Blog Sivitas

File Transfer Protocol atau dikenal dengan sebutan FTP ini, adalah salah satu protokol jaringan pada internet yang memiliki tugas untuk mengirim data didalam jaringan komputer. FTP dikelompokan kedalam dua jenis yaitu FTP Server dan FTP Client.

FTP Server merupakan sebuah komputer yang berguna untuk memberikan layanan atau pertukaran data pada FTP Client, Sedangkan Untuk FTP Client yaitu sebagai penerima maupun pertukaran data dari FTP Server.

Sederhana saja, cara paling mudah untuk tau konsep dari FTP ini adalah di saat kita mengunggah atau mendownload suatu file dari sebuah situs cloud, misalnya saja pada Mediafire, Google drive dan lainnya.

Seperti Ini Sistem Kerja File Transfer Protokol (FTP) Di Dalam Jaringan Protokol

  • FTP bisa support transfer data dari dua arah

Baik server hingga client yang memakai ssitem FTP ini, bisa menerapkan pertukaran data secara dua arah. Maknanya FTP bisa memberikan akses pertukaran data baik dari server ke client dan sebaliknya secara umum.

Misalnya saja saat kamu sedang melakukan proses transfer data untuk akun teman kamu yang berperan sebagai server. Lalu, teman kamu meminta file yang ada pada akun kamu, maka hal itu bisa terjadi selama ada izin yang diijinkan dari kedua belah pihak.

  • Proses transfer dapat tetap dilanjutkan walau pernah mengalami miss koneksi

Perpindahan data memakai sistem FTP sangatlah membutuhkan koneksi internet yang normal sebagai penghubungnya. Lalu, bagaimanakah jika sambungan internetnya terputus diwaktu proses unggah dan unduh berlangsung? Kita tidak perlu cemas akan hal itu, karena FTP dapat meneruskan kembali file yang terpotong ditengah proses transfer. jadi kita tidak harus untuk mengulang proses download atau unggah dari awal lagi cukup dengan hanya menresume nya kembali.

  • Sistem FTP bisa dengan mudah untuk melakukan proses cadangan data

Pada dasarnya untuk bisa memperlihatkan sebuah website, diperlukan sebuah server sebagai sumber alokasi dan penyimpanan data. Tidak ada server yang seterusnya dapat aman serta tidak pernah mengalami kendala. Apalagi jika terjadi masalah misalnya pada data terhapus bahkan hilang begitu saja di website kita.

Maka dari itu, dengan memakai FTP ini kita bisa menyelamatkan website yang kita punyai dengan melakukan backup data.

  • Terdapat proses autentifikasi saat akan mengakses data FTP

Sebelum dapat mengupload sebuah file, mengunduh dan melakukan berbagai aktifitas antar jaringan lainnya, FTP Client diwajibkan melakukan proses autentifikasi pada FTP Server. Authentifikasi ini ada yang termasuk sebuah username dan password Login, yang nantinya akan dipakai untuk bisa mengakses FTP Server.

  • FTP dapat bekerja pada dua mode

Keunukan dari FTP ini ialah bisa digunakan dalam dua mode. Mode yang pertama yaitu pada mode aktif dan yang kedua adalah mode pasif mbo99 slot.

Di mode aktif, client akan menerapkan cek koneksi data yang datang dari server pada area port M. Lalu pada Client akan mengirimkan FTP Comman Port M untuk memberikan informasi di bagian server tentang port mana yang wajib untuk dicermati dan port mana saja yang tidak terlalu penting. Setelah itu barulah server akan menerapkan inisiasi beberapa channel data pada FTP Clien lewat sebuah Port FTP Server.

Sedangkan jika pada mode pasif, bagian ini akan digunakan saat FTP Client berada pada bagian firewall yang tidak bisa menerima koneksi TCP yang sudah banyak datang. 

about author

Dadang Kusnandar

196012121983031018

Biro Umum

Komentar (1)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher