Blog Sivitas

Alhamdulillah saya haturkan atas terselenggaranya rapat koordinasi (Rakor) bidang botani LIPI 2019 di Kebun Raya Cibodas pada tanggal 22-23 Maret 2019.

Kegiatan ini merupakan acara resmi pertama saya setelah bergabung menjadi bagian dari civitas LIPI. Acara yang diadakan di KR Cibodas ini berlangsung dengan penuh kehangatan kekeluargaan. Dimulai dengan dibukanya acara oleh Ibu Kepala Bidang Botani(Dr. Joeni) yang kemudian langsung diteruskan dengan laporan capaian dan program di bidang botani selanjutnya. Yang sangat saya soroti di bagian ini yaitu meningkatnya jumlah jurnal internasional merupakan tren yang sangat positif dalam kemajuan penelitian bidang botani. Peneliti sudah mulai berganti mengirimkan jurnl nasional menjadi jurnal internasional yang bahkan dari segi jumlah jurnal internasional yang terbit lebih banyak dari jurnal internasional. 

Setelah laporan selesai terdapat acara purnabakti untuk beberapa staf yang baru saja pensiun. Akan tetapi mengecewakannya, tidak ada satu pun pensiunan yang datang dalam acara purnabakti tersebut. Padahal saya ingin sekali mendengar pengalaman, kesan dan pesan selama bekerja di LIPI yang dapat saya jadikan sebagai masukan untuk saya berkarya di LIPI. 

Di malam harinya, terdapat sarasehat para peneliti senior baik yang sudah pensiun ataupun yang masih bekerja, diantaranya Prof Eko, Pak Hary, Pak Purwanto, Pak Edy Mir, Bu Rugayah, dan Bu Joeni. Dari prof Eko saya belajar bagaiamana kitan harus benar-benar memahami dan teliti dengan apa yang kita kerjakan, bahkan dari segi cara membaca pun beliau ajarkan bagaimana cara membaca yang benar dan didikan dari Prof Min yang sangat keras tetapi sangat berkesan bagi beliau sehinga beliau bisa menjadi seperti sekarang ini. 

Saya sendiri sebagai cpns lipi baru mendapatkan banyak pengalaman yang dapat saya jadikan referensi bagi saya ketika sudah terjun menjadi peneliti kedepannya. 


Sebelum saya tutup tulisan ini, saya ingin menulis quote yang saya dapat dari Pak Witjak dan akan saya pegang saat menjadi peneliti nanti. "LIPI itu instansi besar dan sebagai peneliti LIPI kita punya peran yang besar, maka jangan sia-siakan kesempatan ini".

Akhirnya saya tutup tulisan ini dengan menuliskan alhamdulillahirabbil'alamin.

Cibinong, 23 Maret 2019. 

A. Zaelani

about author

Ahmad Zaelani M.Agr.Sc.

199007192019021003

Pusat Penelitian Biologi

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher