Blog Sivitas

1. Cara Masuk Peneliti Online



Cara masuk ke Peneliti Online ada 2; pertama jika anda Pegawai LIPI maka cukup masuk ke Intra LIPI, kemudian pilih menu fungsionalku (deretan tulisan kecil) pada bagian atas jendela, klik, dan anda telah masuk Peneliti online.



Namun pastikan data anda sebagai Peneliti telah masuk di dalam sistem Peneliti Online, jika belum, maka anda harus menghubungi operator Peneliti Online di Satker anda untuk minta diaktifkan atau langsung menghubungi Operator PUSBINDIKLAT PENELITI LIPI bagian Fungsional Peneliti. Umumnya untuk Kandidat Peneliti belum mendapatkan akses ini, sehingga harus minta diaktifkan terlebih dahulu.



Cara kedua, klik di google http://peneliti.lipi.go.id/, setelah masuk kemudian lihat di pojok kanan bawah jendela ada tulisan AKSES MASUK, isi nama pemakai, kata sandi, dan kunci dinamis, kunci dinamis ini telah tersedia kodenya dibawah kolom tinggal dimasukan). Jika anda Pegawai LIPI, maka nama pemakai dan kata sandi untuk Peneliti Online adalah sama dengan nama pemakai dan kata sandi untuk masuk Intra LIPI.
2. Cara memasukkan angka kredit



Untuk memasukkan angka kredit, setelah masuk Peneliti Online selanjutnya klik menu ANGKA KREDIT FP pada pojok kanan atas dibawah DATA DIRI, setelah itu akan muncul Tabel (menampilkan Jumlah Ajuan, TP2U, TP2I, TP3), diatas tabel ini ada tulisan Membuat ajuan angka kredit baru, klik menu ini, otomatis akan muncul tabel Butir Kegiatan. Selanjutnya silahkan isi butir kegiatan yang sesuai dengan yang akan anda ajukan (dengan cara klik saja kata-kata/kalimat butir kegiatan yang ada (berwarna biru) yang sesuai ajuan anda), dengan catatan anda harus sudah mengisi dan melengkapi dokumen pada menu publikasiku dan kegiatanku di INTRA LIPI, karena dokumen yang akan diajukan akan ditarik dari 2 menu tersebut, jika sudah selanjutnya masukkan publikasi dan kegiatan yang sesuai (yang sudah anda masukkan di publikasiku dan kegiatanku akan muncul pada pilihan dan tinggal anda pilih, kode P artinya Publikasi dan K artinya Kegiatan, ketik nilai yang sesuai dengan Juknis Peneliti pada kolom nilai yang tersedia, kemudian pilih Simpan, untuk Hapus pilih Hapus kemudian Simpan lagi. Pastikan pula anda mengklik menu SIMPAN DAN TAMPILKAN REKAPITULASI TERBARU di bagian atas Jendela(lihat atas) Karena proses penyimpanan harus dilakukan 2 kali agar data tidak hilang.



Jika semua telah terisi sesuai dengan yang anda ajukan, tinggal di lihat kolom paling bawah dari butir kegiatan dimana akan muncul Jumlah nilai ajuan angka kredit anda. Pastikan jumlahnya benar, jika anda sudah benar-benar yakin dengan nilai ajuan yang anda masukkan, maka kirim ke Operator Satker TP2U (Tim Penilai Peneliti Unit) Puslit anda dengan cara mengklik nama Operator kantor anda yang sesuai (tersedia di bagian bawah, misalnya Ayurisya Dominata untuk P2 Bioteknologi). Jika sudah, klik kolom pernyataan, kemudian pilih Kirim ke Operator TP2U Satker dengan cara klik OKE.



Catatan : sebelum bisa mengisi rangkaian Butir Kegiatan ini pastikan anda sudah mengisi PUBLIKASIKU dan KEGIATANKU di INTRA LIPI. Pastikan pula seluruh data PUBLIKASIKU dan KEGIATANKU telah terkonversi dengan cara mengklik menu ini di Peneliti Online.



Karena data ini saling terintegrasi, sebelum mengisi Peneliti Online, yang pertama harus anda lakukan adalah melakukan Scanning seluruh bukti-bukti kegiatan yang akan diajukan, apakah itu dalam bentuk Jurnal, Ijazah, Sertifikat, Surat Undangan, dll, apapun itu yang menjadi syarat ajuan butir kegiatan.



Jika semuanya sudah di Scan, pastikan pula anda sudah memasukkannya kedalam PUBLIKASIKU dan KEGIATANKU di INTRA LIPI.
Karena proses ini cukup memakan waktu, disarankan anda melakukan ini jauh-jauh hari sebelum deadline masa ajuan atau anda menyiapkan waktu khusus untuk melakukan pengisian PUBLIKASIKU dan KEGIATANKU di INTRA LIPI.



3. Cara Memasukkan PUBLIKASIKU dan KEGIATANKU





Pertama, masuk INTRA LIPI, kemudian klik menu publikasi-ku atau kegiatan-ku (pilih diantara deretan tulisan kecil diatas jendela). Selanjutnya klik tulisan : Menambah data baru. Setelah di klik akan muncul semacam blangko formulir yang terdiri dari Tahun Publikasi, Judul, Penulis, Abstrak, Keterangan, Publikasi, Kolaborator, dll. Lengkapi ini semua sesuai data dokumen/jurnal yang anda ajukan, kemudian jika sudah selesai pilih SIMPAN, jika sudah disimpan baru kemudian akan muncul menu diatas Judul untuk mengunggah berkas, tinggal anda klik [ unggah berkas publik ] (artinya jika anda ingin berkas ini terbuka untuk publik), atau [ unggah berkas non-publik ] (artinya jika anda ingin berkas tertutup dan hanya bisa dibaca oleh operator dan Tim Penilai saja). Selanjutnya lakukan pengunggahan berkas dengan memilih file yang sesuai yang telah anda simpan di komputer atau flashdisk, jika sudah selesai pilih lagi SIMPAN.



Sampai disini maka proses pengisian publikasi-ku sudah selesai. Lakukan cara yang sama jika ada dokumen lainnya yang akan dimasukkan lagi. Jika ada 27 butir kegiatan yang anda ajukan, maka 27 butir ini harus semua anda masukkan bukti-buktinya satu persatu.



Namun anda harus menyesuaikan apakah butir kegiatan tersebut masuk publikasi-ku atau kegiatan-ku.
Jika dokumen yang akan dimasukkan berbentuk publikasi seperti jurnal maka masuk publikasiku, untuk selain itu maka dimasukkan kedalam kegiatan-ku.
Cara memasukkan dokumen ke kegiatan-ku prinsipnya sama dengan publikasi-ku. Selamat Mencoba. (Ayurisya/Kepegawaian P2 Bioteknologi)








about author

Ayurisya Dominata S.IP.

198608252009122006

Pusat Penelitian Kebijakan dan Manajemen Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher