Blog Sivitas


Salah satu bisnis kuliner yang juga mendapat cukup banyak perhatian serta menarik banyak minat adalah bisnis pizza. Ada banyak orang yang juga gemar menikmati hidangan lezat yang satu ini. Melihat peluang ini, pastinya ada beberapa orang yang ingin memanfaatkan peluang ini dengan mendirikan restoran atau kedai pizza.

Namun ada kalanya, sama seperti bisnis kebanyakan, bisnis pizza tidak berjalan dengan lancar begitu saja terutama di awal pembukaan. Lalu bagaimana caranya supaya bisnis pizza dapat berjalan lancar dan sukses? Berikut telah kami kumpulkan beberapa tips dan trik penting seputar hal tersebut :

·         Rencana bisnis

Seperti bisnis pada umumnya, bisnis pizza juga membutuhkan rencana bisnis atau business plan yang matang. Maka dari itu pastikanlah Anda sudah menyusun rencana bisnis terlebih dulu sebelum memutuskan untuk lanjut ke tahap selanjutnya.

Rencana bisnis ini ditujukan untuk mempermudah pebisnis dalam menjalankan usahanya. Di dalamnya biasanya berisi hal-hal seperti target yang ingin dicapai, strategi yang akan dipakai, dan masih banyak lagi. Pelajari selengkapnya tentang rencana bisnis untuk restoran di sini.

·         Fokus pada makanan dengan cita rasa autenthic khas Italia

Supaya bisa sukses menjalankan bisnis pizza, Anda perlu fokus pada kualitas makanan yang ditawarkan ke pelanggan. Ingatlah bahwa pelanggan yang datang berharap supaya dapat menikmati pizza yang lezat serta sesuai dengan harga yang dibayarkan. Maka dari itu, pastikanlah bahwa kualitas serta kelezatan pizza yang ditawarkan tidak akan mengecewakan.

Supaya berbeda dari bisnis pizza lainnya, Anda juga bisa mencoba membuat resep-resep atau variasi baru yang mungkin tidak disediakan oleh kompetitor lainnya. Dengan begitu, para pelanggan akan lebih memiliki alasan kenapa mereka memilih untuk menikmati pizza di tempat tersebut ketimbang dari tempat lain.

Karena pizza berasal dari Italia, pelajari berbagai bahan-bahan pokok yang dapat memaksimalkan cita rasa tersebut. Misalnya saja berupa bumbu, keju, saus, tepung, minyak goreng, pasta, tomat, pilihan daging ayam, daging sapi, ikan, dan lain sebagainya. Namun bisa juga kombinasikan cita rasa Italia dengan cita rasa lokal.

·         Pizza yang enak dan juga sehat

Kini ada banyak orang yang sedang mencoba untuk hidup lebih sehat. Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan cara menyediakan pilihan pizza yang dibuat dari bahan-bahan yang berkualitas.

Opsi untuk pizza dengan bahan berkualitas bisa menggunakan bahan-bahan yang menyehatkan, misalnya pizza vegetarian (mengurangi penggunaan daging), pizza dengan mengurangi jumlah keju, pizza dengan sayuran organik, pizza dengan komposisi sayuran yang lebih banyak dan lain sebagainya. Menu pizza pun juga dapat diberikan opsi untuk para vegan dan vegetarian.

·         Maksimalkan diskon dan promosi

Lebih banyak orang yang tahu akan keberadaan restoran pizza, maka akan lebih banyak pula peluang untuk bisnis tersebut mendapat lebih banyak pelanggan yang mendatangkan keuntungan. Maka dari itu, maksimalkan promosi tempat usaha pizza. Misalnya saja dengan memanfaatkan brosur, papan iklan, media sosial, hingga iklan lewat koran atau majalah lokal.

Ide promosi yang dapat diberikan misalnya saja promo dan diskon di hari tertentu, potongan jika membeli dengan pesan antar, potongan diskon jika membeli pizza ukuran yang lebih besar, gratis tambah topping pizza dalam pemberian tertentu, dan lain sebagainya.

·         Perhatikan karyawan

Para karyawan adalah orang-orang yang pertama kali berhadapan dengan para pelanggan. Maka dari itu jika ingin bisnis pizza sukses, Anda juga perlu memperhatikan keadaan mereka. Mulai dari membangun komunikasi yang baik dan memperbolehkan mereka untuk mengungkapkan pendapat hingga saran serta berpartisipasi secara positif dalam kegiatan karyawan.

Lalu jangan lupa juga untuk memberikan pelatihan yang tepat bagi para karyawan. Mulai dari bagaimana cara melayani tamu dengan baik serta ramah, cara pembuatan pizza, hingga cara menghidangkan pizza ke para pelanggan, dan lain sebagainya.

Terutama untuk karyawan dalam bagian pembuatan pizza. Hal ini karena pizza bukanlah jenis makanan yang mudah diolah, butuh keahlian dan skill khusus dalam mempersiapkannya. Sehingga karyawan yang mampu mengolah pizza bisa dibilang merupakan salah satu aset yang berharga untuk kemajuan perusahaan.


sumber: sinergy world

about author

Dadang Kusnandar

196012121983031018

Biro Umum

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher