Blog Sivitas


Umbul Ponggok merupakan salah satu tempat wisata air di Klaten, Jawa Tengah. Umbul Ponggok termasuk sebagai tempat wisata dengan kolam yang berukuran 50 x 25 meter pada kedalaman air sekitar 1,5 sampai pada 2,5 meter.

Wisata yang satu ini pasti selalu ramai didatangi oleh para wisatawan karena mampu menyediakan tampilan wisata yang sangat unik dan keren.

Ada di desa Ponggok kecamatan Polanharjo, Umbul Ponggok menjadi tempat wisata yang dicari wisatawan dari berbagai area karena keunikannya.

Selain untuk berenang, Umbul Ponggok dapat jadi tempat yang asyik untuk snorkeling karena tidak ada gelombang seperti saat snorkeling di laut. Hal inilah yang membuat banyak orang langsung jatuh cinta saat pertama kali datang kesini, bukan karena wilayahnya yang mudah untuk ditempuh dan dilalui, tapi karena tampilan wisatanya yang sangat indah dan memukau banyak orang.

Umbul Ponggok juga punya beragam keunikan yang lain yang membuat tempat wisata ini tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan. Maka dari itu, mari perhatikan ulasan di bawah ini untuk tahu alasan kenapa wisata Umbul Ponggok menjadi salah satu tempat wisata yang terbaik dan ramai didatangi oleh para wisatawan.

  • Tidak Hanya Sebagai Kolam Renang Biasa

Wisata Umbul Ponggok tidak seperti kolam-kolam renang pada biasanya, kolam ini memiliki dasar berupa pasir dan beberapa bebatuan, bukan lantai keramik seperti kolam renang biasanya. Air Umbul Ponggok juga sangat jernih serta sangat besar sekali. Inilah yang membuat tempat ini selalu ramai didatangi oleh para wisatawan.

Selain itu, saat berenang di kolam ini akan dimanjakan dengan semua macam ikan yang berenang di kolam Umbul Ponggok ini, yang serasa mengajak kita untuk ikut bermain serta merasakan segarnya air kolam Umbul Ponggok.

  • Spot Untuk Berfoto Yang Anti Mainstream

Ikan-ikan yang terdapat di Umbul Ponggok menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Hal ini menarik wisatawan untuk foto dalam air atau underwater. Selain itu, Umbul Ponggok juga memberikan banyak spot-spot bagus agar foto underwater kian anti-mainstream.

Kalau kamu memang berminat untuk berwisata air pada Umbul Ponggok, tetapi tidak memiliki waktu untuk mengunjunginya, jangan cemas karena kamu bisa menggunakan kesegaran Umbul Ponggok di rumahmu, terutama pada kolam renangp pribadi pada rumah.

  • Punya Sejarah Yang Sangat Unik

Umbul Ponggok adalah salah satu tempat wisata yang memiliki sejarah menarik. Di Desa Ponggok berdiri Pabrik Gula Ponggok (Suikerfabriek Ponggok). Letak pabrik gula itu juga tidak jauh dari kolam Umbul Ponggok yang sekarang, tepatnya ada di seberang jalan raya, pada arah timur kolam Umbul Ponggok game judi pulsa.

Tetapi pada tahun 1930an, pabrik gula itu di tutup karena kondisi ekonomi, sosial politik dunia yang tidak stabil. Umbul Ponggok adalah salah satu lambang kejayaan pabrik gula tersebut. Wisata Umbul Ponggok awal mulanya adalah sebuah water reservoir yang dimanfaatkan untuk menyimpan air guna kebutuhan kerja pabrik gula Ponggok serta  pabrik gula Karanganom.

Selain itu juga dipakai  untuk pengairan perkebunan tebu di berbagai daerah seperti Polanharjo, Ceper, Karanganom, serta didekatnya. Setelah pabrik tutup, Umbul Ponggok digunakan untuk pengairan perkebunan dan sawah para warga sekitar sampai pada saat ini.

Masyarakat sering memberi sebutan yakni Umbul Ponggok karena sumber airnya berasal dari air alami yang memiliki kualitas serta kejernihan yang tinggi untuk kebutuhan air minum warga serta pengairan warga lokal daerah tersebut.

about author

Dadang Kusnandar

196012121983031018

Biro Umum

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher