Blog Sivitas


Sejak dipelajari bahwa bumi merupakan sebuah planet,ada banyak kandungan kimiawi pada atmosfer setelah mulai mekakukan revolusi. Karbondioksida telah mulai menurun secara drastis pada angka 4.500 dan 3.000 jutaan tahun yang lampau. Sedangkan kenaikan pada nitrogen juga mengalami hal yang sama seiring dengan hal itu terjadi.

Tingkat oksigen mulai naik pada saat yang bersamaan sebab otosintesis tumbuhan jaman dahulu yang menggunakan CO2 dan keluarnya oksigen. Atmosfer adalah lapisan gas yang menyelaputi sebuah planet, termasuk juga planet bumi, dari mulai permukaan planet tersebut sampai dengan keluar angkasa.

Di bumi, atmosfer ada pada ketinggian 0km di atas permukaan tanah, sampai dengan sekitar 560km diatas permukaan bumi. Sedangkan atmosfer tersebut terdiri dari beberapa lapisan, yang dikenal berdasarkan fenomena-fenomena yang terjadi pada lapisan yang ada. Maka melalui hal ini manusia akan bisa mempelajari dan mendapat kesimpulan.

Kita sebagai makhluk hidup yang tinggal di bumi pasti mamerlukan oksigen untuk bernafas. Sedangkan oksigen yang kita hirup itu berasal dari lapisan atmosfer yang ada. Udara yang mengitari bumi terdiri atas 78% nitrogen, 21% oksigen, serta 1% gas lain yang di dalamnya ada juga uap air dan juga karbondioksida. Beberapa penjelasan dari atmosfer bumi antara lain sebagai berikut:

·         Lapisan Troposfer

Jenis lapisan yang satu ini sangat berkaitan dengan cuaca yang ada dibumi. Sebab pada yang satu ini terdapat adanya perubahan suhu, tekanan, dan juga kadar uap air. Pada batas troposfer, ada sebuah zona pemisah antara troposfer dengan stratosfer yang berikutnya dikenal tropopause. Semakin menjulang ke atas, temperatur pada troposfer menurun secara sama sampai dengan ketinggian tropopause.

·         Lapisan Stratosfer

Panjang lapisan atmosfer bumi jenis ini berupa sekitar 15km sampai dengan angka 40km di atas permukaan bumi. Inilah zona dikenal dengan aliran udara terasa kuat dan bergerak dengan cepat sekali. Hingga mampu mencapai kecepatan angka 400km/jam. Temperatur pada lapisan yang satu ini naik dari tingkat bawah -60 C pada ketinggian 15km sampai dengan ke tingkat atas 00 C pada ketinggian 40km. Pada lapisan yang satu ini juga terdapat lapisan ozon berupa O3.

·         Lapisan Mesosfer

Tebal lapisan yang satu ini mencapai angka 40km sampai dengan sekitar 70km di atas permukaan bumi. Suhu pada lapisan yang satu ini mulai dari 0 C pada ketinggian 40km sampai dengan tingkat bawah -90 C pada ketinggian sekitar 75 sampai dengan 80km ke atas livescore bola.

·         Lapisan Termosfer

Lapisan atmosfer bumi yang selanjutnya bernama termosfer, dengan daerah yang meluas dari mulai 70km sampai dengan 400km di atas permukaan bumi. Pada area ini udaranya sudah sangat menipis. Lapisan termosfer ini tak jarang disebut dengan lapisan ionosfer. Sebab  terpapar langsung oleh radiasi dari ruang angkasa maupun matahari.

Temperatur pada lapisan ini naik berbarengan dengan ketinggian sampai dengan level 1500K sampai dengan 200K. Sehingga banyak molekul serta atom-atom yang terionisasi. Namun dengan seperti itu, akan selalu terjadi keseimbangan yang disebabkan adanya electron bebas sampai dengan cepatnya merekombinasi kembali beserta dengan ion-ion tersebut.

·         Lapisan Eksosfer

Ini adala lapisan atmosfer paling luar yang menyeliputi bumi, Lapisan jenis ini pada umumnya berada pada ketinggian 400km keatas. Lapisan ini adalah lapisan yang biasanya pertama kali terkna benturan dari berbagai batuan meteiroid dari luar angkasa. Sehingga sangat berperan penting dalam melindungi bumi dari benturan batuan angkasa yang sangat mematikan. Untuk itulah kita perlu menjaga keseimbangan alam dengan menjaga lingkungan.

 

about author

Dadang Kusnandar

196012121983031018

Biro Umum

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher