Blog Sivitas


Takjarang bukan harga atau biaya sewa yang jadi masalah pada saat cari kost, melainkan fasilitas yang ditawarkan oleh pemilik kos. Percuma juga bayar mahal-mahal kalau fasilitas yang ada didalamnya gak lengkap atau sama aja dengan fasilitas yang ada di kost yang lebih murah. Maka dari itu, cek dulu ketujuh fasilitas ini sebelum deal dengan pemilik kos.

·         Perabotan Kost

Ada kos yang menyewakan kamar kosongan aja dan ada yang menyewakan lengkap dengan seperabotannya. Emang sih yang kosongan biasanya lebih murah. Namun hati-hati, jangan terjebak dengan harga kost murah. Coba kalian kalkulasi lagi, berapa biaya buat beli kasur lipat, meja kecil, dan lemari, ditambah dengan biaya sewa kost. Jika tetap masuk anggaran, boleh deh kamu ambil. Namun, kalau jatohnya malah lebih mahal dari kosan yang menawarkan fasilitas perabotan.

·         Listrik Kost

Jika pada saat tinggal sama ortu kamu gak tau berapa banyak biaya listrik rumah, pas hidup mandiri kalian jadi tahu berapa banyak biayanya. Sewaktu survei kosan, sebaiknya tanyakan dulu, apakah harga sewa kost telah termasuk sewa listrik atau belum. Ada beberapa kos yang walau sewanya mahal, listriknya pastigratis dan bisa pakai tanpa batas.

Tak sedikit juga yang hanya mencantumkan harga sewa kost tanpa hitungan listriknya. Biaya listrik tiap kos juga  tak sama, ada yang paketan per bulan, contonya 50 ribu per bulan, ada yang dihitung berdasarkan alat elektronik yang dibawa, bahkan ada juag yang bentuknya voucher kayak apartemen gitu. Nah, tergantung dengan modal kamu nih, lebih cocok yang mana.

·         Kamar Mandi Kost

Untuk kalian yang masih mahasiswa yang menganut paham mandi sebulan sekali, kamu boleh skip yang satu ini. Namun jika kalian menganut paham mandi harus dua kali sehari, fasilitas kamar mandi kosan jadi penting buat kamu. Ada juga kosan yang menawarkan kamar mandi di dalam kamar dan ada juga yang kamar mandi luar alias kamar mandi untuk bersama. Fasilitas kamar mandi dalam memang menguntungkan sih namun harha juga pasti sedikit lebih mahal.

Kamu jadi tak harus ngantri kamar mandi dan mengalami tragedi harus menahan buang air saat sedang kebelet-kebeletnya. Namun ya harga sewa kost dengan kamar mandi dalam jelas jauh lebih mahal. Selama harganya tak semahal kamar kosan dengan kolam renang dalam, tak apa-apa kali ya emang ada kolam renang dalam kamar.

·         Garasi Kerdaraan

Jika kamu ingin ngekos jangan buat kamu anak kos yang bawa motor dan mobil dalam perantauan. Sebaiknya, tanyakan dulu pada pemilik kos apakah ada fasilitas garasi yang memadai. Jangan sampai deh, nanti kalian harus parkir di minimarket sebelah kos lantaran garasinya tidak lagi muat. Oya, takjarang beberapa kos yang gak menerima mahasiswa yang bawa mobil atau menerima dengan uang parkir tertentu. Makanya, daripada biaya hidup membengkak, tanya-tanya dulu gak ada salahnya.

·         Dapur Masak

Ini adalah hal yang sangat penting ini bagi mahasiswa yang menggalakkan program penghematan atau lagi diet! Soalnya nih, ada kosan yang menyediakan dapur umum lengkap dengan peralatan masaknya dan ada juga yang cuma memnyediakan space aja, jadi kosongan gitu tak ada apa apa. Kalau ternyata ada dapur, tanyakan bagaimana mengenai gasnya atau uang listrik buat kulkasnya. Dikalkulasi terlebih dahulu dengan anggaran buat belanja bahan-bahan. Jika kalian rasa lebih mahal,mungkin kegiatan masak belum urgent untuk kalian pakai.

 sewa kantor jakarta

 

about author

Dadang Kusnandar

196012121983031018

Biro Umum

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher