Blog Sivitas

Melindungi data Anda dari hacker dan penjahat online lainnya merupakan suatu hal yang sangat penting. Setiap hari, banyak virus baru diciptakan untuk mengakses informasi pribadi Anda untuk digunakan secara tidak bertanggungjawab.

Sebuah virus komputer merupakan sebuah software yang dirancang secara khusus untuk dapat memasuki sistem komputer Anda dan menghapus file, folder dan data lainnya serta dapat menyebabkan kerusakan yang sangat fatal terhadap sistem komputer Anda.

Malware merupakan salah satu bentuk virus yang memasuki sistem komputer Anda secara sembunyi-sembunyi dan menyebabkan masalah terhadap data-data yang Anda miliki bahkan terhadap sistem komputer Anda. Malware secara khusus dibuat untuk merusak sistem komputer Anda.

Spyware adalah salah satu jenis virus yang dirancang untuk memperoleh berbagai macam informasi dari komputer tanpa sepengetahuan atau persetujuan Anda. Spyware secara khusus dibuat untuk memata-matai Anda.
Untungnya, untuk menghindari berbagai macam serangan tersebut, Anda dapat melakukan perlindungan secara berkala dan terncana. Berikut ini ada beberapa tips yang bermanfaat untuk mencegah komputer Anda terserang virus, malware dan spyware.


Berhati-hatilah ketika menjelajah internet

Ketika Anda sedang online, berhati-hatilah terhadap file dan program yang Anda download. Hindari adanya pop up dan mendownload file atau program gratis karena banyak yang sudah diinfeksi dengan virus. Game dan situs sosial seperti Facebook, Twitter adalah tempat yang sangat bagus untuk penyebaran virus. Jika Anda ragu tentang keamanan dari situs yang Anda kunjungi, segera tinggalkan situs tersebut.


Jangan sembarangan membuka lampiran email

Cara penyebaran virus yang lain adalah dengan menggunakan lampiran / attachment email. Jika Anda tidak mengenal orang yang mengirimi Anda lampiran dalam emailnya, jangan buka lampiran tersebut. Meskipun tidak semua lampiran email berbahaya, tidak ada salahnya Anda waspada untuk menghindari penyesalan di kemudian hari.
Pastikan program anti spyware dan anti malware terpasang dan update

Kualitas terbaik diberikan oleh program anti spyware dan anti malware yang berbayar, tetapi ada juga versi gratis yang dapat memberikan kinerja terbaik. Pastikan Anda memiliki beberapa bentuk perlindungan dari serangan spyware dan malware serta pastikan Anda secara rutin mengupdate database program anti spyware dan anti malware yang Anda gunakan.


Install firewall

Fungsi dari firewall adalah untuk mencegah orang lain mengakses komputer Anda dan mencuri informasi pribadi atau menyebabkan masalah lainnya. Pastikan firewall yang Anda gunakan sudah terinstall dan beroperasi dengan benar.

Scan flasdisk / external harddsik sebelum mengaksesnya

Pastikan Anda selalu melakukan scan terhadap flashdisk / external harddisk sebelum mengakses data yang ada. Jangan lupa untuk juga melakukan scan terhadap CD dan DVD sebelum Anda mengakses data yang ada.


Tetap Waspada

Jika kinerja komputer Anda berjalan lebih lambat dari biasanya, ada file yang hilang, atau komputer Anda terdapat kejanggalan-kejanggalan lainnya, memerlukan waktu lebih lama pada waktu scan virus, maka waspadalah. Hal ini paling sering disebabkan oleh adanya malware dalam komputer Anda.

Selain itu, Anda harus tetap melakukan yang terbaik yang bisa Anda lakukan, seperti selalu update informasi terhadap perkembangan virus dan peringatan keamanan yang ada. Ada beberapa situs internet seperti Microsoft.com dan CERT.org yang secara rutin mempublikasikan informasi virus, peringatan keamanan dan patch keamanan untuk komputer Anda.
Jangan gunakan lebih dari satu program anti virus

Gunakan hanya satu program anti virus pada komputer Anda. Menggunakan lebih dari satu program anti virus dan menjalankannya secara bersamaan dapat menyebabkan konflik pada sistem komputer dan mengganggu kinerja komputer Anda.


Jangan klik icon mencurigakan pada desktop

Mengklik icon yang tidak dikenali pada desktop dapat mengaktifkan virus pada komputer Anda. Jika Anda melihat adan icon yang mencurigakan pada komputer segera lakukan scan secara menyeluruh pada komputer.


Jangan download file berekstensi yang tidak Anda ketahui

Mendownload program secara otomatis yang berekstensi .exe adalah cara yang sangat umum dalam menyebarkan virus. Pastikan Anda tahu persis apa yang didownload dan hindari apapun itu yang mencurigakan.

Saat paling penting dalam melindungi data-data penting Anda terhadap serangan virus komputer, malware dan spyware adalah dengan melakukan pencegahan dan meningkatkan kewaspadaan Anda. Sayangnya, ancaman keamanan baru datang setiap hari dengan gencarnya dan satu-satunya cara untuk menghindarinya adalah dengan selalu mengupdate database anti virus secara berkala.Penulis : Chloe Weston

Judul asli : How To Protect Yourself From Computer Viruses and Malware

Jenis : Saduran / Terjemahan

Diakses pada tanggal : 28 September 2011

Seuber : http://ezinearticles.com/How-To-Protect-Yourself-From-Computer-Viruses-and-Malware&id=6587107

about author

Muhammad Ikhsan Yuniarka A.Md.

198506022008011004

Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia

Komentar (3)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher