Blog Sivitas

Bagi mereka yang bekerja di bidang video editing pasti sudah tidak asing lagi dengan kedua software ini Adobe Premiere Pro 2019 CC Full Version dan juga Sony Vegas Pro. Bergelut di dunia editing memang membutuhkan dasar-dasar skill software yang cukup baik karena saat memproduksi sebuah video, kita juga harus mahir dalam mengaplikasikan tools yang ada pada software agar menghasilkan hasil video yang menarik. Dari banyak software edit video yang ada, memang dua software ini paling sering digunakan. Tidak heran, bila banyak yang membandingkan kedua performa software ini. Dari segi fungsi dan kegunaan, jelas kedua software ini memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai software khusus untuk membantu dalam pengeditan video. Namun, baik Adobe maupun Sony menghadirkan tampilan serta fitur-fitur yang jauh berbeda satu sama lain.

 

Dari segi tampilan, Sony Vegas memang terkenal begitu konsisten. Dari tahun ke tahun, software ini memiliki tampilan yang sama dimana mengambil nuansa yang sederhana sehingga memudahkan pengguna untuk mengoperasikan software ini. Di sisi lain, Adobe Premiere memiliki tampilan yang jauh lebih modern dan memang tata letak tools yang beragam membuat Adobe terkesan rumit untuk digunakan. Fitur-fitur Adobe Premiere juga tidak kalah menarik karena mendukung kualitas editing video hingga 4K dan mendukung berbagai jenis format file audio maupun video baik pada Mac OS maupun Windows. Hampir mirip dengan Adobe, Sony juga mendukung banyak format video untuk footage, audio dan video FX serta timeline yang sederhana.

 

Untuk efek-efek yang ada pada setiap software, Sony memberikan kemudahan penggunanya dengan memberikan tampilan preview mengenai setiap pilihan efek yang ada. Hanya saja untuk Adobe Premiere kalian harus mencobanya satu per satu untuk eksperimen. Animasi juga harus kalian kreasikan sendiri bila menggunakan Adobe. Tetapi jika kalian ingin lebih praktis, kalian bisa menggunakan Sony Vegas Pro karena sudah menyediakan berbagai fitur animasi. Karena mengusung tampilan yang simple, ukuran instalasi Sony Vegas jauh lebih ringan dengan ukuran 300 hingga 400mb. Sedangkan Adobe memakan hingga 2GB untuk file instalasinya.

 

Jika ingin membandingkan kedua software, rasanya kurang lengkap bila belum

menyebutkan setiap kelebihan serta kekurang dari Adobe dan juga Sony. Jika kalian sudah download Adobe Premiere Pro Full Version pasti sudah tahu bahwa software ini memiliki tools yang beraga, tampilan yang modern, dapat digunakan untuk edit video dengan ukuran yang berbeda, serta efeknya pun bisa kalian edit sesuai keinginan. Hanya saja, memang untuk menggunakan software ini harus membutuhkan PC yang berspesifikasi tinggi karena file install yang besar. Bahkan bagi pemula, mungkin software ini terkesan sulit untuk digunakan. Di sisi lain, Sony Vegas Pro hadir sebagai opsi lain bagi pemula bila merasa kesulitan menggunakan Adobe Premiere. Sony didesain dengan tampilan yang user-friendly, menyediakan preview efek, ukuran file yang tidak begitu besar dan mudah untuk dioperasikan. Sedangkan kekurangan dari software ini adalah memiliki tampilan yang terkesan tidak up-to-date, review video yang sangat kecil dan lagi-lagi sama seperti Adobe dimana membutuhkan PC yang berspesifikasi tinggi.

 

Sebenarnya kedua software nyaman digunakan untuk mengedit video, namun hanya saja semua kembali lagi pada selera dari pengguna seperti apa. Tidak ada salahnya jika kalian mencoba keduanya karena memahami banyak software edit video tentu akan menambah skill kalian. 

about author

Badru Taufik

197201142009101001

Biro Umum

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher