Blog Sivitas

Setiap pasangan pasti memiliki masalahnya masing-masing. Ada yang diluar terlihat begitu bahagia padahal di dalam hati menyimpan rasa sakit. Ada juga yang dengan terang- terangan menunjukkan perasaan mereka. Dalam sebuah hubungan memang sering dihadapi pada situasi dimana adanya perbedaan pendapat. Hal-hal kecil pun kerap jadi pemicunya dan berujung menjadi masalah besar. Memang kita tidak akan bisa memastikan bahwa hubungan yang sudah kalian bangun dengan pacar,suami maupun istri akan terus bahagia karena pasti akan ada lika-liku kehidupan untuk dijalani bersama.



Disaat kalian sedang bertengkar, kalian pasti akan merasa sedih, kecewa dan kesal. Kedua belah pihak pun enggan untuk mengalah. Bahkan kata bijak kecewa yang dulu sering kalian baca pun terkesan tidak artinya karena ego yang terlalu tinggi. Lantas, apakah kalian akan membiarkan hubungan kalian tetap dalam situasi yang dingin? Berikut adalah 4 hal yang bisa kalian lakukan :

 

1.     Me time

Daripada kalian saling beradu argument dan saling menyalahkan, cobalah beri jeda sejenak dengan menenangkan diri masing-masing. Kalian bisa mencoba untuk menikmati watu sendiri atau yang dikenal dengan istilah ‘me-time’ untuk meredakan emosi sejenak.


2.     Komunikasi dengan Bahasa yang baik

Setelah kalian merasa lebih baik dan tenang, ajaklah pasangan kalian untuk duduk dan membicarakan masalah yang sedang terjadi. Katakan apa yang kalian rasakan dan begitu pula sebaliknya. Usahakan gunakan Bahasa yang baik dengan nada yang tidak keras.


3.     Menerima dan memahami

Saat komunikasi sudah berjalan lancer, cobalah untuk belajar menerima dan memahami dengan tidak saling menyalahkan. Daripada saling menyalahkan, lebih baik saling berkaca pada diri sendiri dan minta maaf untuk meredakan ketegangan yang terjadi


4.     Luangkan waktu bersama

Kini saatnya untuk ‘cooling down’ suasana panas yang sudah terjadi dengan meluangkan waktu bersama. Kalian bisa mencoba untuk menonton film bersama, makan malam romantic atau berjalan-jalan ke tempat wisata untuk menumbuhkan kembali suasana hangat yang sempat dingin karena masalah.

 

Memang tidak akan mudah untuk mengalah dengan ego sendiri apalagi di saat emosi diri belum terkontrol dengan baik. Namun, jika kedua belah pihak tidak ada yang mau mengalah maka permasalahan pun akan berlarut-larut tanpa adanya penyelesaian yang jelas. Hal seperti inilah yang akan memicu keretakan dalam sebuah hubungan. Cobalah untuk belajar melihat sesuatu secara matang terutama bagi yang sudah berumah tangga. Jangan sampai ego yang besar malah membuat rumah tangga tidak akur yang akan mempengaruhi tumbuh kembang anak. Jangan jadikan anak sebagai korban. Duduklah dan komunikasikan setiap permasalahan yang ada dengan kepala dingin lewat kata bijak kecewa pada suami. Maka dengan cara ini kalian sudah mengambil langkah tepat untuk menjaga hubungan yang sudah kalian bangun.

about author

Badru Taufik

197201142009101001

Biro Umum

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher