Blog Sivitas

Ilmu Komputer telah berkembang pesat, sehingga penggunaan jaringan komputer telah meluas, tidak terbatas diperusahaan-perusahaan besar saja. Setingkat UKM sudah bisa menerapkan jaringan komputer internal untuk operasional UKM. Bahkan lintas UKM telah bisa menerapkan data terpusat, dengan lintas UKM dan lokasi yang berbeda. Masing-masing UKM masih menggunakan jaringan komputer internalnya sebagai komunikasi grup jaringan komputer. Penggunaan jaringan komputer ini masih tergolong konvensional dan masih terpaku pada cara lama, komunikasi antar komputer.

Perkembangan ilmu pengetahuan komputer menjadikan komunikasi antar jaringan komputer semakin mudah. Perkembangan ini sejalan dengan berkembangan internet. Kemudahan bergabung dengan jaringan internet untuk mendapatkan berkomunikasi data yang diinginkan menjadikan internet sebagai jalur utama dalam komunikasi internet kedepannya. Komputasi awan (cloud computing) merupakan jawaban dari kemudahan dalam berinteraksi dengan grup jaringan internet, maupun personal. Komputasi awan secara umum merupakan kombinasi  jaringan komputer dan komputasi jaringan.

Penggabungan ini memunculkan cara pandang baru dalam menggunakan jaringan internet. Komputasi awan, mempermudah pengguna karena tidak harus memikirkan dan memelihara server sendiri. The US National Institute of Standards and Technology (NIST) mendefinisikan komputasi awan berupa “ a model for enabling ubiquitous, convenient, on-demand network access to a shared pool of configurable computing resources (e.g., networks, servers, storage, applications, and services) that can be rapidly provisioned and released with minimal management effort or service provider interaction.” (Mell and Grance, 2011).


Layanan Komputasi Awan
Infrastructure as a Service (IaaS), berupa  layanan yang menyediakan infrastruktur TIK seperti CPU, RAM, storage, bandwith dan konfigurasi lain. unit-unit tersebut digunakan untuk membangun komputer virtual. Komputer virtual memungkinkan pemasangan sistem operasi dan aplikasi sesuai kebutuhan. Kelebihan layanan IaaS ini adalah tidak perlu mempersiapkan komputer secara fisik, dengan demikian dapat menghemat biaya.
Platform as a Service (PaaS), berupa layanan yang menyediakan Platform sebagai layanannya. Pada umumnya telah terdapat sistem operasi, basisdata, framework dan web server aplikasi. Pengguna dapat menjalankan membuat aplikasi atau menggunakan aplikasi yang telah disediankan dari layanan tersebut. Perusahaan penyedia jasa layanan ini yang bertanggung jawab dalam pemeliharaan platform ini. Kelebihan layanan PaaS ini bagi developer atau pengembang adalah fokus pada aplikasi yang dibuat atau dikembangkan.  
Software as a Service (SaaS), berupa layanan dimana pengguna dapat langsung menggunakan aplikasi perangkat lunak yang telah disediakan. Penyedia layanan akan mengelola perangkat lunak dan infrastruktur yang disediakan. Contoh layanan aplikasi email seperti yahoo, gmail, dan lainnya sedangkan aplikasi media sosial adalah twitter, facebook dan google+, dll. Kelebihan dari layanan ini adalah pengguna hanya menggunakan aplikasi dan tidak dibebankan pada lisensi untuk mengakses aplikasi tersebut. Pengguna hanya membutuhkan perangkat klien komputasi awan yang terhubung ke internet.

about author

Jimmy Abdel Kadar S.Si., M.Sc.

197203262002121003

Pusat Penelitian Teknologi Pengujian

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher