Blog Sivitas

FINDING

Beberapa kali saya mengikuti presentasi yang dilakukan oleh peneliti LIPI, bukan hanya melihat isi yang disampaikannya, tapi saya tergelitik terhadap desain powerpointnya. Maaf menyebut merek, tapi ya semua orang menggunakan aplikasi yang sama. Mau gimana dong hehe



Kembali lagi, merujuk pada sebuah pentas standup Commedy yang kreatif ini, ternyata powerpoint ini "bisa membunuh" si presenter itu sendiri. Dan celakanya, di LIPI sampai sekarang belum ada pembelajaran khusus atau setidaknya panduan untuk mempresentasikan sesuatu dengan baik dan benar. Semua dianggap bisa padahal belum tentu semua bisa. Semua dianggap mampu karena mempertimbangkan pengalaman masing-masing individu.



Bahkan, jika kita melihat kembali template powerpoint yang beredar di LIPI dan dianggap sebagai template korporat (padahal tidak ada hal seperti itu) banyak yang perlu dikritisi.
Mari kita perdalam.

pada template pertama ini, gedung LIPI ditonjolkan sangat besar. Namun apa perlu Baik perlu-tidaknya tidak usah dibahas, masing-masing dari kita tahu penting tidaknya. Namun yang menggelitik space untuk judul bertabrakan dengan background gambar (lihat garis putus-putusnya). Jika nantinya digeser ke kiri, otomatis judulnya menjadi lebih sempit dengan hanya 50 persen sisa space layar.





pada template pertama bagian konten sangat kurang, terpotong bagian atas dan bawah demi estetis garis dan ornamen yang pastinya nanti akan tertutup oleh gambar. Jikalau presenter menyiapkan teks saja, maka dengan otomatis teks akan mengecil dan pada akhirnya powerpoint menjadi tidak terbaca karena font kecil. Sebagai info, ukuran minimal untuk powerpoint terbaca dengan baik adalah 14pt.





amati template versi colorful ini. Dengan ornamen yang sangat besar (dan lagi-lagi gedung LIPI), secara otomatis judul presentasi akan mengecil dan menjadi vertikal untuk mengambil space di bagian kiri. Jika presenter kreatif maka biasanya akan membuat judul teks menjadi warna merah atau warna lain yang kontras dan segala kekreatifitasannya.



Hal yang sama juga ditemukan di bagian konten/isi dari presentasi, terpotong bagian atas dan bawah demi estetis ornamen colorful.



Pada tulisan ini, saya ingin berbagi bagaimana sebuah template presentasi korporat yang baik menurut saya. Sekali lagi, template ini baik, MENURUT SAYA.





SOLUSI

1. Colorful Prism

template ini selain memuat logo LIPI disetiap halamannya dan digunakan untuk ukuran slide size 4:3 (standar ppt). Ornamen saya buat seminimalis mungkin dengan logo di pojok dan link media sosial LIPI di bawah. Ada placeholder sebagai tempat isi teks. Ada 7 macam layout yang tersedia. Dan bisa langsung di-install sebagai Slide Design. Step-by-step instalasi di bawah yaa.





download via google drive






2. Green LIPI

hampir mirip dengan template nomer 1, hanya saja yang ini menggunakan gambar minimalis berupa dedaunan sehingga cocok jika digunakan oleh penelitian alam/hayati.





download via google drive






3. Networker



download via google drive







TUTORIAL INSTAL TEMPLATE

Bagaimana cara memasang ketiga template tersebut ke powerpoint anda
mudah sekali.

1. Buka file .thmx yang sudah diunduh seperti membuka file powerpoint biasa.

2. Lihat di menutab Design, lihat seluruh desain dengan meng-klik panah ke bawah.

3. Di paling bawah ada menu Save Current Theme..

4. Selesai.




Bagaimana mengaplikasikan pada slide presentasi anda

Mudah sekali.

1. buka file powerpoint anda seperti biasa

2. Lihat di menutab Design, akan muncul Desain/Theme yang sudah dimasukkan ke powerpoint anda.

3. Klik saja salah satu.

4. Voila






DISCLAIMER

Seluruh gambar dan desain dibuat secara personal dengan menggunakan referensi internet. Penggunaan untuk tujuan pribadi dan komersial diperkenankan dengan catatan tidak mengubah desain yang dibuat. Tulisan ini dibuat bukan dalam rangka mengolok/menjelekkan yang sudah ada, namun lebih membuka wawasan dan forum diskusi mengenai bagaimana yang seharusnya.

about author

Adi Setiya Dwi Grahito S.Si.

198401172008121001

Pusat Pemanfaatan dan Inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Komentar (4)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher