Blog Sivitas

Jika Anda adalah seorang pengguna komputer, Anda tentu menyadari bahwa ada banyak virus yang beredar diluar sana. Hanya dibutuhkan sedikit waktu, satu tindakan yang salah dan komputer Anda akan benar-benar terinfeksi virus. Dan tergantung dari tingkat keganasan virus, Anda dapat kehilangan seluruh data yang dimiliki. Hal ini menyebabkan Anda harus membayar dalam jumlah mahal untuk memperbaikinya. Dan ini bisa memberikan masalah tambahan di luar yang Anda pikirkan.

Jadi bagaimana agar Anda tetap aman Bagaimana Anda bisa menjaga komputer tetap aman dari infeksi virus yang jahat Berikut adalah tiga cara yang sangat sederhana untuk menjaga agar tetap aman dari virus.1.Jangan membuka lampiran (attachments) dari orang yang tidak Anda kenal.

Salah satu cara paling umum komputer seseorang terinfeksi virus adalah membuka lampiran email dari orang yang tidak dikenal. Virus dapat disertakan dengan apapun pada hari ini. Apakah itu file dokumen Word, Power Point, bahkan file teks. Secara harfiah virus dapat tertanam dimanapun juga.

Jika Anda menerima email dari orang yang tidak dikenal, terutama jika memiliki lampiran, maka jangan buka email itu. Sesederhana itu agar Anda tidak terinfeksi virus. Mengapa harus mengambil resiko menginfeksi komputer Anda dengan virus

2.Jangan download file dari situs tidak terpercaya.

Janganlah mendonwload file apapun dari situs yang tidak terpercaya. Jika muncul kotak download yang menanyakan apakah Anda ingin mendonwload beberapa file sekaligus dan Anda tidak mengetahui darimana file download itu berasal dan berasal dari situs yang tidak terpercaya, maka katakan tidak untuk mendonwload file tersebut.

Mendonwoad file tersebut akan membuat komputer Anda dalam resiko besar. Kemungkinannya adalah jika kotak download itu muncul dan Anda tidak tahu dari mana asalnya dan dari situs mana, kemungkinan besar itu adalah virus. Sekali lagi, jangan pernah memberi kesempatan virus untuk menginfeksi komputer Anda.3.Berhati-hatilah dengan scanner anti virus palsu.

Suatu hal yang sangat mengejutkan betapa komplek dan majunya pop up dari hari ke hari. Suatu hal yang sangat umum bahwa seseorang akan melihat pop up dan lebih banyak pop up lagi pada komputer mereka. Pop up itu biasanya akan tampil memenuhi seluruh layar Anda. Lalu akan muncul pop up scan komputer Anda yang memberikan informasi palsu kalo komputer Anda telah terinfeksi virus. Kemudian mereka akan memberikan pilihan untuk menghapusnya.

Semua ini terjadi dengan adanya pop up yang muncul. Apa yang terjadi adalah pop up ini membuat Anda percaya bahwa komputer Anda telah terinfeksi virus. Dan pop up itu menanyakan Apakah Anda ingin menghapus virus ini. Tentunya kebanyakan orang akan mengatakan YA dan kemudian kotak download akan muncul. Pengguna komputer jelas akan menerima download tersebut karena mereka ingin menghilangkan virus yang ada. Tapi yang mereka tidak ketahui adalah bahwa mereka benar-benar menginfeksi diri sendiri dengan mendonwload anti virus palsu tersebut.

Perhatikannlah jenis pop up yang muncul pada komputer Anda. Pop up scanner dari anti virus palsu muncul lebih banyak dan lebih umum. Jika Anda mengalami hal ini, Anda tahu apa yang harus Anda lakukan.
Menjaga komputer Anda untuk tetap aman dan tidak terinfeksi virus tidaklah harus menggunakan cara yang ekstrim. Anda hanya harus mengetahui apa yang harus Anda lakukan jika terjadi sesuatu. Melakukan tindakan yang benar dan tidak tergesa-gesa.

Semoga artikel sederhana ini bisa membantu Anda agar komputer yang digunakan tetap aman dari virus dan tidak terinfeksi dengan virus.
Penulis : Andrew M. Jackson

Judul asli : 3 Simple Ways to Keep Your Computer Safe From Viruses

Jenis : Saduran / Terjemahan

Diakses pada tanggal : 25 Agustus 2011

Sumber : http://ezinearticles.com/3-Simple-Ways-to-Keep-Your-Computer-Safe-From-Viruses&id=6478263

about author

Muhammad Ikhsan Yuniarka A.Md.

198506022008011004

Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia

Komentar (1)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher