Blog Sivitas

Judul adalah pintu (gate) pertama bagi pembaca (reader) untuk mengakses sebuah naskah. Judul (selain abstrak) juga merupakan filter bagi pembaca untuk memutuskan apakah artikel relevan dengan apa yang ingin dicari. Oleh karena itu judul sebuah artikel ilmiah harus dapat mewakili isi keseluruhan tulisan. Dengan membaca judul, pembaca dapat menerka apa yang menjadi isi dari artikel tersebut. 

Untuk membuat judul yang menarik pembaca, ada beberapa tips-nya, selain tentunya judul harus ditulis secara singkat dan padat, biasanya maksimal 12-15 kata. Alasannya sederhana mengapa judul harus dibuat ringkas (brief) dan tidak bertele" diantaranya adalah agar mudah dicerna oleh pembacanya.. Salah satu tips-nya untuk membuat judul (sering saya bagikan di workshop penulisan artikel ilmiah) adalah metode RPM (Result, Problem & Method).. Tiga elemen penting ini seharusnya ada pada judul sebuah tulisan ilmiah. 

Secara sederhana, result adalah kontribusi/hasil dari penelitian yang dilakukan. Problem adalah konteks dari permasalahan yang diangkat dalam tulisan, sedangkan Method adalah cara dalam memecahkan masalah. Sebagai contoh judul yang baik:

*Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Perkotaan dengan Metode 3R (Reuse, Reduce & Recycle)*

Pada contoh judul di atas terdapat tiga elemen yaitu Result (Peningkatan Partisipasi Masyarakat), Problem (Pengelolaan Sampah Perkotaan) dan Method (3R=Reuse, Reduce & Recycle). 

Mungkin itu sedikit tips untuk membuat judul sebuah artikel ilmiah dari sisi penulis (author). Sebagai reviewer/editor tentu juga akan sangat terbantu melihat potensi artikel dari judul yang kita buat.. 

about author

Dr. Darmawan Baginda Napitupulu S.T., M.Kom

197809192005021002

Pusat Penelitian Teknologi Pengujian

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher