Blog Sivitas

FAKTA

Tujuan dari proteksi petir bukan untuk menghentikan sambaran petir. Proteksi petir dipasang untuk mengontrol bagian-bagian dari petir setelah menyambar. Kilat tidak menyebabkan kerusakan namun dapat melewati tempat-tempat yang tidak diinginkan.


Ada lebih dari 2.000 badai yang terjadi di seluruh dunia. Badai ini bergabung untuk menghasilkan sekitar 100 kilatan petir per detik, masing-masing dengan potensi hingga satu miliar volt, arus berkisar hingga 200.000 ampere, dan suhu lebih dari 54.000 derajat Fahrenheit.


Seratus juta kaki per detik adalah kecepatan garis kilat menembus langit. Tidak heran flash sulit dilihat dari awal hingga akhir, yakni dimulai dan berhenti pada waktu yang hampir bersamaan. Petir bergerak 90.000 mil / detik (hampir 1/2 kecepatan cahaya), 100.000 kali lebih cepat dari suara dan di lokasi tersebut adalah letak guntur terdengar setelah flash terlihat. Sambaran, yang sekitar dua inci dan antara 200 kaki dan 20 mil, berlangsung tetapi hanya dalam orde satu mikrodetik.


Petir menyukai tanah. Menurut gambar data dari NASA's Lightning Imaging Sensor (LIS). Dari Desember 1997 hingga Januari 1998, LIS mengamati bahwa 90 persen petir ada di darat.
Saat ini, hampir tidak ada yang dapat menawarkan perlindungan 100% dari sambaran petir atau kerusakan, tetapi dapat dikurangi menjadi 95% atau lebih dengan tindakan pencegahan sederhana dan metode pemasangan yang relatif murah.



MITOS
Ada banyak mitos tentang petir. Beberapa mitos telah bertahan selama berabad-abad. Beberapa yang benar-benar kurang ilmiah tampaknya akan tetap ada. Beberapa yang paling populer adalah:


Sebuah penangkal petir atau menara yang dibumikan atau struktur tinggi membuatnya lebih mungkin rentan terhadap petir.

Mitos – Tidak peduli seberapa besar kemungkinan petir akan menyerang di area terdekat, yang terpenting adalah petir tersebut akan langsung ke ground, tanpa harus melalui peralatan elektronik terlebih dahulu. Hal ini dapat membuat lebih mungkin untuk menyerang di tempat yang memiliki tahanan yang rendah. Ada beberapa bukti bahwa beberapa sambaran dapat dicegah dengan menggunakan penangkal petir air streamer yang runcing tajam, yang meredam sebagian muatan yang terakumulasi. Namun, hal ini telah menjadi kontroversi selama setidaknya 50 tahun.


Petir selalu menyerang objek tertinggi.

Mitos – Petir dapat menyerang tempat mana pun. Meskipun kemungkinan besar akan mengenai objek tertinggi, namun tetap tidak ada jaminan untuk kawasan yang rendah. Hal ini juga lebih mungkin untuk menyambar sesuatu objek dengan grounding yang baik ke tanah, seperti menara baja. Terkadang, bila petir menyerang objek tertinggi, kita bisa mendapatkan efek samping kilatan jika objek yang dikenainya tidak memiliki ground yang baik.



KERUSAKAN APA YANG BISA DISEBABKAN OLEH PETIR PADA SISTEM PHOTOVOLTAIK?

Sebagian besar kerusakan listrik dan elektronik pada sistem listrik tenaga surya tidak disebabkan oleh sambaran secara langsung. Faktanya, sambaran langsung jarang terjadi. Kebanyakan kerusakan terjadi dari sambaran yang ada di dekatnya, biasanya dalam beberapa ratus meter. Sambaran yang dekat dapat menyebabkan ribuan volt ke rumah dan kabel array PV jika tidak dilindungi. Saat menghantam tanah, petir dapat menyebar dan menjalar ke konduktor tertanam, seperti pipa dan kabel yang tertanam. Bertentangan dengan asumsi populer, panel itu sendiri bukan korban terbesar – namun inverter dan pengendali yang menjadi korban. Bingkai dan dudukan pada panel biasanya di-ground sehingga seringkali dapat mengalihkan petir langsung ke tanah dan mengamankan panel. Selain itu, bank baterai pada sebagian besar sistem PV off-grid bertindak sebagai penangkal lonjakan yang cukup baik jika memiliki konektor dan grounding yang baik. Jika baterai tidak di-ground, kerusakan akan memicu kerusakan yang lebih parah.


Objek dapat langsung dikenai dan dampaknya dapat menyebabkan ledakan, kebakaran, bahkan kehancuran total. Atau, kerusakan mungkin tidak langsung terjadi ketika arus melewati di dekat objek tersebut. Terkadang, arus dapat memasuki bangunan dan menjalar melalui kabel atau pipa ledeng sehingga merusak segala yang ada di jalurnya. Demikian pula, di daerah perkotaan, petir dapat menyambar tiang atau pohon dan arus kemudian mengalir ke beberapa rumah terdekat dan struktur lainnya lalu masuk melalui kabel atau pipa. Dalam beberapa kasus, petir dapat menghantam tanah dan melewati jalur listrik yang terkubur ratusan meter.


Sangat penting untuk dicatat bahwa petir tidak harus mengenai langsung untuk menyebabkan kerusakan. Bahkan, karena EMP (pulsa elektromagnetik) yang terkait dengan sambaran yang besar, medan listrik statis yang terjadi menyebabkan sebagian besar kerusakan pada peralatan listrik dan elektronik yang tidak dilindungi. pada sambaran dekat, kabel di rumah atau sistem fotovoltaik bertindak seperti antena yang bila tidak dilindungi dapat memberi asupan ribuan volt kembali ke inverter dan peralatan lainnya.

Sumber : https://www.solar-electric.com/learning-center/general-solar-information/solar-system-lightning-protection.html

about author

Yudhistira S.Si.

198912262014011003

Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher