Blog Sivitas

Kalau selama ini mungkin kita mengenal VMWare Workstation, Virtual Box, Virtual PC dan sebagainya, yang mungkin sering kita gunakan untuk mengetes OS sebelum benar-benar diinstall di komputer. Aplikasi tersebut tergolong kedalam Tipe-2 dari jenis Virtualisasi, yakni Virtualisasi diatas OS lain. (Misalnya : VMWare diinstall diatas OS Windows, ataupun Virtual BOX diinstall diatas OS Windows/Linux), jadi tipe Virtualisasi seperti ini membutuhkan Layer OS agar dia bisa jalan dibawahnya.


Sedangkan Virtualisasi Tipe-1 yakni dikenal dengan istilah Bare-Metal Virtualisasi. Ini artinya kita install langsung aplikasi Virtualisasi ke dalam Media PC/Server fisik, layaknya OS konvensional. Bentuk aplikasi ini memang pada dasarnya berupa OS yang memiliki kernel tersendiri dan bisa boot dari CD /iso.


Contoh Tipe Bare metal seperti ini yang paling populer yakni VMWare ESX server/ ESXi , Xen Server, dsb (bisa searching d google).


Buat yang belum nyoba, perbedaan tipe vidtualisasi ini ternyata memang memiliki fitur-fitur yang berbeda pula. Untuk tipe bare-metal biasanya menawarkan fitur2 enterprise yang lebih handal. Biasanya dipakai di perusahaan yang bergerak dalam bidang datacenter. Fitur utama nya yakni : HA (High Availability, Clustering, Live-Migration, dll). Dibalik kelebihan tersebut, biasanya produk seperti ini menawarkan Harga yang lumayan tinggi pula. Selain itu, spesifikasi hardware yang dibutuhkan lumayan tinggi, dan jarang sekali ada "individu" yang nyoba diakrenakan keterbatasan peralatan/hardware yang dimiliki.


salah satu alternatif dari penggunaan aplikasi virtualisasi, yakni; PROXMOX.
kita bisa explore all about proxmox lebih detail disana.





Pertama-tama, unduh aja iso installer nya (proxmox VE) disini,
trus kita bisa burn ke cd ato nyoba install di vmware juga bisa.

Ini wiki-nya-proxmox panduan yang lumayan komplit buat yang mau mulai.


Sumber : www.kaskus.us, http://www.proxmox.com

about author

Farham Harvianto M. Kom

199010262014011001

Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher