Blog Sivitas

Nokia katanya akan merilis sebuah smartphone entry-level baru bernama Nokia 2.3. Smartphone ini dijual kepasaran dengan memakai jenis chipset Mediatek MT6761 Helio A22 yang dipadukan dengan jenis processor Quad Core 2.0 Ghz Cortex-A53 serta GPU PowerVR GE8320.

Untuk memperkuat dapur pacunya, Nokia 2.3 juga dibekali Ram berkapasitas 2GB dan memori internal 32GB. Dari spesifikasi tersebut bisa kita pahami bahwa smartphone ini diperuntukan pada segmen entry-level dengan harga tak sampai 2 juta rupiah. Jadi meskipun murah, tetapi untuk urusan multitasking, HP ini tidak perlu dipertanyakan lagi.

Yup, harga Nokia 2.3 memang sangat murah dan terjangkau. Namun kita harus puas dengan spesifikasi yang tergolong standar atau bahkan biasa saja. Untungnya untuk layar Nokia 2.3 sudah memakai panel IPS beresolusi HD 720 x 1520 Pixels yang punya tingkat kerapatan 271 ppi.

Menariknya lagi, Nokia 2.3 adalah bagian dari project Android One. Itu artinya smartphone ini akan mendapatkan update secara pasti dari Google. Nokia juga memastikan Nokia 2.3 akan mendapatkan update Android 10.

Namun untuk saat ini masih memakai Androd Pie 9.0. Yang spesial dari Nokia 2.3 yaitu dari sisi baterainya. Smartphone ini memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh yang diklaim dan dinilai dapat bertahan hingga 2 hari.

Sayangnya ponsel ini tidak support dengan fitur Fast Charging dan hanya dibelai charger bawaan 5W. Dengan charger 5W, tentu mengisi baterai dari 0% sampai 100% akan membutuhkan waktu cukup lama. Lalu untuk sektok fotografi disematkan dengan fitur Dual Kamera yang memadukan lensa 13 Megapixel dengan aperture f/2.2 dan depth sensor 2 Megapixel.

Adanya fitur dua kamera belakang patut diapresiasi, mengingat harga Nokia 2.3 cukup terjangkau. Kemudian untuk kamera depannya memiliki resolusi 5 Megapixel dengan aperture f/2.2 dan sudah support juga fitur unggulan seperti Face Unlock sebagai sistem keamanan utama. Harga Nokia 2.3 yang murah menjadikan smartphone ini belum dibekali fitur Fingerprint Sensor.

Kekurangan ini tentu akan tertutupi oleh hadirnya fitur Face Unlock yang bisa mendeteksi muka secara cepat dan akurat. Konektivitas Nokia 2.3 juga sangat komplit dan lengkap. Smartphone ini telah dibekali fitur Dual Sim yang suda support jaringan 5G. Lalu ada pula Wi-Fi 802.11n, Bluetooth 5.0, microUSB, FM radio serta headphone jack. Jadi tidak perlu takut lagi untuk merasakan lemotnya internet pada HP ini.

Sayangnya Nokia tidak menyematkan HP ini dengan fitur NFC. Dari segi desain juga cukup lumayan, meski bodinya terbuat dari bahan polycarbonat dengan dimensi panjang 157.7mm, lebar 75.4mm, dan ketebalan 8.7mm. Lalu pada bobotnya seberat 183 gram. Jadi bisa dikatakan, smartphone ini cukup ringan walau punya kapasitas baterai yang lumayan besar.

Seperti yang sudah kita ketahui dan bahas di atas, spesifikasi Nokia 2.3 memang tidak terlalu tinggi dan spesial. Pasalnya smartphone ini memang diuntukan pada pasar segmen entry-level yang otomatis membuat harga Nokia 2.3 sangat murah dan terjangkau. 

Nokia belum memberikan informasi tentang harga Nokia 2.3 di Indonesia. Kabarnya smartphone ini akan dipasarkan dengan harga sekitar 110 Euro atau sama dengan Rp. 1.7 Jutaan. Harga Nokia 2.3 tersebut memang sangat terjangkau, namun Nokia harus bersaing melawan Redmi Note 8 serta Realme C2 yang sama-sama ada di rentang harga angka 1 Jutaan.

Saat ini Nokia memang belum memperlihatkan keseriusan mereka yang sebenarnya. Nokia masih kalah dari perusahaan asal China yang sukses menguasai pasar Indonesia. Semoga dengan hadirnya Nokia 2.3 di Indonesia akan dapat kampus poker online merubah sedikit kiprah Nokia untuk naik kembali menjadi raja ponsel di dunia. 

about author

Dadang Kusnandar

196012121983031018

Biro Umum

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher