Blog Sivitas

Penyelenggaraan International Exibition for Young Inventors (IEYI) 2014 pada tanggal 30 Oktober 1 November 2014 yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) , telah menyisakan berbagai cerita tidak hanya di benak para inventor remaja dari dalam maupun luar negeri, tetapi juga meninggalkan pengalaman unik kepada para pengunjung



Ajang berinteraksi dan Berkomunikasi


Dany, salah seorang inventor remaja dari Filipina berpendapat bahwa pengalamannya mengikuti IEYI di Indonesia adalah kesempatan dia untuk berinteraksi dengan teman-teman yang baru.
I love meeting new people; I think everyone has a story to tell. We should all listen sometimes. IEYI has given so many valuable moments which are irreplaceable



Senada dengan rekan senegaranya, Ryan Corpin menegaskan bahwa ajang IEYI tidak hanya ajang untuk kompetisi dan pameran ilmiah melainkan kesempatan untuk membuka wawasan baru dan berkomunikasi dengan audiens berskala global. Oleh karena itu, dia merasa harus benar-benar mengetahui apa keunggulan invensinya dan bagaimana mentransfer informasi tersebut kepada pengunjung yang bertanya.
Do we need understand how important our inventions are Yes, we do! Big helps for having well-explanation to common communities who dont understand completely our project



Terlepas dari hal tersebut, Assoc Prof. Apichit Therdyothin, dari Thailand menyatakan bahwa kualitas invensi remaja di ajang IEYI ini bermula dari orisinalitas dan lokalitas isu-isu yang ada di sekitar mereka. Seperti ide Shrimp Peeler atau pengupas kulit udang yang dilontarkan Worapan Banjerdsilp dan Chosita Tonpunya, maupun Manga Page-flipping Music Box atau Kotak Musik Pembalik Halaman Komik, ciptaan Akio Sekiguchi dari Jepang. Kedua invensi tersebut bermula dari hal yang sama, CURIOSITY (rasa penasaran dan ingin tahu) yang tinggi. Keingintahuan tersebut kemudian memicu pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut Bagaimana ibu-ibu rumah tangga dapat mengupas kulit udang dengan cepat dan tanpa luka dan bagaimana kegiatan membaca komik menjadi lebih menyenangkan. So simple to be understood that invention shouldnt start from the biggest idea.



Menurut Susan Casey, pengarang buku Kids of Inventing, a Handbook for Young Inventors and Women Invent!Two centuries of Discoveries That Have Shaped Our World, untuk menjadi seorang inventor muda,terdapat enam langkah dasar yang dapat ditempuh:



  1. Bertukar pikiran dengan teman-teman, guru maupun keluarga
  2. Pikirkan bagaimana mengerjakan hal yang rutin dengan cara yang lebih mudah
  3. Kombinasikan hal-hal yang biasa di sekitarmu
  4. Pikirkan bagaimana opini orang lain dan bagaiman kebutuhan mereka dapat kamu interpretasikan ke dalam projek invensi kamu.
  5. Pikirkan bagaimana invensi yang kamu ciptakan dapat membantu komunitasmu


Kelima langkah tersebut dapat membimbing para calon inventor muda untuk berpikir out of the box, terutama pada langkah pertama. Just believe me, many young inventors who engage in brainstorming process as a way of thinking will produce unpredictable ideas. One idea can lead to a VERY GOOD IDEA. Pada akhirnya dapat menciptakan invensi yang sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan mereka.




Ajang untuk menginspirasi


Di lain pihak, ajang IEYI telah menyorot banyak perhatian masyarakat umum untuk melihat bagaimana para peneliti muda ini menampilkan hasil karya mereka. performa para peneliti muda tersebut tidak hanya menjadi sumber informasi, akan tetapijuga menjadi sumber inspirasi. I think, I can be an inventor because they are really cool and so creative. I bet those (innovations) seem easy to be made. Then, Ive decided when I become an adultbeing an inventor should be possible for me ucap Prabh, siswa tingkat 4 dari Gandhi Mahatma School. Predikat bahwa inventor adalah seorang science geek (pecandu sains) yang notabene dianggap tidak keren dan tidak gaul, sudah saatnya untuk dikaji ulang.
Menjadi seorang inventor muda mulai menjadi trendsetter baru, dimana kreativitas dan pengetahuan mereka mampu menjadi sumber inspirasi semua kalangan baik tua maupun muda.




Being a geek is all about being honest about what you enjoy and not being afraid to demonstrate that affection. It means never having to play it cool about how much you like something. Its basically a license to proudly emote on a somewhat childish level rather than behave like a supposed adult. Being a geek is extremely liberating
(Simon Pegg)




Ajang untuk mengontrol emosi diri


Well, penyelenggaraan IEYI memang bukan projek utopia, ajang ini mengajarkan bagaimana pihak panitia penyelenggara harus lebih kuat dalam proses koordinasi di lapangan. Penulis, sebagai bagian dari organizing committee merasa salut terhadap kinerja tim. akan tetapi, tidak dapat dipungkiri masih banyak hal-hal yang harus dibenahi dalam penyelenggaraan kali ini.
Sebagus apapun konsep acara dibuat, fleksibelitas di lapangan terutama bagaimana berkomunikasi dengan orang-orang dari multi negara maupun multi budaya cukup menguras energy yang berlebih.
Banyak hal-hal lucu maupun mengesalkan terjadi hanya karena language barrier diantara panitia maupun peserta. Di satu sisi, persahabatan baru yang terjalin menjadi sebuah momento yang tidak tergantikan.



I thanked to Allah because everything that we have worked for, all the sacrifices we have made to organize this event had finally paid off. Then, I had quietly reflected on my journey to where I am today.



Above all I wish to thank and to congratulate the IEYI Finalists. As young inventors, they have spread the spirit of communicating science; they have built networking and did outstanding performances which are inspiring for everyone. We have followed you through victory and through defeat and we hope that you will remember your experience here at the IEYI 2014 for the rest of your lives. All the interactions have truly been able to go beyond the boundaries of race, religion and color and compete in friendship and peace.










about author

Yutainten M. Commun

198601312008012002

Subbagian Fasilitasi Pemasyarakatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Komentar (5)

  • Paijo

    27 November 2014, 10:15:14

    IEYI banyak memberikan kenangan dan pengalaman berharga bagi siswa peserta maupun guru pembimbing. Kami berbagi cerita pengalaman untuk saling memotivasi dan menginspirasi satu sama lain.
    IEYI kali ini sangat istimewa untuk saya pribadi karena anak saya (Baskara) mengikutkan 2 karya di IEYI dan 1 karya di NYIA, dan semuanya mendapat penghargaan. Medali perak dan medali perunggu IEYI, dan spesial award NYIA.
    Terimakasih kepada Pak Budi dan seluruh panitia yang telah memfasilitasi peserta dan pembimbing sehingga kami dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan lancar.

  • Yutainten

    25 November 2014, 10:33:30

    Terima kasih Ibu Gilang. Sungguh pameran kemarin adalah pengalaman yang berharga bagi kita semua dan kami tunggu partisipasi ibu dalam kegiatan-kegiatan LIPI selanjutnya :).



  • Sri Gilang Muhammad S.R.P.

    24 November 2014, 14:33:13

    Yth. Ibu Yutainten.


    Saya, Gilang. Saya adalah guru pembimbing salah satu delegasi Indonesia dalam IEYI 2014 ini. Sebagaimana yang telah Ibu Yuta tuliskan dalam kolom ini, saya dan siswa-siswa saya pun memiliki kenangan yang luar biasa dalam event IEYI 2014 ini. Bagi sekolah kami ini adalah kompetisi ilmiah tingkat Internasional pertama yang kami ikuti. Bagi saya dan siswa-siswa saya pengalaman keikutsertaan dalam IEYI 2014 telah memberikan pengalaman yang berharga. Tetapi yang paling membahagiakan adalah ketika kami kembali ke sekolah setelah kompetisi, ada siswa-siswa kelas 7 yang menemui saya dan mereka sangat antusias ingin aktif dalam Kelompok Ilmiah Remaja agar bisa menjadi inventor muda seperti kakak kelasnya yang berkompetisi di IEYI 2014. Seperti yang anda tuliskan, saya merasakan sendiri bahwa kegiatan ini memberikan inspirasi bagi generasi muda kita.
    Terima kasih kepada LIPI yang telah memberi kami kesempatan berkompetisi di ajang IEYI 2014 ini. Semoga LIPI bisa terus berkembang dan semakin baik dalam pembinaan ilmiah remaja di Indonesia. Sampaikan salam hormat dan terima kasih saya kepada semua panitia IEYI 2014 yang telah bekerja luar biasa hebat dalam pembinaan ilmiah remaja Indonesia.

  • Yutainten

    11 November 2014, 13:20:11

    Iya Adib....Proud for having you as a reliable Liaison Officer...well done and great job :)

  • Adib Hasan

    11 November 2014, 09:30:20

    Proud to be one of Liaison Officer on IEYI Event!!!

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher