Blog Sivitas

Toko online adalah peluang bisnis yang menjanjikan.  Meskipun berupa toko namun berbeda dengan toko pada umumnya, tidak perlu biaya besar untuk membuatnya dan tempat yang digunakan juga relatif kecil, namun toko ini dapat menghasilkan uang lumayan besar. Toko ini buka 24 jam nostop setiap hari dan dapat dilihat di seluruh dunia, disini anda dapat menawarkan produk hanya dengan memperlihatkan gambarnya saja,tidak perlu memiliki barang tersebut terlebih dahulu.

Terlebih lagi, anda dapat menjalankan bisnis ini siapapun anda, dimanapun dan apapun pekerjaan yang anda lakukan saat ini. Anda  hanya akan bertemu dengan calon pembeli kalau ada transaksi dan bila itu dirasa perlu untuk bertatap muka.Untuk masalah ekspor/impor anda bisa mempekerjakan karyawan yang sekiranya dapat menangani ekspor impor dan bahasa asing .Anda juga bisa menawarkan jasa menawarkan barang milik orang lain di toko online anda,sehingga dapat memperoleh keuntungan darinya . Usaha ini memeliki peluang bisnis yang baik sekarang maupun di masa mendatang karena perkembangan teknologi dan informasi yang pesat sehingga semua menjadi serba “online”.

Perkembangan bisnis di era jaman seperti sekarang ini banyak bermunculan berbagai situs-situs jejaring social yang biasa menghubungkan link antara kita di tempat yang sangat jauh, ini banyak digunakan untuk pembisnis online untuk melakukan transaksi dan memudahkan untuk pengiklanan barang-barang mereka untuk di jual. Maka di kesempatan kali ini, saya akan berusaha menjelaskan tentang peluang bisnis toko online. Mudah-mudahan karya tulis ini bermanfaat bagi yang membaca.

Kenapa Harus Toko Online

Salah satu tren saat ini adalah mencari penghasilan tambahan untuk keluarga dan untuk diri sendiri dengan internet beberapa peluang usaha online. Memang, banyak banyak orang menggunakan internet untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau penghasilan pasif, anda dapat memasang bisnis online. Salah satu beberapa bisnis online yang sedang berkembang adalah Toko online.

Target pasar dari toko online adalah para pembeli baik dari dalam maupun luar negeri, anda dapat menjual barang dengan menawarkannya melalui toko ini tanpa harus bertemu langsung dengan konsumen. Anda juga bisa menawarkan jasa anda kepada orang lain yang ingin membuat toko online, tapi tidak dapat membuat sendiri.

Untuk memulai bisnis toko online anda dapat menggunakan dua cara, yang pertama adalah dengan menggunakan jasa pembuat website toko online atau cara yang kedua, yaitu anda membuatnya sendiri jika anda adalah orang yang mahir dalam membuat sebuah website toko online. Jika anda memiliki produuk  anda sendiri, maka anda dapat menjual secara online melalui toko online anda. Anda juga bias menampilkan produk anda di website toko online anda, menginstal keranjang belanja online bagi bagi pelanggan, memulai cara pembayaran dan pemasaran secara online. Namun jika anda tidak memiliki produk anda sendiri, anda dapat memilih untuk drop shipping atuu mendirikan tie-up dengan produsen.  Anda dapat menghubungi produsen barang yang akan dijual di toko online anda atau menawarkan jasa untuk ikut memasarkan barang mereka melalui toko online anda. Untuk labanya, anda bisa berbagi keuntungan dengan produsen atau menaikan harga produk tersebut di toko online anda.

Dalam proses bertransaksi, ketika calon pembeli menghubungi anda untuk memesan sebuah produk, anda bisa menghubungi pihak produsen untuk menyiapkan barang tersebut, untk memperkecil resiko pembatalan pesanan anda bisa memin agar calon pembeli mengirimkan sejumlah uang tanda jadi dan anda dapat menggunakan uang tersebut untuk memesan barang pda produsen.

Dalam menjalankan bisnis ini memang memerlukan kesabaran, karena diperlukan waktu yang cukup lama bagi orang orang untuk mengenal  toko online anda. Untuk menghindari pennipuan yang dilakukan oleh konsumen, yaitu  ketika anda telah mengirim barang tersebut namun proses pembayaran belum juga dilakukan. Anda bisa membatasi jumlah pemesanan barang jika anda pertama kali bertransaksi dengan pembeli tersebut. Anda bisa menaikan jumlah pemesanan berang bersamaan dengan tumbuhnya kepercayaan anda kepada pembeli tersebut.

Untuk membuat toko online anda lebih cepat di kenal orang lain, anda bisa menggunakan jasa internet marketer untuk lebih mengenalkan toko online/website anda pada orang lain, selain anda juga bisa belajar dari toko online yang lain, yaitu dengan melihat toko online mereka sehingga anda bisa mengetahui bagaimana mereka menawarkan barang/jasanya

Kesimpulan

Meskipun dunia bisnis online ini sudah cukup merajalela di Negara kita ini, terlebih lagi setelah munculnya situs-situs jejaring social yang banyak digunakan untuk pembisnis untuk menawarkan barang dagangannya, tapi tidak sedikit pula orang yang tau atau berminat kepada bisnis online, disamping kurangnya sosialisasi tentang dunia bisnis online ini. Ada juga yang kurang percaya terhadap dunia bisnis online. Maka untuk memulainya, perlu adanya sosialisasi agar masyarakat kita mulai mengenal dunia bisnis online, agar masyarakat kita juga berani untuk terjun dan setidaknya ikut berkesinambungan untuk mempelajari bisnis online.

Penutup

Kesimpulan bahwasannya meskipun dunia bisnis online sudah banyak yang menggunakan, tetapi dilain pihak banyak juga sebagian masyarakat yang kurang paham apa itu bisnis online dan kurang mengertinya bagaiman cara memulainya untuk memulai bisnis online. Dengan mengetahui peluang yang ada mudah-mudahan dapat menambah penghasilan.  Mungkin cukup segitu saja, pemarapan dari saya untuk peluang bisnis Toko online. Apabila ada salah-salah kata yang tertulis, mohon dimaafkan.


about author

Tutang M.M.

196206061983021003

Pusat Pemanfaatan dan Inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Komentar (0)

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher