  • Bayu

    18 April 2019, 23:15:07

    Penjelasanya sangat membantu bu, saya tunggu share ilmunya yang lain

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher