Blog Sivitas

Umumnya sebagian besar masyarakat lebih tau dengan profesi web developer, namun pernahkah kalian mencari tau mengenai mobile developer? Meskipun sama layaknya seorang pengembang bidang digital teknologi tetapi peran dan tujuan dari dua profesi itu jauh berbeda sehingga harus dicermati sebaik mungkin.

Terlebih lagi jika kalian memang mau terjun ke bidang tersebut serta menjadi seorang profesional maka sebaiknya pahami dahulu beberapa kemampuan penting untuk mobile developer.

Kalian tidak akan pernah bisa merasakan segala bentuk fitur, keunggulan serta manfaat dari smartphone Android maupun iOS tanpa ada seorang mobile developer.

Mereka adalah seorang yang ahli di bidang programming terlatih yang peran utamanya merancang aplikasi pada ponsel pintar. Prinsip pekerjaan tersebut yakni untuk mendesain serta menerapkan rekayasa tentang perangkat lunak.

Yang lebih menariknya lagi, mobile developer mampu memahami berbagai sistem dan bahasa program sekaligus menghubungkan satu dengan lainnya. Bahkan mereka tidak hanya mengurusi serta menjaga sistem yang sudah terdapat saja melainkan menciptakan jenis aplikasi baru. Misalnya saja pada program gaming, widget, atau lain sebagainya.

Peran penting lainnya yakni wajib bertanggung jawab atas pengembangan aplikasi iOS serta Android seperti versi sistem operasi aplikasinya. Saat ada bagian error atau tidak bisa diakses pada aplikasi itu maka pihak inilah yang memperbaikinya juga.

Tidak sedikit orang berminat untuk menjadi mobile developer. Selain karena hobi di bidang programming, masyarakat sangat terpikat akan penghasilan berlimpah yang dihasilkan suatu perusahaan besar. Terlebih lagi saat kalian berhasil diterima bekerja sebagai developer di kantor bergengsi serta  terkenal atau mungkin levelnya sudah mencangkup dunia internasional.

Tidaklah heran kalau era sekarang sudah dibuka sekolah, kursus serta jurusan IT di universitas seluruh Indonesia karena peminatnya juga bertambah pesat.

Untuk menjadi developer handal maka wajib mencermati berbagai hal, terutama skill khusus yang harus dimiliki. Jangan sampai kalian buta akan pengetahuan, asal terjun dalam bidang tersebut sehingga akan menimbulkan kegagalan dengan cepat.

  • Memahami Mengenai Database

Skill penting pertama yaitu dengan menguasai database supaya ponsel tersebut bekerja lancar, aksesnya cepat dan tidak cepat error. Apalagi saat dipakai untuk browsing, bermain games dan aktivitas online berat lainnya.

Mungkin kalian kerap mengalami kendala waktu memakai sebuah aplikasi, salah satunya mancet atau mati tiba-tiba karena kelebihan data. Kelak sang developer akan melakukan sinkronisasi semua data di penyimpanan lokal serta remote database.

  • Memahami Mengenai APIS

APIs, adalah salah satu skill penting untuk mobile developer untuk menyatukan satu jenis service dengan lainnya. Saat memakai API maka secara otomatis mesin pencari Google membaca atau menghubungkannya dengan APIs milik mereka.

Seperti fungsi Google Maps dari ponsel langsung terhubung secara online, mencari lokasi atau area tempat kalian berada pada saat itu. Jika sistem ini dibuat dengan baik maka proses mengeksplor informasi dengan lancar dan maksimal.

  • Memahami Mengenai Android

Lalu skill dengan perangkat Android Studio atau IDE integrated development environment. Tujuannya untuk merancang serta mendukung perkembangan sistem pada ponsel pada perangkat Android. Seorang developer nantinya akan memelajari kode debug untuk mencari tau semua kesalahan dalam sistem serta berbagai macam tools lain nya.

  • Memahami Mengenai Programming

Salah satu dari skill yang terakhir ini yaitu pengetahuan dasar mengenai programming, contohnya XML dan JAVA. Banyak sumber informasi dapat diperoleh lewat artikel, buku, majalah IT, bahkan cara di Youtube. 

Harga Samsung Terbaru


about author

Dadang Kusnandar

196012121983031018

Biro Umum

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher