Blog Sivitas

Visa merupakan salah satu dokumen penting yang harus dimiliki untuk mengunjungi negara tertentu. Salah satunya negara yang membutuhkan visa kunjungan adalah Inggris yang merupakan destinasi wisata dan tempat kunjungan terbaik. Anda juga bisa untuk membuat visa Inggris ketika akan menempuh pendidikan di negara Queen Elizabeth ini. Adapun beberapa tahapan umum yang perlu dilakukan ketika akan membuat visa sendiri adalah sebagai berikut ini :

Menyiapkan dokumen

Tips pertama yang harus dilakukan ketika akan mempersiapkan diri untuk membuat visa untuk ke Inggris adalah menyiapkan dokumen yang diperlukan. Dokumen yang diperlukan sendiri sangat beragam dan harus dilengkapi agar visa bisa Anda dapatkan. Adapun beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan tersebut adalah sebagai berikut ini:

  1. Syarat pertama yang harus disiapkan adalah paspor yang mempunyai masa berlaku minimal 8 bulan terakhir. Selain itu juga Anda harus menyiapkan paspor lama untuk pengurusan visa ini.
  2. Syarat selanjutnya adalah menyiapkan dua lembar foto pas dengan ukuran 3,5x4,5 cm yang mempunyai latar belakang putih.
  3. Syarat selanjutnya adalah fotokopi KTP, KK, dan juga akta kelahiran yang menggunakan bahasa inggris.
  4. Surat referensi dengan menggunakan bahasa inggris.
  5. Bukti booking tiket perjalanan dan rekening koran selama 3 bulan terakhir.
  6. Asuransi perjalanan yang dimiliki.

Mengajukan aplikasi visa secara online

Tahap selanjutnya yang dilakukan ketika akan membuat visa Inggris adalah dengan mengajukan aplikasi yang sudah bisa dengan cara online. Sehingga hal tersebut akan sangat memudahkan untuk membuat visa lebih cepat. Untuk mengajukan visa ini langkah pertama adalah dengan membuat akun di Visa4UK. Setelah akun tersebut jadi maka langkah selanjutnya adalah dengan mengisi semua informasi yang diperlukan. Lakukan juga verifikasi akun yang telah Anda buat lewat email dan baru bisa untuk mengisi berbagai formulir yang diperlukan untuk mendapatkan visa yang Anda butuhkan.

Membuat janji pertemuan dan juga pembayaran aplikasi visa yang diajukan

Langkah selanjutnya yang harus dipenuhi untuk mendapatkan visa untuk dapat ke Inggris secara legal adalah dengan membuat janji pertemuan. Dimana janji pertemuan tersebut bisa dilakukan di beberapa kota kantor VFS Global yang ada di Indonesia yaitu di Jakarta, Surabaya, dan juga Bali. Anda bisa untuk mengecek alamat kantor tersebut dan memilih yang paling dekat dengan tempat tinggal. Pilihlah tanggal wawancara dan juga bayar biaya aplikasi visa yang harus dilakukan tergantung dari jenis visa yang akan dipilih. Pada umumnya biaya standar untuk enam bulan adalah 128 USD yang bisa dilakukan menggunakan kartu kredit atau kartu debit.

Menghadiri jadwal pertemuan

Hal selanjutnya yang harus dilakukan ketika akan membuat visa Inggris adalah dengan menghadiri jadwal yang telah dibuat. Siapkan semua dokumen dan bawa dokumen tersebut ketika akan melakukan wawancara di jam yang telah ditentukan. Bawalah dokumen asli maupun fotokopi untuk berbagai syarat untuk membuat visa sehingga nantinya tidak kurang. Lakukan wawancara mengenai semua rencana Anda ketika di Inggris, riwayat perjalanan yang telah dilakukan, dan berbagai hal lainnya. Nantinya Anda akan mendapatkan tanda pengambilan visa sehingga tanda terima yang diberikan harus disimpan dengan baik. Setelah langkah ini selesai maka hanya perlu untuk menunggu keputusan hingga visa yang Anda butuhkan jadi. Karena pengurusan visa untuk dapat ke Inggris ini cukup lama yaitu sekitar 3 minggu bahkan hingga 24 minggu lamanya sebelum pengambilan visa yang telah jadi.

about author

Suhaedi A.Md.

196110241984031001

Biro Umum

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher