Blog Sivitas

Cyanidium caldarium merupakan salah satu spesies mikroalga unik yang ditemukan di wilayah Sumber Air Panas seperti yang kami temukan di sekitar Kawah Domas, Kawasan Gunung Tangkuban Parahu - Jawa Barat. Mikroalga ini, tergolong dalam alga merah, namun demikian performa visual pada umumnya mikroalga ini berwarna hijau kebiruan. Beberapa eksperimen sederhana yang dilakukan terhadap alga ini di laboratorium kami adalah kultivasi Cyanidium secara bertahap dari mulai pH 4 hingga pH 1 (tertanggal 26/02/14) dan kondisi kultur masih baik. Kami yakin masih dapat dilanjutkan oprimasi tumbuh hingga mencapai pH 0.Inilah salah satu karakteristik yang menarik dari Cyanidium caldarium. Berdasarkan literatur yang saya baca, spesies ini mampu hidup dengan mempertahankan keseimbangan pH didalam sel, tanpa terganggu perubahan kondisi pH lingkungan. menarik sekali bukan
Eksperimen sederhana yang lain adalah, pada saat kami tumbuhkan alga ini dengan hanya menambahkan air mineral saja dan aquadest saja..kultur ini pun tetap tumbuh dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa peluang melakukan proses kultivasi secara ekonomis dapat dilakukan terhadap mikroalga yang satu ini.
Eksperimen selanjutnya adalah Cyanidium caldarium ditumbuhkan di media yang ditambahkan limbah hampas sagu, limbah tapioka dan limbah mocaf...Cyanidium mampu tumbuh diketiga jenis media limbah tersebut. Hal ini menunjukkan alga ini dapat berperan juga sebagai agen bioremediasi sekaligus mengambil manfaat limbah tersebut untuk produksi biomassa dan produk turunannya secara murah
Hal menarik lain dari Cyanidium adalah kemampuannya tumbuh di air panas sampai air biasa, namun sayang belum dilakukan optimasi hingga suhu berapa mikroalga ini masih dapat tumbuh..kemampuan tumbuh di suhu tinggi (termofilik) ini tentu saja sangat menarik dan mengundang ide untuk mengeksprorasi bioproduk apa yang bermanfaat seperti mendapatkan enzim termofilik, dll.
Mengenai kandungan asam lemaknya, dengan menggunakan GC-MS, mikroalga ini mengandung beberapa asam lemak penting seperti asam palmitat, oleat, linoleat dan linolenat.
Cyanidium caldarium, salah satu kekayaan biodiversitas Indonesia yang muncul seperti mutiara hijau. ibarat mutiara karena potensinya bernilai tinggi dan berharga, dan hijau karena warnanya..
Jadi bila kita mengunjungi kawasan wisata air panas di Indonesia, maka teringatlah kita akan kehadiran spesies ini dan barangkali juga spesies lain yang tak kalah uniknya untuk dikenali..

about author

Hani Susanti M.Si

197905182010122001

Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher