Blog Sivitas

Tempuhlah ilmu sampai ke negeri China, itulah pepatah yang kurang lebih artinya adalah untuk meraih ilmu atau pendidikan tanpa mengenal batas. Saat ini di era globalisasi, pertukaran pelajar menjadi hal yang lumrah. Bukan hanya untuk menyelesaikan studi, bahkan pertukaran pelajar yang hanya 1 atau 2 bulan saja sudah kerap terjadi secara internasional. Belajar di luar negeri akan memberikan pengalaman baru serta mengenal kebudayaan. Disiplin dan tradisi di negara baru juga bisa menjadi pondasi pembangunan karakter.


Meski begitu tentu saja biaya yang perlu dikeluarkan sangat banyak karena jauh dari rumah yang semuanya tersedia. Karenanya bagi mereka yang ingin belajar ke luar negeri, bisa menggunakan beasiswa luar negeri s1  yang banyak dibagikan oleh pemerintah maupun swasta.

 

Ada banyak pilihan negara yang bisa menjadi tujuan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang s1 atau S2. Diantara yang paling difavoritkan adalah di Amerika Serikat, berbagai negara di Eropa, dan Jepang. Bukan tak mungkin Anda bisa menjadi salah satu mahasiswa di salah satu universitas terkemuka di sana. Jangan ragu masalah biaya kalau memang ada kemauan dan kemampuan. Berikut ini adalah berbagai jenis beasiswa yang bisa Anda ambil untuk membiayai kebutuhan perkuliahan hingga memberi tunjangan uang saku dan tiket pesawat :

 

  1. Beasiswa Dikti

Beasiswa Dikti merupakan salah satu beasiswa dari pemerintah tepatnya dari Direktorat jenderal pendidikan tinggi. Ada beberapa kategori dalam beasiswa ini diantaranya adalah beasiswa untuk calon dosen dan dosen, beasiswa untuk mahasiswa S2, beasiswa semester pendek dan lainnya. Meski begitu beasiswa dikti ini memiliki ruang lingkup terbatas yaitu pada mereka yang berminat melanjutkan profesi di bidang pendidikan.

 

  1. Beasiswa LPDP

Beasiswa luar negeri S1 IDP satu ini berasal dari Kementrian keuangan. Ada banyak slot yang bisa dimanfaatkan oleh semua kalangan mahasiswa. Namun khusus lpdp bukan merupakan beasiswa untuk mahasiswa S1 namun untuk program pasca sarjana. sudah banyak alumni LPDP yang setelah lulus bisa kembali ke tanah air dan berkontribusi untuk negeri.

 

  1. Beasiswa kesenian di Italia

Italia sebagai salah satu negara Eropa memiliki nilai seni klasik yang tinggi dan menjadi tempat yang sangat tepat bagi mahasiswa pasca sarjana untuk melanjutkan perkuliahannya. Melalui kerjasama dengan kementerian luar negeri, Italia memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa S2 dari Indonesia. Tertarik untuk ikut mendaftar beasiswa ini? Anda bisa membaca informasinya lebih lanjut di website studyinitali.

 

  1. KOSEN

Ingin belajar di Jepang yang memproduksi berbagai teknologi canggih di dunia? Anda bisa mengambil beasiswa KOSEN khusus bagi peminat jurusan teknik. Beasiswa ini diberikan melalui kerja sama antara kementrian Pendidikan, Budaya, Olahraga , Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Diberikan kepada lulusan SMA atau mereka yang mendaftarkan diri sebelumnya. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa mencarinya di internet dengan keyword Beasiswa MEXT.

 

Berbagai beasiswa luar negeri S1 IDP di atas bisa menjadi jembatan masa depan Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Dengan belajar di luar negeri yang memiliki status pendidikan lebih baik, Anda akan mendapatkan pengalaman dan ilmu yang lebih luas sehingga bisa menerapkan, mengajarkan dan membaginya dengan masyarakat di dalam negeri. Baca baik-baik persyaratan yang dibutuhkan terutama masalah deadline pendaftaran serta dokumen apa saja yang dibutuhkan dari jauh-jauh hari agar Anda tidak terlewat peluang yang sungguh bermanfaat ini.

about author

Suhaedi A.Md.

196110241984031001

Biro Umum

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher