Blog Sivitas

Saat melakukan pengisian peneliti Online, terkadang ada saja masalah teknis yang kita temukan diperjalanan, apakah itu yang berhubungan dengan teknis pengisian maupun berkaitan dengan sistem web yang tersedia, umumnya para Peneliti menjadi bingung bagaimana cara menyelesaikan masalah-masalah teknis ini, tak jarang karena permasalahan-permasalan yang sifatnya teknis dan sebenarnya dapat disiasati ini ajuan fungsional Peneliti malah terhambat.
Dibawah ini saya rangkumkan masalah yang umumnya ditemukan peneliti/kandidat peneliti saat melakukan pengisian Peneliti Online dan bagaimana tips dan triks untuk menghadapinya.



1. Tidak bisa masuk Peneliti Online meskipun sudah dicoba berkali-kali



Jika tidak bisa masuk Peneliti Online, kemungkinannya hanya ada 2; Password dan Username yang anda masukkan salah, atau nama anda memang belum terdaftar dalam sistem Peneliti Online.
Jika masalahnya ada pada Password dan Username yang salah atau anda lupa, maka solusinya hanya satu anda datang ke pengelola jaringan Intra LIPI di Puslit anda masing-masing, kemudian minta di reset, atau minta penggantian password baru.
Jika password dan username sudah benar namun anda tetap saja tidak bisa masuk, artinya nama anda memang belum masuk dalam sistem Peneliti Online, umumnya kasus seperti ini banyak terjadi pada Kandidat Peneliti, untuk itu yang harus anda lakukan adalah segera menghubungi Operator Peneliti Online dikantor anda untuk minta didaftarkan ke PUSBINDIKLAT PENELITI LIPI bagian Fungsional Peneliti.



2. Angka Kredit tidak muncul



Permasalahan lainnya yang paling sering dijumpai para peneliti saat mengisi Peneliti Online adalah Angka Kredit tidak muncul (pada sejumlah kategori tertentu), umumnya kategori yang paling sering mengalami permasalahan pengisian adalah kategori VII. UNSUR PENUNJANG, misalnya VII.B.1.C4 atau VII.B.1.C2, kategori ini adalah 2 kategori yang paling sering dikeluhkan peneliti tidak muncul angka kreditnya saat dimasukkan, mungkin hal ini juga bisa terjadi pada kategori lainnya, tapi dari pengalaman pada kategori inilah yang paling sering bermasalah. Jika seperti ini kasusnya maka solusinya ada 2, solusi pertama, anda coba masukkan kategori yang tidak muncul angka kreditnya tersebut kepada kategori yang mirip atau mendekati sama, misalnya jika angka tidak masuk pada kategori VII.B.1.C4, maka coba masukkan pada kategori VII.B.1.C3 (kategori diatasnya). Jika berhasil maka tinggal disimpan, hanya saja hal ini harus anda jelaskan kepada petugas Operator Satker (TP2U) agar mereka dapat memberi catatan keterangan pada lembar DUPAK dan PAK yang akan dikirim ke BOSDM LIPI sehingga pada saat penilaian TP2I bisa dilakukan klarifikasi kepada Tim Penilai. Solusi kedua yang bisa anda lakukan adalah membuat Butir Kegiatan Manual Peneliti Online dan mengetikkan secara manual nilai-nilai mana saja yang tidak masuk, kemudian diberi penjelasan dikolom keterangan apa permasalahannya. Untuk contoh form yang bisa digunakan bisa anda minta ke Operator Satker atau bisa request langsung ke PUSBINDIKLAT PENELITI.
3. Kategori yang sudah dimasukkan di Intra LIPI (Publikasiku/Kegiatanku) tidak muncul di pilihan sistem Peneliti Online




Jika ini yang terjadi maka kemungkinan butir kegiatan yang sudah anda masukkan di Publikasiku atau Kegiatanku di INTRA LIPI belum terkonversi ke Peneliti Online. Solusinya anda harus melakukan konversi terlebih dahulu data-data Publikasiku dan Fungsionalku dengan cara mengklik 2 akun (Kegiatanku/Publikasiku) ini di Peneliti Online, kemudian konversikan. Pilihan untuk mengkonversi umumnya juga tersedia ditampilan layar bagian atas saat memulai pengisian butir kegiatan. Klik tulisan yang menunjukkan jalan mengkonversi.



4. Bingung cara mengirimkan ajuan kepada Operator Satker (TP2U)



Setelah semua berkas-berkas usulan anda masukkan ke Peneliti Online, tentu harus pula anda kirimkan kepada Operator Peneliti Satker anda (TP2U) agar berkas tersebut dapat di proses, dilakukan penilaian, dan diteruskan ke tahap selanjutnya.
Cara mengirimkan berkas cukup gampang, pada bagian paling bawah layar setelah selesai mengisi butir kegiatan, terdapat pilihan nama-nama petugas operator Satker anda yang sesuai, tinggal anda pilih namanya, kemudian ada semacam pernyataan di klik, kemudian pilih kirim ke operator Satker TP2U, dan kemudian OKE. Jangan lupa pula bahwa meskipun anda sudah melakukan pengusulan secara Online, pengusulan secara manual (berkas Hardcopy) yang melampirkan bukti-bukti juga tetap harus diajukan ke Sub Bagian Kepegawaian masing-masing.



5. Bagaimana cara mengecek perkembangan angka kredit saya



Pembangunan Sistem Peneliti Online salah satu tujuan utamanya adalah untuk transparansi dan mempermudah para Peneliti melakukan pengusulan, pemantauan, dan pengecekan perkembangan nilai usulan fungsional mereka, sehingga harusnya melalui sistem ini, para peneliti yang sudah menjabat, maupun kandidat peneliti yang baru akan diangkat, bisa mengecek secara mandiri ke akun Peneliti Online masing-masing. Dimana pada sistem Peneliti Online telah disedikan informasi tabel perkembangan usulan angka kredit peneliti mulai dari Ajuan, TP2U, TP2I, dan TP3 sehingga para pengusul bisa melihat dan membandingkan sendiri perkembangan nilai angka kredit mereka. Pada layanan Peneliti Online juga terdapat update informasi-informasi penting seputar perkembangan hasil Sidang Tim Penilai sehingga silahkan dibaca dan dimanfaatkan fasilitas informasi ini. Kecuali untuk informasi-informasi yang sifatnya rahasia anda bisa dapatkan langsung ke Sub Bagian Kepegawaian di kantor anda masing-masing, atau umumnya jika ada informasi yang sangat penting, umumnya anda yang akan dihubungi langsung oleh Petugas Operator Peneliti di kantor anda. Namun justru pertanda baik jika anda tidak menerima informasi apa-apa selama masa penilaian angka kredit berlangsung karena jika demikian artinya bisa dipastikan usulan anda tidak ada masalah dan tinggal menunggu kabar baik terbitnya SK dan PAK. (Ayurisya/Analis Kepegawaian/LIPI/2015)


about author

Ayurisya Dominata S.IP.

198608252009122006

Pusat Penelitian Kebijakan dan Manajemen Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher