Blog Sivitas

Mendapatkan beasiswa merupakan impian setiap pelajar untuk bisa menempuh pendidikan lebih tinggi tanpa perlu memikirkan masalah biaya. Masalah biaya menjadi salah satu masalah besar bagi mereka yang ingin kuliah, apalagi kuliah pasca sarjana, namun tidak memiliki dana yang mencukupi. Meski begitu saat ini, pendidikan menjadi prioritas yang penting dan diunggulkan untuk terus ditingkatkan oleh pemerintah. Karenanya kini Anda bisa memilih beasiswa unggulan dari berbagai instansi pemerintah, swasta maupun yayasan yang bisa membantu Anda dalam memenuhi impian melanjutkan kuliah pasca sarjana.

 

Belum memiliki informasi apapun mengenai beasiswa yang bisa Anda dapatkan untuk melanjutkan kuliah pasca sarjana? Berikut ini adalah beberapa daftar beasiswa dari instansi pemerintah, swasta hingga yayasan yang diunggulkan karena memberikan banyak kuota maupun pemenuhan biaya:

 

  1. Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP merupakan beasiswa yang dikeluarkan oleh kementrian keuangan melalui Lembaga Penjamin Dana Pendidikan. Beasiswa LPDP memberikan biaya pendidikan, uang saku, uang buku, tunjangan biaya hidup hingga biaya tiket pulang pergi untuk kuliah pasca sarjana. Merupakan salah satu beasiswa populer karena bisa membawa Anda ke berbagai perguruan tinggi favorit termasuk universitas terbaik di luar negeri. Selain membiayai perkuliahan pasca sarjana, beasiswa LPDP ini juga bisa Anda gunakan untuk membiayai riset ataupun untuk membangun dan memperbaiki fasilitas pendidikan yang dibutuhkan.

 

  1. Beasiswa Dikti

Bagi Anda yang bergelut di bidang pendidikan dan ingin meneruskan pendidikan ke jenjang lebih tinggi untuk bisa mengajar ke level paling atas, maka beasiswa ini cocok untuk Anda. Beasiswa dikti merupakan beasiswa yang ditujukan untuk mereka dengan keilmuan di bidang pendidikan atau yang sudah membuktikan diri di bidang pendidikan. Terdapat beasiswa dosen atau calon dosen, magister dan doktoral untuk mereka yang nantinya ingin menjadi pengajar yang lebih baik. Tujuan dari diberikannya beasiswa dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi ini adalah untuk mewujudkan dunia pendidikan di Indonesia yang lebih baik.

 

  1. Beasiswa PT Djarum

Setiap tahunnya PT Djarum memberikan beasiswa untuk pelajar hingga mahasiswa agar bisa melanjutkan kuliah tanpa biaya. Beasiswa ini bisa digunakan di berbagai jurusan dan universitas. Prestasi merupakan persyaratan yang dibutuhkan untuk mendapatkan beasiswa unggulan berprestasi ini. Selain biaya kuliah, Djarum juga akan memberikan peserta beasiswanya tunjangan hidup, uang kos, uang buku dan lain-lain sehingga akan memudahkan Anda untuk berkonsentrasi pada pendidikan yang ditempuh saja. Salah satu persyaratan lain yang dibutuhkan adalah tidak adanya beasiswa lain yang dimiliki oleh peserta.

 

  1. Beasiswa Kemendikbud Unggulan

Merupakan beasiswa yang dikeluarkan oleh Kemendikbud dan bisa digunakan untuk berbagai jurusan seperti seni, pendidikan, MIPA, arkeologi dan sebagainya. Seperti namanya, untuk mendapatkan beasiswa ini Anda harus menjadi pribadi yang unggul dibandingkan lainnya. Keunggulan ini perlu dibuktikan dengan adanya IPK di atas 3 atau peringkat maksimal 5 dalam berbagai perlombaan. Selain untuk kuliah pasca sarjana, beasiswa ini juga bisa diberikan untuk jenjang S1.

 

Itulah beberapa daftar beasiswa unggulan yang bisa Anda jadikan cara untuk bisa meneruskan kuliah atau kuliah pasca sarjana. dimanapun Anda bisa mengakses beasiswa tersebut karena sekarang ini semua pendaftarannya dilakukan secara online. Setelah mendaftar secara online, baru Anda harus mengupload berbagai berkas yang dibutuhkan. Seleksi administrasi akan dilakukan untuk memeriksa kelengkapan berkas tersebut dan nantinya jika Anda lolos seleksi administrasi akan diberikan surat balasan yang berisi cara untuk melanjutkan tahapan seleksi beasiswa.

about author

Suhaedi A.Md.

196110241984031001

Biro Umum

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher