Blog Sivitas

My UQ & LIPI ku
Portal internal LIPI merupakan salah satu media komunikasi antara sivitas LIPI. Diluar protes dari kelompok yang memberikan penilaian buruk terhadap tampilan dan struktur web pada intra-LIPI, Sivitas banyak terbantukan dalam mengetahui agenda, kegiatan, publikasi dan lainnya. Kita mengisi daftar kegiatan atau menulis pada blog. Semuanya diakhiri dengan ku. Mungkin pembuatnya merasa penting untuk memberikan kesan kepemilikan dan tanggung jawab atas komunikasi dalam wadah ini. Innovation begins at homeHampir sama dengan portal internal LIPI yang menggunakan kata ganti kepemilikan ku maka di UQ (The University of Queensland) juga menggunaka my. Bedanya disana strukturnya tidak menggunakan my dan hanya di bagian depan My UQ. Didalamnya ada turn-it in untuk menguji tulisan sebelum submit di BlackBoard (untuk menghindari plagiarism, misalnya)
Rasa memiliki ini merupakan faktor penting dalam proses inovasi teknologi.
Sebuah inovasi teknologi yang diciptakan oleh suatu kelompok (Peneliti) dan aplikasikan pada Kelompok lain, bisa masyarakat desa, industri atau pihak pengguna lainnya, yang tidak didukung rasa memiliki bisa mengarah pada hasil yang yang tidak diharapkan. Hal ini biasa disebut sindrom not invented here (NIH Syndrome). Sebuah aplikasi teknologi baru pada bidang energi yang dioperasikan pada suatu wilayah yang tidak diikuti dengan rasa memiliki oleh penggunanya akan berakhir pada waktu yang tidak terlalu lama setelah pendampingan teknologi berakhir. Namun akan berbeda jika pengguna teknologi mendapatkan manfaat inovasi teknologi sehingga membentuk rasa memiliki dan tanggung jawab.
Dalam pendidikan di keluarga dibiasakan dengan menghargai milik sendiri, dari mulai alat tulisku, kamar tidurku, kakaku, adiku. Pesan orang tua: kalau tidak menghargai kakamu dan adikmu maka teman-temannya akan lebih tidak menghargainya, tapi kalau kamu memuliakan adik dan kakakmu maka mereka akan menghormatinya. Ditambah juga dengan kisah Bung Karno dengan wright or wrong my country, versi pribadi lengkap dengan gaya pidatonya. Menurutnya, spirit kepemilikan korsa/institusi merupakan hal yang penting.
Pada sebuah pidato laporan kunjungan Bruce Albert, utusan Iptek Amerika ke lembaga Iptek di Indonesia sekitar bulan Juni 2010 di Jakarta, dalam pembukaannya disebutkanlah nama-nama lembaga dan satuan yang kerja yang dikunjunginya. Tapi tidak menyebutkan either LIPI atau Indonesian Institute of Sciences. Saya tanya ke Pak Roy Trisnamurty (alm), apakah saya luput dalam menyimak pidatonya. Menurutnya, memang tidak disebut, tapi dia menyebut Serpong dan Cibinong, mungkin itu maksudnya LIPI. Maka sebelum pembawa acara memberikan waktu untuk bertanya, saya angkat tangan dan saat mikrofon sudah ditangan, saya memperkenalkan diri dengan mengulang institusi 2 kali. Semoga yang bersangkutan mengerti apa yang dimaksud.
Bounded RationalityBiasanya dalam kuliah terakhir dalam program inovasi teknologi, sebelum ujian, dosen memberikan material yang tidak biasa. Bisa berupa penayangan film documenter tengan invensi dan inovasi, misalnya Decadent atau The Man in the White Suit; bisa juga menghadirkan tokoh yang berhasil dalam inovasi seperti
Ian Frazer
kunjungan pada laboratorium tercanggih di Australia. Tapi ada satu yang biasa saja. Tetap dikelas hanya berupa review dengan sebuah pertanyaan apa yang dipelajari darinya sebagai salah satu dari 3 dosen dengan kuliah Development Business from Science. Papan tulis tidak mampu untuk memberikan ruang kosong lagi untuk ditulis kata-kata penting, grafik, gambar, dan rumus dalam pelajaran ini.

Diskusi dilanjutkan dengan beberapa tips untuk dalam menjawab pertanyaan ujian. Tiga buah pertanyaan disampaikan di disini dengan catatan bahwa jika bisa menjawab tepat seperti yang diajarkan maka akan diberi nilai fair, namun jika mampu menjawab dengan analisis dan sintesis diluar yang diajarkan maka paling tidak B sudah ditangan. Nilai A akan diberikan jika jawaban memiliki keasilan tersendiri (genuine) dengan analisis dan sintesis yang baik dan diperkuat dengan contoh yang valid. Kuliah akhir ini diakhiri dengan dihapusnya bagian tengah white board dan ditulis Love. Kata kunci itu menurutnya yang berperan penting dalam inovasi. Kamu bangun tidur bergegas ke kampus hanya untuk belajar, atau kita pergi ke pantai berenang akan membosankan jika tidak ada kecintaan dan kerinduan terhadap kegiatan itu. Tugas lanjutan hari itu adalah membaca buku Think Play Do yang diciptakannya.
Saat ini, 1 hari menjelang lebaran 2016, Saudara-saudara kita sudah ada yang berada di kampong halamannya, atau masih berjuang dalam perjalanannya. Tentunya didasari dengan kerinduan dan kecintaan. Rindu pada orang tua dan saudara. Rindu pada kampung halaman. Namun, jika tidak maka pengeluaran yang dilakukan, waktu yang dihabiskan, usaha yang dipertaruhkan akan terasa sia-sia.
Proses inovasi yang bersiko tinggi ini mensyaratkan kerja keras yang cerdas. Dasar pertimbangan dan keputusan yang dilakukan dengan cermat tidak menghindarkan dari kegagalan (the valley of death). Untuk itu dibutuhkan cinta untuk bisa bangun dari kejatuhan dan tetap berdiri di arena.
Bisa diasosiasikan kehidupan dengan sang pendamping. Akan berat dan membosankan jika didasarkan atas komitmen dan tanggung jawab. Tapi sampai 50 tahun lagipun hidup dengannya terasa singkat jika kandungan cinta yang paling kuat.
Fractal Geometry of InnovationDengan semangat LIPI-ku diharapkan tujuan LIPI akan tercapai dengan lebih baik lagi. jika ditafsirkan Fractal Geometry of Innovation dari Benoit Mandelbrot, sebaiknya lupakan inovasi jika kita masih belum bisa menghargai partner ku, atasan ku, mitra ku, pekerjaan ku.
Cibinong, 1 Juli 2016

about author

Syafrizal Maludin S.E.,M.TIM.

197004112000031006

Pusat Penelitian Kebijakan dan Manajemen Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher