Blog Sivitas

Oleh Ahmad Saefudin S.



Komputer tualamajadulmau dikemanakan Itu yang sering terbesit dipikiran para staf perpustakaan ketika melihat komputer lama yang tidak terpakai. Pada akhirnya dikarenakan tidak tahu akan dikemanakan komputer tua yang sebagian diantaranya mengalami kerusakan itu pun akhirnya disimpan digudang atau disudut perpustakaan. Kejadian ini tentunya sangat disayangkan karena di perpustakaan lainnya bisa jadi mendapatkan komputer tua atau lungsuran dari unit lain pun sangat lah susah dan seperti mimpi.



Komputer tua atau lama sebenarnya masih dapat diberdayakan selama komputer itu masih dapat berjalan dengan baik dan tidak rusak. Di perpustakaan komputer tua itu masih dapat diberdayakan dan dipergunakan, diantaranya sebagai :





  1. File server atau folder sharing sederhana
  2. Printer server sederhana
  3. Fax server sederhana
  4. CCTV server sderhana
  5. Komputer sirkulasi untuk pengembalian dan peminjaman otomatis dengan perangkat barcode reader atau RFID
  6. Komputer bantu untuk shelving dengan memanfaatkan perangkat RFID
  7. Komputer multimedia jenis media lama seperti disket, CD, ZIP Drive dan lainnya yang menjadi koleksi perpustakaan.
  8. Dan kepentingan lainnya untuk kegiatan proses pengelolaan dan pelayanan perpustakaan yang dapat menggunakan komputer lama atau tua.




Pemanfaatan komputer lama tentunya harus disesuaikan dengan spesifikasi komputer untuk fungsi yang akan dibangun, tentunya dengan spesifikasi minimal. Seperti untuk folder sharing, printer server, fax server, komputer dengan spesifikasi Pentium III, Memory 256 mb sudah cukup, untuk cctv server, automasi perpustakaan dengan barcode atau RFID menggunakan minimal memory 512 mb, Hardisk atau media penyimpanan tidak terlalu besar, jika masih kurang kita dapat memanfaatkan part atau bagian komponen yang masih baik dari komputer lama lainnya yang tidak terpakai, seperti hardisk, ram, dan lainnya. Sistem operasi yang digunakan dapat menggunakan sistem operasi MS Windows XP [lebih moderat untuk speksifikasi komputer rendah dengan aplikasi umum yang biasa digunakan] atau menggunakan linux bagi yang berpengalaman.



Dengan demikian tidak ada lagi sumber daya komputer lama yang tidak termanfaatkan. (digunakan sampai titik akhir penghabisan ;) dan tentunya harus atau wajib direncanakan untuk penggantian menyeluruh demi kemajuan dan peningkatan pelayanan perpustakaan tidak menunggu komputer lama itu benar-benat rusak).


about author

Ahmad Saefudin Surapermana S.Sos

197511141999031004

Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah

Komentar (2)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher