Blog Sivitas

Apa itu penyakit hepatitis B? Penyakit hepatitis B merupakan suatu penyakit hati yang penyebabnya adalah karena virus hepatitis B. Virus hepatitis B merupakan suatu anggota family Hepadnavirus yang dapat menjadi penyebab terjadinya radang hati secara akut dan menahun dimana sebagian kecil kasusnya bisa berlanjut menjadi sirosis hati, radang hati dan bahkan kanker hati.

Gaya hidup sehat diperlukan sebagai tindakan mencegah penyakit hepatitis B dialami. Namun jika Anda sudah mengalami penyakit ini, tentu sangat dianjurkan Anda mengonsumsi obat hepatitis B yang tepat.

Jangan asal minum obat. Berikut resep obat hepatitis B dari para dokter yang sangat dianjurkan dan aman dikonsumsi penderita hepatitis. Check these out!

Resep Obat Hepatitis B dari Para Dokter

Obat hepatitis B dalam golongan interferon

Interferon bisa dikatakan sebagai suatu protein dimana biasanya dapat kita temukan didalam tubuh. Fungsinya adalah untuk membantu dalam memberikan perlawanan terhadap infeksi. Utamanya juga dapat membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus hepatitis dan mencegah terjadinya komplikasi.

Obat ini terdiri atas tiga aspek diantaranya :

·         Injeksi peginterferon alfa-2a

·         Injeksi peginterferon alfa-2b

·         Injeksi interferon alfa-2b intron A

Obat – obatan tersebut merupakan obat – obatan yang digunakan dalam kombinasi dengan obat antivirus. Memang tak ada versi generic dari obat – obatan ini di pasaran. Obat tersebut juga digunakan untuk membantu penderita dalam mengurangi efek samping yang diderita oleh penderita.

Obat – obatan antivirus protease inhibitor

Protease inhibitor merupakan obat  - obatan oral yang bekerja dengan cara membantu mencegah terjadinya penyebaran infeksi. Obat ini merupakan jenis obat yang berusaha menghentikan terjadinya reproduksi virus didalam tubuh yang meliputi :

·         Telaprevir atau incivek

·         Boceprevir atau victrelis

·         Paritaprevir yang merupakan protease inhibitor namun hanya terdapat didalam Viekira Pak sebagai bagian dari kombinasi yang digunakan untuk pengobatan infeksi HCV.

Obat – obatan semacam itu hanya digunakan dalam kombinasinya dengan terapi infeksi HCV yang lain. Untuk jenis telaprevir sendiri dikonsumsi dua kali dalam sehari. Sementara boceprevir dikonsumsi selama tiga kali dalam sehari. Keduanya harus dikonsumsi secara bersama – sama dengan makanan.

Obat – obatan antivirus analog nukleosida

Obat – obatan antivirus analog nukleosida membantu untuk mencegah penyebaran infeksi dengan cara menghentikan terjadinya pembentukan nukleosida pada sel – sel yang sudah terinfeksi. Ribavirin menjadi satu – satunya obat yang digunakan dalam pengobatan infeksi HCV dalam kelas ini.

Golongan obat ribavirin memerlukan kombinasi dengan interferon untuk mengobati infeksi HCV. Selain itu terapi tiga kali lipat dapat diresepkan dengan interferon dan protease inhibitor dimana obat ini tidak dapat digunakan secara independen.

Itulah berbagai resep obat hepatitis B dari para dokter yang bisa dikonsumsi. Namun dalam penggunaannya konsultasikan dengan dokter untuk meminimalisir resiko atau efek samping. 

about author

Endang Sutarti Mardiana M.E.

196802211988032001

Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher