Blog Sivitas

Sepatu merupakan salah satu koleksi yang dimiliki oleh pria maupun wanita karena selalu digunakan setiap hari ketika bepergian melakukan berbagai aktifitas. Lain jenis kegiatan yang akan dilakukan bisa menyebabkan sepatu yang dipakai juga berbeda sesuai dengan kenyamanan dan kegunaannya. Selain itu banyaknya model sepatu yang ada juga membuat seseorang ingin mengoleksinya dalam jumlah banyak dengan harapan bisa menggunakannya bergantian.


Dalam hal ini wanitalah yang umumnya lebih banyak memiliki koleksi sepatu selain karena model yang diciptakan untuk wanita memang lebih banyak. Apa sajakah model sepatu wanita yang ada hingga saat ini? Berikut ini adalah beberapa model sepatu dari masa ke masa untuk para wanita yang bisa Anda jadikan referensi saat akan membeli sepatu baru :

 

  1. Wedges

Wedges merupakan model sepatu untuk wanita yang banyak beredar di pasaran. Memiliki ciri khas heels penuh yang menyatu dengan sol sepatu dengan bagian bawah datar sehingga memberikan keseimbangan bagi penggunanya. Wedges merupakan salah satu jenis sepatu feminim dengan bagian depan yang meruncing atau bulat.

 

  1. Stiletto

Memiliki heels yang tinggi hingga 7 cm lebih di bagian belakang dengan bentuk barang sehingga membuat sepatu tampak tegak berdiri. Bagian depan meruncing dan hampir hanya menutupi bagian jari. Wanita yang menggunakan stiletto ini akan tampak lebih anggun dan tinggi karena bentuknya yang memang menopang bentuk tubuh. Namun model ini tak cocok untuk berlari ataupun berjalan di alas yang tidak datar karena akan membuat kaki Anda sakit dan kurang seimbang.

 

  1. Pump

Bagian belakang sepatu ini mirip dengan stiletto, namun bagian depannya memiliki bentuk yang bulat dan dengan heels depan sehingga kedua ujung sama-sama menggunakan heels dengan ketinggian yang berbeda. Pengguna pump akan lebih nyaman dibandingkan stiletto karena kaki tidak terlalu tegak saat berjalan.

 

  1. Boots

Sepatu boots wanita adalah sepatu stiletto dengan bahan beludru yang memiliki body tinggi hingga betis bahkan hampir menyentuh lutut. Boots ada yang menggunakan tali sebagai pengikat namun ada juga yang berbentuk slip on.

 

  1. High heels

Sekilas hampir mirip dengan stiletto, namun pada sepatu high heels antara jari dan tumit memiliki jarak yang lebih panjang sehingga kaki tak terlalu tegak. High heels lebih banyak digunakan untuk keperluan kerja hingga santai dibandingkan dengan stiletto.

 

  1. Kitten heels

Memiliki heels yang lebih pendek sekitar 3- 5 cm di bagian belakang. Kitten heels lebih nyaman dipakai bagi wanita yang sudah memiliki tinggi proporsional.

 

  1. Flat shoes

Bagi Anda yang tak leluasa menggunakan heels untuk kegiatan sehari-hari, maka inilah model yang sebaiknya digunakan. Flat shoes merupakan model sepatu feminim tanpa hal dengan berbagai warna dan gaya. Umumnya berbentuk slip on namun ada juga yang memberikan variasi tali kecil di bagian depan. Dengan sepatu flip on Anda akan lebih leluasa bergerak seperti berjalan lama ataupun berlari.

 

  1. Mules

Di Indonesia model ini sering disebut sebagai sepatu sandal karena memiliki model sepatu di bagian depan dan model sandal di bagian belakang. Bagian terbuka di belakang membuat Anda bisa menggunakannya semudah memakai sandal.

 

  1. Oxford shoes

Oxford shoes juga merupakan model sepatu yang bisa digunakan untuk pria. Memiliki ciri bersol tebal dengan bagian atas terbuat dari kulit dengan ornamen-ornamen tertentu. Bentuknya sendiri lebih mirip dengan sepatu androgini yang bisa dipakai oleh pria maupun wanita.

 

  1. Platform shoe

Platform shoe memiliki ciri khas bagian sol yang sangat tebal sehingga menyerupai heels di semua bagian bawahnya. Jika diukur maka platform shoe bisa memiliki sol sepatu hingga berukuran 7 cm. Namun karena dipakai sebagai sol sepatu yang penuh dari bagian ujung depan hingga ujung belakang, sepatu ini lebih mudah dipakai bagi mereka yang membutuhkan tambahan ketinggian namun tidak bisa menggunakan high heels.

 

  1. Peep toe shoes

Model sepatu wanita ini mudah dikenali dari ciri khasnya yaitu memiliki bagian ujung depan yang terbuka sehingga memperlihatkan jari-jari kaki. Selain bagian ujung depan, peep toe shoes juga sering kali menampakkan bagian tengah kaki dengan modelnya yang terbuka. Umumnya memiliki heels dibagian belakang meski tak terlalu tinggi.

 

  1. Loafers

Mirip dengan loafers pada pria, loafers pada wanita juga menggunakan bahan kulit yang tebal dan terkesan formal. Namun pada wanita umumnya dibuat lebih feminim dengan menambahkan pita atau menggunakan warna yang lebih terang.

 

  1. Mary jane shoe

Pernah melihat gaya sepatu lama dengan pengikat di bagian tengah sepatu? Itulah yang dinamakan mary jane shoe. Model ini memiliki heels kecil di bagian sol belakang. Bagian depan hanya tertutup di bagian jarinya saja kemudian terbuka di tengah. Agar lebih aman, ditambahkan tali pengikat dengan kancing sehingga untuk menggunakan sepatu Anda harus membuka tali tersebut terlebih dahulu.

 

  1. Angkel strap shoe

Pada dasarnya model ini mirip dengan kitten heels namun memiliki tali yang mengikat di bagian angkle kaki atau di bagian atas. Dengan begitu sepatu tak mudah terlepas meski digunakan untuk berjalan cepat.

 

  1. Sling back shoe

Memiliki heels kecil di bagian belakang dengan tali yang bisa diikatkan di bagian belakang kaki untuk memberikan ikatan yang kuat pada sepatu.

 

  1. T bar shoe

T bar shoe merupakan model sepatu model stiletto yang menggunakan tali berbentuk T agar terhubung ke bagian atas body sepatu. Tali tersebut bisa dibuka atau bisa juga Anda gunakan secara slip on jika tali di setting dengan longgar.

 

  1. Clogs

Model clogs adalah model sepatu yang memiliki sol lebih lebar dibandingkan bagian body sepatu. Selain itu sol juga tebal dan tinggi sehingga sepatu terlihat besar. Dibuat dari bahan kulit sintetis yang kuat dengan model slip on.

 

  1. Strapy shoe

Sering melihat sepatu yang bagian atasnya berbentuk tali yang diatur sedemikian rupa hingga menutupi kaki? Itulah yang dinamakan strapy shoe. Model ini akan memperlihatkan kaki Anda sehingga baik digunakan untuk mereka yang memiliki kulit kaki bersih dan terang.

 

Selain model-model tersebut di atas, masih banyak lagi model sepatu wanita lainnya seperti sepatu sneakers yang elastis dan nyaman untuk berbagai kegiatan. Dari uraian di atas, Anda bisa mengetahui jenis sepatu apa yang telah dimiliki di rumah dan mana yang belum untuk bisa dibeli sebagai tambahan koleksi. Dalam membeli sepatu baru sebaiknya disesuaikan terlebih dahulu dengan kegunaannya agar memiliki manfaat. Selain itu pastikan kaki Anda nyaman menggunakan model tersebut apalagi jika akan dipakai dalam durasi yang lama seperti sepatu kerja.

Untuk keperluan santai, perbanyaklah memiliki sepatu sneakers dan sepatu flip on agar lebih nyaman digunakan.

about author

Suhaedi A.Md.

196110241984031001

Biro Umum

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher