Blog Sivitas


Oleh Ahmad Saefudin S.


Pendahuluan



Aplikasi perpustakaan Senayan Library Management System atau lebih dikenal dengan singkatan SLIMS sudah banyak digunakan di perpustakan-perpustakaan baik perpustakaan instansi pemerintah, sekolah, perguruan tinggi sampai perpustakaan pribadi. Fiture yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan perpustakaan dan pustakawan menjadikan aplikasi ini semangkin menjadi idola di dunia Pengelolaan Perpustakaan, hal ini tentunya juga terkait dengan latar belakang para pengembang aplikasi SLIMS dimana sebagian besar berlatar belakang Ilmu Perpustakaan.



Dengan segala kelebihannya dan komitmen para pengembang yang terus mengembangkan aplikasi ini, membuat para pustakawan semakin semangat menggunakan aplikasi SLIMS. Dan tidak perlu menunggu waktu yang lama para pengembang aplikasi yang dimotori oleh Hendro Wicaksono dan tim meluncurkan versi terbaru atau versi kesempurnaan dari versi sebelumnya (versi patch) dalam waktu yang tidak terlalu lama. Hal ini mendorong pengelola perpustakaan untuk selalu memperbarui aplikasi yang digunakan demi meningkatkan pelayanan perpustakaan pada pengguna.



Namun proses memperbarui atau upgrading (meningkat ke aplikasi SLIMS versi terbaru) tidak selalu berjalan mulus. Sering kali pustakawan pengelola aplikasi SLIMS melakukan kesalahan dalam melakukan proses upgrading aplikasi yaitu lupa melakukan backup aplikasi SLIMS dan databasenya. Padahal ini penting untuk mengantisipasi kegagalan upgrade aplikasi. Salah satu masalah atau kegagalan pada saat terjadi kegagalan proses upgrade yaitu terjadi error pada database slims yang digunakan. Berikut tampilan aplikasi slims dimana databasenya mengalami gangguan atau error sesaat setelah melakukan upgrading dengan aplikasi slims terbaru.


Jangan dulu panik, untuk memastikan kondisi database SLIMS yang digunakan maka dilakukan pengecekan melalui halaman pengelolaan database dengan PhpMyadmin, berikut tampilan database slims yang mengalami masalah.Dibawah tertulis tabel In Use atau sedang digunakan padahal kenyataannya tidak.


Untuk memperbaiki masalah ini dicoba dengan memanfaatkan fasilitas perbaikan tabel pada phpmyadmin dengan cara memilih tabel yang akan diperbaiki lalu pilih tindakan repair table pada dropdown menu yang terletak dibawah daftar tabel dan biasanya berhasil seperti tampilan berikut.
Akan tetapi pada beberapa kasus tabel dalam database tidak dapat di perbaiki seperti pada tampilan berikut, tabel pada database slims tidak bisa di perbaiki dan terdapat pesan Cant cange ownership of the file....
Jika tidak berhasil, kita bisa mencoba memperbaikinya dengan menyalin folder database yang di ketahui rusak untuk di buka pada aplikasi xampp yang memiliki versi MySql server yang sama atau lebih tinggi. Kemudian ulangi proses memperbaiki dengan bantuan aplikasi phpmyadmin.


Jika masih gagal kita bisa mencoba memperbaiki dengan aplikasi pengelolaan database MySQL yaitu aplikasi HeidiSQL. Untuk memulai sebelumnya download aplikasi tersebut di http://www.heidisql.com/ kemudian install. Langkah-langkah memperbaiki tabel database mysql dengan aplikasi HeidiSQL adalah sebagai berikut:

  1. Jalankan MySQL server dimana didalamnya terdapat databse yang akan diperbaiki.
  2. Jalankan aplikasi HeidiSQL, berikut tampilan aplikasi HeidiSQL.
  3. Kemudian klik new untuk memulai koneksi ke databse MySql yang ingin diperbaiki, dan akan tampil konfigurasi koneksi HeidiSQL, isi, Network Type (MySQL (TCP/IP)), Hostname/IP, port, database, user id dan password sesuai dengan konfigurasi MySQL, save
  4. Pilih database yang akan di edit lalu klik save
  5. Setelah disimpan Klik Open, maka akan muncul halaman pengelolaan database MySQL dengan database yang dipilih. Contoh tampilan halaman pengelolaan.
  6. Untuk memulai memperbaiki tabel pada database maka pilih menu Tools, lalu pilih sub menu Maintain.
  7. Cek list atau pilih database yang akan di perbaiki, lalu pada kolom opration pilih repair, lalu pada option pilih Quick, dan untuk menjalankan proses klik tombol Execute
  8. Maka akan tampil proses perbaikan table pada database, proses akan berhenti jika sudah selesai. Berikut tampilan hasil proses dan tabel berhasil diperbaiki.
  9. Untuk mencek tabel yang sudah diperbaiki pilih check pada operation, lalu execute.
  10. Jika ingin memastikan lagi tabel sudah diperbaiki, coba buka database dengan aplikasi phpmyadmin
Selamat mencoba, semoga berguna dan membantu


;) Ahmad


Referensi:



  1. Senayan Library Managgement System. http://slims.web.id
  2. HeidiSQL. http://www.heidisql.com
  3. PhpMyAdmin. http://www/phpmyadmin.net

about author

Ahmad Saefudin Surapermana S.Sos

197511141999031004

Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah

Komentar (4)

  • Ahmad Saefudin Surapermana

    19 Maret 2015, 08:01:02

    Bisa menggunakan fasilitas ini dengan mengunlock table terkait kalau atau bisa select all lalu pilih unlock pada dengan aplikasi ini.

    Smoga membantu.

    Ahmad

  • widy

    18 Maret 2015, 14:06:29

    mau tanya nich, gan.
    kalau misalkan pada saat peminjaman data tidak dapat disimpan pada database, bagaimana caranya agar bisa menyimpan kembali

  • Ahmad Saefudin Surapermana

    18 Desember 2012, 15:37:48

    Banyak faktor, bisa jadi ada aplikasi yang menggunakan port yang sama, lebih dari 1 web server, atau bisa juga ada file yang dihapus oleh anti virus atau di blok [jika diwindows], ada baiknya coba dilihat di servis aplikasi yang berjalan apakah aplikasi apache ada lebih dari 1 atau ada aplikasi yang menggunakan port xampp atau mysql [biasanya game online atau aplikasi yang menggunakan koneksi internet/jaringan].Bisa juga maslah aplikasi yang dibutuhkan untuk jaringan bermasalah [soket koneksi jika di windows]

    Gunakan tools untuk mencek dan memperbaiki kondisi aplikasi di windows.

    atau paling sederhana untuk aplikasi xampp yaitu meuninstall xampp lama, kemudian dibersihkan semua registrynya dengan tools, restart, install ulang xampp nya, jika tidak ada aplikasi lain yang menyebabkan masalah biasanya sudah bisa jalan.

  • Maxs

    18 Desember 2012, 15:09:11

    saya pernah pake lokal host xampp tapi setelah beberapa hari kok bisa error ya ! kenapa ya mas

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher