Blog Sivitas



Ada puluhan cara cepat tanpa klik mouse yang berbeda yang dapat digunakan dengan browser Internet. Berikut adalah beberapa Shortcut Key Internet browser yang bisa dilakukan dengan tombol di keyboard :





  • Memindahkan kursor ke Address Bar.
    Cara cepat memasukan alamat internet tanpa harus klik mouse adalah dengan cara menekan tombol Alt lalu tekan tombol D (Alt+D). Maka kursor akan berpindah ke Address Bar tempat kita menuliskan alamat situs yang akan dituju.



  • Memperbesar dan memperkecil huruf di halaman web.
    Kadangkala bila masuk ke sebuah halaman web, kita sulit membaca karena teks terlihat kecil. untuk merubah teks menjadi besar lakukan dengan cara menekan tombol Ctrl dan tahan, lalu tekan tombol + untuk membesarkan teks, atau tombol - untuk mengecilkan (Ctrl+"+" untuk besar, Ctrl+"-" untuk kecil)



  • Kembali ke halaman sebelumnya.
    Bila kita masuk ke sebuah situs, lalu berpindah ke halaman lain dalam tab yang sama, maka untuk kembali ke halaman sebelumnya yang sudah kita kunjungi dapat dilakukan dengan cara menekan tombol "Backspace" pada keyboard (tombol panah kiri diatas tombol enter), atau bisa juga denganc cara menekan tombol Alt dan panah kiri (Alt + ←). untuk maju halaman tekan tombol Alt dan panah kanan (Alt + →).



  • Refresh/Reload Halaman.
    Untuk me-Refresh halaman yang sedang kita buka dapat dilakukan dengan cara menekan tombol F5 pada keyboard.



  • Layar penuh(Fullscreen) halaman.
    Untuk membuat browser anda menjadi layar penuh (fullscreen) cukup menekan tombol F11 pada keyboard. dan untuk mengembalikan ke layar semula cukup tekan F11 lagi.



  • Membuat Bookmark.
    Bookmark digunakan untuk membuka kembali alamat situs yang pernah kita buka setelah browser ditutup. Cara menyimpan alamat situs yang sedang kita buka menjadi Bookmark dapat dilakukan dengan menekan tombol Ctrl dan tombol D (Ctrl+D). Lalu simpan nama halaman nya sebagai bookmark. Untuk membuka bookmark tekan tombol Ctrl dan tombol B (Ctrl+B). maka halaman yang sudah kita simpan menjadi bookmark akan terlihat di daftar bookmark.



  • Mencari teks dalam halaman web.
    Gunakan Find Box untuk mencara teks dalam halaman situs yang sedang dibuka. Find Box ini dapat dibuka dengan cara menekan tombol Ctrl dan tombol F (Ctrl+F). lalu ketikan kata/teks yang ingin dicari.



Demikian beberapa cara pintas yang dapat digunakan pada internet browser yang sedang kita gunakan. Semoga bermanfaat untuk mempercepat kerja tanpa menggunakan klik mouse.

about author

Aang Gunawan S S.Kom

198208142006041005

Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia

Komentar (6)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher