Blog Sivitas

Tidak bisa dipungkiri semua jenis olahraga bagus untuk kesehatan, termasuk manfaat olahraga voli untuk tubuh. Saat pertama kali melihat atlet bola voli, pasti yang terlintas dipikiran adalah orang-orang dengan bentuk tubuh proporsional dan bugar. Hal ini karena bermain voli memang memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan dan pembentukan tubuh ideal.

Hampir semua jenis olahraga memang memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Jadi tidak heran jika para atlet olahraga memiliki tubuh bugar dan selalu tampak fit ,walaupun harus bertanding olahraga dalam waktu yang lama.

Olahraga voli mungkin tidak sepopuler jenis olahraga lainnya, seperti sepakbola ataupun badminton, tapi apakah anda tau sejarah bola voli. Akan tetapi bukan berarti main voli tidak ada manfaatnya untuk tubuh. Untuk Anda yang masih ragu untuk mencoba main voli karena belum tahu manfaatnya untuk tubuh, berikut beberapa manfaat olahraga voli jika rutin Anda lakukan.

Manfaat Bermain Bola Voli Untuk Kesehatan Tubuh

1.      Mengurangi stress

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa bermain bola voli bisa mengurangi gejala-gejala stress. Saat bermain voli ataupun melakukan jenis olahraga lainnya, otak akan lebih banyak memproduksi hormone mood bahagia seperti endorphin, dopamine, serotonin dan triptofan. Semua hormone tersebut akan bekerja untuk menciptakan perasaan bahagia, sehingga perasaan stress dan pikiran negative akan jauh-jauh dari Anda.

2.      Membantu tidur lebih nyenyak

Manfaat olahraga voli selanjutnya yang bisa Anda rasakan jika melakukannya secara rutin adalah membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak. Pada saat olahraga, aktivitas enzim dan fungsi otot meningkat sehingga membuat tubuh rileks. Dengan begitu, akan membantu dan mengendalikan berbagai gejala gangguan tidur sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak.

3.      Menurunkan berat badan

Olahraga voli yang dilakukan secara teratur dan baik juga ampuh untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena voli termasuk dalam jenis olahraga kardio aerobic yang membuat detak jantung semakin meningkat. Ketika jantung berdetak lebih cepat, proses pembakaran lemak dalam tubuh juga semakin meningkat. Sehingga membuat Anda lebih cepat menurunkan berat badan.

4.      Membantu membentuk otot

Selain bisa menurunkan berat badan, olahraga voli juga dikenal sangat ampuh untuk membentuk otot dan persendian. Saat bermain voli semua anggota tubuh akan bergerak mulai dari otor betis, paha, bokong, dan juga pinggul. Jadi tidak heran kan jika para atlet bola voli memiliki tubuh kekar dan berotot?

Olahraga Voli Secara Teratur Bisa Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Selain menyehatkan tubuh, manfaat olahraga voli selanjutnya adalah mampu membuat jantung Anda menjadi lebih sehat. Saat bermain bola voli, jantung akan berdetak lebih cepat sehingga aliran dan sirkulasi darah menjadi semakin lancar. Dengan begitu, resiko penyumbatan darah yang kerap menjadi penyebab utama terjadinya serangan jantung bisa Anda kurangi.

Rutin melakukan olahraga voli minimal sekali dalam seminggu memiliki efek yang bagus untuk kesehatan dan kebugaran Anda. Selain membuat jantung lebih sehat, bermain bola voli juga membantu menjaga metabolisme tubuh. Jika metabolisme bagus maka bisa dipastikan kesehatan tubuh juga akan semakin meningkat.

Itulah ulasan seputar manfaat bermain voli untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Selain menyenangkan, melakukan olahraga secara rutin memang memiliki efek yang bagus untuk tubuh Anda. Maka dari itu, jangan ragu untuk memulai berolahraga, karena manfaat olahraga voli cukup baik untuk kesehatan, sama halnya dengan jenis olahraga lainnya.

about author

Djuwardi S.IP.

196304151982031001

Biro Perencanaan dan Keuangan

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher