Blog Sivitas

Jika membicarakan Makanan Khas Betawi tidak akan ada habisnya, karena tanah Betawi memiliki bermacam makanan khas yang memiliki cita rasa memanjakan lidah. Sebut saja kerak telor, lontong sayur, nasi uduk, semur jengkol, laksa betawi, pindang bandeng, dan lain sebagainya merupakan makanan-makanan yang menjadi ciri khas tanah Betawi.

Salah satu kuliner khas yang sangat identik dengan Betawi adalah Soto Betawi. Masakan satu ini merupakan kebanggaan masyarakat Betawi. Kuah santan atau susu yang gurih dengan isian daging sapi, tomat, dan kentang menjadi sajian yang cocok untuk makan siang ataupun makan malam. Apalagi ketika cuaca dingin, makanan berkuah ini sangat cocok disantap dengan nasi putih.

Soto Betawi bisa ditemukan dengan mudah, bahkan tanpa perlu pergi ke Betawi atau Jakarta Anda sudah bisa menikmatinya. Biasanya, restoran lokal yang menyajikan menu soto di hidangan mereka akan menyertakan soto Betawi juga. Jadi, untuk menikmatinya tidak perlu jauh-jauh terbang ke Jakarta. Coba cek resto nusantara di sekitar Anda, bisa jadi ada menu soto betawi.

Sejarah Soto Betawi Sebagai Makanan Khas Betawi

Untuk mengenal makanankhas Betawiterutama Soto Betawi, ada baiknya mengenal terlebih dahulu tentang Betawi. Betawi adalah istilah bagi penduduk asli kota Jakarta, yang juga merupakan cikal bakal terbentuknya Ibukota DKI Jakarta. Kini, di abad 21, Jakarta telah menjadi salah satu kota metropolitan dengan jumlah penduduk lebih dari 116 juta jiwa.

Jakarta menjadi salah satu kota terpadat di dunia sehingga penduduk asli Jakarta, yaitu orang Betawi terpinggirkan. Oleh karena itu di tahun 1970-an, Pemerintah Indonesia menetapkan kawasan Codet sebagai cagar budaya Betawi dengan tujuan, agar kebudayaan Betawi tidak punah. Salah satu kebudayaan Betawi yang mesti dijaga adalah kuliner khasnya, yaitu Soto Betawi.

Makanan Khas Betawi satu ini sudah dikenal masyarakat sejak lama, barulah di tahun 1977 dikenal dengan nama Soto Betawi. Nama ini dipopulerkan seorang penjual soto bernama Lie Boen Po yang berjualan di THR Lokasari atau Prinsen Park. Sejak tahun 1991, soto betawi menjadi nama yang digunakan penjual soto khas Betawi ini untuk menyebut dagangan mereka.

Keunikan Makanan Khas Betawi Soto Betawi

Indonesia memiliki banyak sekali sajian soto, mulai dari yang berbahan daging ayam hingga hewan berkaki empat seperti sapi. Ada banyak varian dengan berbagai bumbu soto di tanah air, misalnya saja soto lamongan yang kuahnya berwarna kuning, ada pula coto makassar, dan soto banjar. Setiap soto memiliki keunikan masing-masing, begitupula kuliner khassoto Betawi.

Makanan Khas Betawi memiliki rasa yang unik, sebab kuah soto betawi terbuat dari santan (kadang juga bisa dari susu) dengan isian yang beragam. Mulai dari daging sapi, jeroan, ataupun organ sapi seperti mata, torpedo, dan hati. Seperti kuliner nusantara lainnya, soto betawi kaya rempah dengan bumbu kaldu yang berasal dari rebusan daging sapi.

Dalam penyajiannya, Soto Betawi biasanya dilengkapi dengan tomat, daun bawang, kentang, serta bawang goreng. Tak lupa ditambahkan emping, jeruk nipis, sambal, dan acar. Soto Betawi sangat cocok disajikan bersama nasi hangat. Sajian ini sangat cocok untuk makan siang ataupun malam. Rasanya yang gurih dan nikmat akan memanjakan lidah Anda.

Bagi Anda yang belum pernah mencoba sajian soto betawi, ada baiknya mencobanya. Sebab, sensasi rasa dari soto betawi berbeda dengan soto lainnya. Rasa gurih dari perpaduan kuah santan dan susu, serta rempah-rempah asli Indonesia membuat soto betawisangatnikmat. Makanan Khas Betawi satu ini bisa jadi menu makan siang atau malam pilihan Anda hari ini.

about author

Djuwardi S.IP.

196304151982031001

Biro Perencanaan dan Keuangan

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher