Blog Sivitas

Kanker hati adalah tumor ganas yang dibentuk oleh sel-sel hati yang tidak teratur di dalam tubuh manusia. Di Indonesia, jumlah orang dengan kanker hati menduduki peringkat ketiga dalam jenis kanker yang paling umum terjadi.

1. Apa itu kanker hati?

Kanker hati adalah kanker yang dimulai di hati. Hati adalah organ penting di saluran pencernaan yang terletak di bagian kanan atas perut, di bawah diafragma dan di perut.

Beberapa jenis kanker dapat terbentuk di hati. Jenis kanker hati yang paling umum adalah kanker hati, yang dimulai dengan tipe hepatosit.

2. Tanda dan Gejala Kanker Hati

·         Urin gelap: Ini adalah indikasi pertama bagi orang-orang dengan kanker hati. Ketika fungsi hati terganggu, jumlah bilirubin dalam darah meningkat, sehingga menyebabkan urine berwarna kuning atau coklat gelap. Oleh karena itu, jika Anda menemukan bahwa urin Anda memiliki perubahan warna maka Anda harus pergi ke rumah sakit untuk pemeriksaan Kesehatan .

·         Nyeri perut atau pembengkakan: Dalam tubuh manusia fungsi hati untuk menghasilkan enzim untuk mencerna makanan serta mengatur jumlah hormon dalam tubuh. Ketika hati rusak fungsi kerusakan hati, tubuh bengkak menyebabkan pembengkakan dan sakit perut. Jika keadaan nyeri perut berlanjut dalam jangka waktu yang lama, pasien harus segera melaporkan ke dokter untuk kesimpulan yang tepat.

·         Menguningnya mata: Sel kanker hati dapat mempengaruhi seluruh bagian tubuh manusia, termasuk penumpukan racun di tubuh pasien yang menyebabkan mata menjadi kuning.

·         Sakit Perut: Sakit perut adalah salah satu tanda awal kanker hati. Pada saat ini penderita akan sering merasa kembung, perut buncit, mulas… sangat tidak nyaman.

·         Penurunan berat badan: Ketika Anda memperhatikan bahwa tubuh Anda kehilangan berat badan secara serius, disertai dengan anoreksia, makan gangguan pencernaan, ini adalah gejala kanker hati yang tidak dapat diabaikan.

Kapan sebaiknya Anda ke dokter?

Ketika tubuh Anda terasa lelah, Anda mungkin mengalami nafsu makan yang buruk, nyeri ulu hati, dan air seni yang gelap.Anda harus menemui dokter di rumah sakit untuk mendapatkan saran terbaik. paling efektif.

3. Dampak kanker hati

Kanker hati adalah penyakit yang sangat serius bagi orang-orang dengan tingkat kematian kanker tertinggi ketiga (setelah kanker paru-paru dan kanker perut).

Kanker hati menyebabkan orang menjadi lelah, mengakibatkan penyakit lain ketika resistensi melemah. Jika kanker hati tidak terdeteksi dini dan diobati, penyakit berkembang ke tahap metastatik dan sel kanker akan menyebar ke seluruh tubuh, sampai sekarang harapan pengobatan biasanya sangat rendah.

4. Penyebab kanker hati

Ada banyak penyebab yang dapat menyebabkan kanker hati tetapi penyebab umum alkohol, infeksi virus hepatitis, tubuh memiliki sistem kekebalan yang rendah ...

5. Faktor risiko yang menyebabkan kanker hati

Ketika sirosis berkembang, sel-sel hati mati dan digantikan oleh jaringan parut, perubahan struktur hati, dan penurunan fungsi hati, yang pada gilirannya meningkatkan risiko kanker hati. .

·         Minum alkohol: Alkohol dapat merusak sel-sel hati sehingga alkohol dapat merusak DNA secara langsung di sel-sel hati, yang dapat menyebabkan kanker hati.

·         Infeksi virus hepatitis: Infeksi virus hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, dll. Akan menyebabkan kerusakan hati yang serius. Jika hati terinfeksi virus hepatitis dalam jangka waktu lama, itu dapat meningkatkan risiko mengembangkan kanker hati.

·         Sistem Kekebalan Rendah: Sistem kekebalan yang lemah akan menyebabkan tubuh kita tidak mampu mencegah serangan eksternal, yang rentan terhadap infeksi, terutama virus hepatitis. Tubuh lebih rentan terhadap kanker hati.

·         Faktor genetik: Penelitian telah menunjukkan bahwa kanker prostat dapat menjadi penyebab kanker hati untuk generasi berikutnya. Menurut statistik di rumah sakit, insiden kanker hati lebih tinggi daripada wanita.

·         Orang dengan diabetes yang memiliki tingkat insulin lebih tinggi daripada orang lebih mungkin menderita kanker hati daripada mereka yang tidak. sumber referensi : tonfeb.com

about author

Endang Sutarti Mardiana M.E.

196802211988032001

Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher