Blog Sivitas

Artikel ini bertujuan membantu pengguna untuk mengetahui cara menonaktifkan DHCP pada router Belkin. Metode yang digunakan dijelaskan secara sederhana dan dapat digunakan hingga saat ini. Direkomendasikan agar Anda tetap mengikuti petunjuk yang ada secara detail. Panduan ini akan menghemat banyak waktu dan uang Anda untuk berbicara dengan costumer service dari pembuat router Belkin.
Apakah Anda ingin menonaktifkan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) yang dimiliki oleh router Belkin Anda mungkin ingin melakukannya karena ada beberapa alasan seperti pengaturan router sebagai access point, switch, gangguan jaringan, atau ada masalah dengan VOIP. Artikel ini akan membantu Anda secara mudah untuk menonaktifkan DHCP di router Belkin yang Anda miliki tanpa harus menghubungi costumer service dari pembuat router Belkin.
Petunjuk :

Hubungkan komputer Anda secara langsung ke router Belkin dengan menggunakan kabel ethernet. Pasang salah satu ujung kabel ethernet ke komputer dan pasang ujung lainnya ke salah satu dari port LAN dari router. Setelah itu buka web browser Anda (seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Safari, Google Chrome, dll) dan masukkan alamat 192.168.2.1 atau http://192.168.2.1 (tanpa tanda kutip) pada addres bar browser Anda.
Cara diatas akan membawa Anda ke halaman login router. Masukkan username dan password pada kolom yang ada dan klik tombol Login kemudian tombol Submit. Jika Anda pernah mengubah username dan passwordnya, pastikan Anda mengingatnya. Jika Anda lupa periksa dokumentasi client untuk mengetahuinya. Hal yang harus diingat adalah router Belkin pada seting awal tidak dipassword. Jadi tidak ada password yang harus dimasukkan kecuali Anda telah mengubah passwordnya.
Setelah login ke halaman konfigurasi router, klik pada LAN Setting pada bagian LAN Setup yang ada pada panel di sisi kiri. Anda akan menemukan pilihan Server DHCP Enabled atau Disabled pada bagian Status. Pada layar akan menampilkan semua jenis informasi dari konfigurasi router tersebut.
Klik tombol Off disebelah DHCP Server kemudian tekan tombol Apply Changes untuk menyelesaikan tugas. Kemudian Anda akan diminta untuk melakukan reboot router untuk menyimpan perubahan yang telah dilakukan. Sebelum klik tombol Apply Changes, Anda juga bisa mengubah alamat IP LAN yang akan berkomunikasi dengan subnet router lain jika Anda mematikan DHCP. Setelah selesai keluar dari interface router. Jika Anda ingin, bisa juga melepaskan kabel ethernet dan menggunakan komputer seperti biasa.Penulis : Kumar Gandharva Jha

Judul asli : How to Disable DHCP on a Belkin Router

Jenis : Saduran / Terjemahan

Diakses pada tanggal : 9 September 2011

Sumber : http://ezinearticles.com/How-to-Disable-DHCP-on-a-Belkin-Router&id=6547943

about author

Muhammad Ikhsan Yuniarka A.Md.

198506022008011004

Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher