Blog Sivitas

Mengapa kerusakan akibat rayap tidak dianggap serius? Mengapa banyak bangunan untuk usaha seperti toko dan lainnya belum memiliki sistem pengendalian rayap yang baik? Berikut kami akan mengulas hal ini untuk Anda.

Rayap

Apa itu rayap? Sekilas kita bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan sangat mudah. Rayap adalah serangga koloni yang menjadi hama bagi banyak produk manusia. Ia bisa merusak furniture, bagian dari bangunan seperti pintu, dan juga aneka jenis kerajinan seperti kerajinan tangan dari rotan. Rayap juga berkoloni seperti semut dan sering membangun sarang di dalam sebuah produk.

Tapi tahukah Anda bahwa :

1.       Rayap tidak selalu hidup dan menyukai tempat lembab. Banyak orang mengira bahwa rayap hanya akan menyerang bila suatu produk punya kelembaban tinggi. Padahal, faktanya ada jenis rayap yang justru menyukai produk kering, misalnya saja rayap kayu kering.

2.       Rayap terdiri dari sangat banyak spesies. Ada ratusan jenis rayap yang tersebar di seluruh dunia dan beberapa bahkan belum teridentifikasi. Tiap jenis rayap punya kebiasaan sendiri-sendiri.

3.       Laron adalah salah satu tipe atau fase salah satu anggota kerajaan rayap. Jadi, bila Anda melihat banyak laron besar yang keluar di sekitar rumah Anda, artinya lingkungan Anda rentan rusak akibat serangga ini.

4.       Kerusakan akibat rayap tak selalu terjadi pada produk berbahan alam, tapi juga bisa terjadi pada produk non organik seperti benda-benda elektronik.

5.       Kerusakan akibat serangga ini kadangkala diakibatkan kerusakan sampingan. Misalnya, serangan rayap memicu tumbuhnya jamur yang menggerogoti produk lebih cepat.

Selain itu, fakta lain yang menarik tapi juga mengkhawatirkan dari serangga ini adalah anggapan bahwa kerusakan akibat rayap bukan persoalan besar. Coba perhatikan, ketika ada tanda-tanda rayap di lantai atau di bagian rumah tertentu, orang sering hanya mengatasinya secara sepele. Contohnya saja dengan menyiramkan minyak tanah di tempat yang diduga menjadi pintu sarang rayap. Betul. Koloni rayap memang akan pindah setelah penyiraman itu, tetapi mereka akan membangun sarang baru di tempat yang lain. Sebab, siraman minyak tanah tak akan membunuh semua rayap (bahkan kadang tak membunuh satupun, hanya membuat rayap kesakitan saja) dan juga tidak akan mencapai seluruh lorong dalam sarang rayap.

Pada kondisi ini, bagian rumah Anda sudah punya 2 titik kerusakan. Yang pertama, bekas sarang pertama yang berlubang-lubang (dan karenanya rapuh), serta kedua, sarang baru yang juga akan membuat bagian rumah Anda sama rapuhnya. Bila dibiarkan terus menerus, bukan tidak mungkin kerusakan akibat rayap tersebut akan makin parah. Anda mungkin akan menemukan bagian bawah lantai yang keropos atau bagian kusen yang harus benar-benar diganti dengan kusen baru. Belum lagi kerusakan sampingan seperti munculnya jamur dan lumut akibat aktivitas rayap.

Apa yang bisa ditarik dari kondisi ini? Satu hal yang bisa kita simpulkan; kekuatan serangan utama rayap sejatinya memang terletak pada sifatnya yang tidak begitu kentara. Akibatnya, kerusakan akibat rayap disepelekan orang, tidak dianggap serius, dan tidak dianggap harus dikendalikan.

Hal ini yang sulit dipahami orang. Serangan rayap sifatnya minor (skala kecil) tapi berlangsung terus menerus bila tidak dilakukan penghentian. Kerusakan-kerusakan kecil ini terjadi bertahun-tahun dan akan terakumulasi sehingga bisa membuat Anda rugi. Ketika kerusakan yang besar itu datang, ironisnya, orang sering tak merasa rayap yang menyebabkannya. Misalnya, kusen keropos yang dianggap rusak karena kualitas kayunya buruk. Padahal, kalau kita mau menggunakan produk anti rayap pada kayu kusen, kita tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli dan memasang kusen yang baru.


sumber: jasa anti rayap

about author

Dadang Kusnandar

196012121983031018

Biro Umum

Komentar (1)

  • erik

    27 Juni 2019, 15:50:17

    RAYAP AKAN TERUS KEMBALI MENYERANG BANGUNAN ANDA, WALAUPUN ANDA TELAH MEMBASMI RAYAP DI DAERAH TERTENTU, MEREKA AKAN PINDAH KE DAERAH LAIN DI BANGUNAN ANDA DAN AKAN TERUS SEPERTI INI, JIKA TIDAK DIBASMI DARI AKARNYA, HUBUNGI KAMI UNTUK JASA RAYAP MURAH DAN BERGARANSI https://rayaptuntas.com/jasa-rayap-murah/

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher