Blog Sivitas


Kesan pertama ketika bertemu dengan sesuatu yang baru, tentu banyak hal yang belum diketahui, perlu penyesuaian, bahkan kadang membuat penasaran. Begitu pula yang saya alami ketika kali pertama mengakses blog.sivitas.lipi.go.idblog yang diperuntukkan bagi para sivitas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia sebagai wadah mencurahkan gagasan via tulisan.

Begitu masuk ke dalam halaman penulisan artikel, saya dihadapkan pada kenyataan yang membuat serangkaian tanda tanya muncul tak terbendung di kepala. Saya tidak menemukan ikon italic, bold, atau underline yang familiar ala software tulis menulis. Saya juga tidak menemukan pengaturan jenis dan ukuran font, hingga upload gambar yang umum digunakan di situs penyedia layanan blog seperti blogger, wordpress, kompasiana, atau forum seperti kaskus.

Selanjutnya ketika mencoba membuat sebuah tulisan, saya baru menyadari keganjilan yang lebih penting dari semua itu, di mana paragrafnya

Karena tulisan saya yang awalnya terdiri dari beberapa paragraf, tiba-tiba menjadi satu paragraf ketika dipublikasikan. Hal tersebut tentu membuat tulisan menjadi kurang nyaman tatkala dibaca. Dan sepertinya di sini saya tidak sendirian menghadapi kekurang nyamanan ini :D

Beberapa jam berkubang dalam rasa penasaran, mengantarkan saya pada sebuah pencerahan akan sebuah kenyataan. Bahwa ternyata blog sivitas LIPI ini menggunakan kode html dalam format tulisannya. Artinya untuk membuat variasi tulisandari variasi kata hingga membuat paragrafmemerlukan kode html dalam penulisannya.

Misal ketika saya ingin menulis kata bold dengan huruf tebal maka susunan huruf yang harus saya tulis adalah bold (hilangkan tanda bintang) sehingga ketika dipublikasikan hasilnya menjadi bold.

Tata penulisan yang sama juga berlaku untuk variasi teks lain, seperti underline, italic, dan lain sebagainya. Karena judul artikel ini adalah tentang paragraf maka untuk menciptakan sebuah paragraf tata cara penulisannya adalah sebagai berikut.

Isi paragraf

(hilangkan tanda bintang).

Namun, jika kita tidak menyukai tata penulisan html ketika membuat paragraf, ada alternatif lain untuk membuat paragraf di blog LIPI, yakni dengan memanfaatkan kolom bagian artikel sebagai kolom untuk paragraf. Caranya adalah sebagai berikut.

1) Pilih angka pada kolom jumlah bagian artikel, misal angka "5", kemudian klik simpan.

2) Selanjutnya akan muncul lima kolom yang nantinya dapat kita fungsikan sebagai kolom untuk paragraf.

3) Kita tinggal menulis satu paragraf dalam tiap satu kolom tersebut.

Alhasil tulisan akan terbagi menjadi lima paragraf yang terpisah, dengan demikian tulisan pun menjadi nyaman untuk dibaca.

Semoga bermanfaat dan selamat menulis :D

about author

Dhevi Enlivena Irene Restia Mahelingga S.Sn.

198812012015021001

Balai Media dan Reproduksi (LIPI Press)

Komentar (8)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher