Blog Sivitas

Berlawanan dari kepercayaan populer yang beredar, menyelamatkan data dari harddisk yang rusak tidaklah mustahil. Dalam kebanyakan kasus, ada sesuatu yang dapat dilakukan untuk melakukan recovery data. Anda tidak harus mengucapkan selamat tinggal pada semua data dan file penting yang ada.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah JANGAN PANIK. Kepanikan tidak akan banyak membantu Anda dalam menyelamatkan data yang ada. Berfikirlah dengan jernih sehingga Anda dapat melihat apa yang terjadi dan langkah apa yang bisa dilakukan untuk memulihkan data Anda jika harddisk tersebut benar-benar rusak.Recover data dari harddisk rusak : Diagnosa Pertama

Meskipun ada banyak penyebab kenapa harddisk (internal maupun external) Anda rusak, merupakan suatu hal yang penting dalam rangka memulihkan data adalah mengetahui penyebab kerusakan harddisk tersebut.

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan (ingat bahwa tidak terbatas pada hal-hal ini saja) :

Suara berisik : Jika harddisk Anda mengeluarkan suara berisik atau bersuara tidak seperti biasa, kemungkinan harddisk Anda rusak secara mekanis. Ada bagian kecil dari harddisk yang bertugas untuk membaca dan menulis data ke harddisk. Bunyi tersebut bisa muncul karena harddisk mengalami goncangan atau terjatuh. Hal ini bisa diperbaiki. Namun jangan sekali-kali Anda mencobanya sendiri. Serahkan kepada ahlinya.

File sitem rusak : Hal ini biasanya terjadi jika harddisk Anda dikenali oleh sistem operasi komputer tetapi datanya tidak dapat diakses.
Harddisk kotor : Fisik harddsik, konektor dan main board pada harddisk kotor.

Harddisk overheating : Harddisk yang bekerja pada suhu tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada harddisk.Apa yang harus dilakukan untuk recovery data dari harddisk yang rusak

Jika harddisk Anda rusak karena mengalami overheating / kepanasan dapat diperbaiki dengan mudah dengan memberikan pendingin yang lebih pada harddisk Anda. Inilah yang harus Anda lakukan untuk menghindari kerusakan seperti ini di masa depan.

Bersihkan fisik harddisk dan main boardnya dari debu. Anda bisa membersihkan main board dengan menggunakan penghapus pensil. Anda juga bisa mengganti main board yang ada dengan yang baru, namun pastikan jenis dan tipenya sama.

Jika hal tersebut di atas tidak berhasil, Anda dapat menggunakan software untuk menyelamatkan data Anda. Jika hal ini juga tidak berhasil, kirimkan harddisk Anda ke pusat pemulihan data (data recovery center).

Ingatlah bahwa bukan suatu hal yang tidak mungkin untuk menyelamatkan data Anda dari harddisk yang rusak. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan data Anda.
Jika Anda ingin memulihkan data Penulis : Mike Lombard

Judul Asli : Recover Data From Damaged Hard Drive

Jenis : Saduran / Terjemahan

Diakses pada tanggal : 22 Agustus 2011

Sumber : http://ezinearticles.com/Recover-Data-From-Damaged-Hard-Drive&id=6497670

about author

Muhammad Ikhsan Yuniarka A.Md.

198506022008011004

Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher