Blog Sivitas

Administrasi merupakan satu bentuk kegiatan yang berkaitan dengan peraturan dan kebijakan organisasi atau perusahaan tertentu. Kegiatan administrasi antara lain seperti notulensi, surat menyurat, pembukuan, dan lain sebagainya.

Dapat dikatakan kalau administrasi merupakan aktifitas teknis yang berkaitan dengan tata usaha. Pengertian administrasi secara garis besar juga mencakup proses kerjasasama dari dua orang atau lebih untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan, seperti berikut ini:

·         Untuk Planning Atau Perencanaan

Administrasi mempunyai fungsi planning atau perencanaan yang dibutuhkan oleh perusahaan atau organisasi. Planning yang dimaksudkan administrator antara lain dilakukanya pengumpulan data, pengolahan data, dan penyusunan perencanaan berdasarkan hasil analisis data.

Perencanaan yang selanjutnya dijabarkan ke dalam teknik-teknik kerja yang lebih efektif guna mencapai tujuan perusahaan. Bila dijumpai adanya kelemahan, bagian itu segera diperbaiki atau ditutup.

·         Untuk Organizing Atau Penyusunan

Administrasi merupakan kegiatan yang mempunyai guna orgaizing atau penyusunan. Kegiatan ini berupa menyusun, membangun, dan melaksanakan langkah komunikasi kerja dengan setiap anggota di dalam perusahaan.

Komunikasi dikerjakan secara sistematis sesuai dengan job desk masing-masing guna mencapai kesatuan usaha. Pelaksanaan komunikasi juga dipastikan dengan job desk masing-masing supaya tidak terjadi miss komunikasi.

·         Untuk Coordinating Atau Kordinasi

Administrasi memiliki maksud Coordinating yang mana didalamnya ada sejumlah aktifitas untuk melaksanakan dengan baik rencana-rencana perusahaan. Fungsi koordinasi yang akutar dapat menghindarkan perusahaan dari bentrok, konflik internal dan eksternal, sampai tidak tercapainya target kerja.

Komunikasi yang baik dalam proses koordinasi akan memperoleh kerjasama yang maksimal dari semua lini. Sampai nantinya tercapailah tujuan perusahaan atau organisasi dari melakukan aktifitas tertentu.

·         Untuk Reporting Atau Laporan

Aktifitas administrasi juga memiliki maksud dalam fungsi Reporting. Aktifitas ini merupakan satu kegiatan penyampaiakan laporan perkembangan hasil dari suatu kegiatan. Di dalam laporan juga akan tercantumkan data-data sesuai fakta.

Di mana data tersebut selanjutnya dipakai untuk melihat potensi ke depan dari hasil produksi. Laporan tersebut bisa berbentuk berupa file tertulis, lisan, atau pun audio dan juga video. Laporan umumnya akan disampaikan hanya kepada petinggi organisasi yang mempunyai wewenang untuk membuat kebijakan.

·         Untuk Budgeting Atau Penyusunan Anggaran

Di dalam administrasi juga akan terekam fungsi seputar budgeting. Fungsi ini berkaitan dengan kegiatan suatu perencanaan anggatan untuk melaksanakan kegiatan. Ketika petinggi mendapatkan laporan, mereka akan mengamati budgeting sesuai atau tidak dengan hasil produksi.

Mereka kemudian bisa menjadikan kebijakan seperti memangkas anggatan, menambah, atau tidak mengubah jumlah anggaran yang telah tersedia. Dari hasil laporan itu, perusahaan dapat melihat bahwa budgeting yang dipastikan sebelumnya berfungsi efektif atau tidak. Kalau tidak, umumnya mereka akan segera menjadikan langkah krusial untuk menyelamatkan anggaran.

·         Untuk Staffing Atau Penempatan

Satu aktifitas staffing merupakan kegiatan dalam penempatan sumber daya manusia dan hal-hal lainnya yang berkaitan langsung dengan kinerja perusahaan. Perusahaan bisa memutuskan merekrut, menetapkan, dan menempatkan pegawai ke suatu bidang tertentu.

Dengan melihat catatan kerja, mereka juga bisa menjadikan kebijakan pengembangan kemampuan dengan melihat catatan potensi dan prestasi yang telah diperlihatkan oleh staff dan akhirnya mereka dapat menuju jenjang yang lebih tinggi.

·         Untuk Directing  Atau Pengarahan Atau Bimbingan

Administrasi menyimpan aspek Directing, yang mana dalam aktifitas ini merupakan bentuk interaksi antar staff perusahaan untuk saling memberikan saran, kritik, dan perintah-perintah yang berkaitan dengan tugasnya.

Dengan memperhatikan hasil kerja sebelumnya, maka satu sama lain mereka bisa saling mengingatkan sesuai dengan kapasitas masing-masing. Mereka juga dapat mulai menambah target kerja dengan tujuan untuk mencapai tujuan yang telah juga ditetapkan.

 uma

about author

Dadang Kusnandar

196012121983031018

Biro Umum

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher