Blog Sivitas

Menarik saat memutar ulang rekaman debat Presiden 2012 di Amerika antara Obama dan Romney. Angka-angka yang disebutkan terkait rencana pemotongan dan peningkatan Pajak, jumlah penduduk lansia sampai pada rencana tindak untuk menjadikan Amerika yang lebih sejahtera. Obama dan Romney sepakat akan pentingnya peran ilmu pengetahuan yang merupakan alat menjadikan masa depan Amerika yang lebih baik.
Indonesia merupakan negara dengan jumlah peneliti yang sedikit, seperti disampaikan oleh Professor Iskandar Zulkarnain dalam tempo. Proporsi jumlah peneliti di Indonesia adalah 40 berbandig satu juta penduduk. Jumlah ini terbilang rendah dibandingkan India dengan 140 Peneliti per satu juga penduduk atau Korea Selatan dengan 5.500 Peneliti per satu juta penduduk.
Kontak pertama dengan dunia Penelitian diluar jalur pendidikan adalah saat pertama bekerja di Industrial Technology Development Project LIPI (ITDP LIPI) pada tahun 2001. Pekerjaan di kantor ini membuat saya banyak berhubungan dengan Peneliti dari bidang keilmuan yang beragam. Ternyata LIPI punya koleksi tumbuh-tumbuhan asli dan industri di Kebun Raya, ternyata pohon Kelapa Sawit pertama ada di Kebun Raya Bogor, ternyata 30 juta tahun yang lalu lokasi Karang Sambung itu adalah dasar laut. Kekagetan dari kemewahan ilmu pengetahuan muncul satu persatu dan ternyata kegiatan Penelitian itu menarik.
Dalam perkumpulan alumni Australia, beberapa kolega kebetulan adalah penggerak kelompok Kelas Inspirasi dalam Indonesia Mengajar. Saya coba ikuti dan bergabung dengan Kelas Inspirasi sejak 2013. Dibutuhkan pengolaan waktu dan rencana ajar yang baik yang dilakukan melalui 3 kali pertemuan. Pertemuan pertama di Universitas Indonesia merupakan kegiatan penting dimana konsep dan ide dasar Kelas Inspirasi disampaikan oleh Anies Rasyid Bawedan PhD. Pertemuan kedua dan ketiga adalah untuk pembentukan kelompok dan penentuan sekolah dasar yang akan dituju.



Sesuai dengan motonya yaitu Bangun Mimpi Anak Indonesia, maka saya coba memandang Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai alat untuk mencapai mimpinya. Bentuk mimpinya adalah menjadi Peneliti. Jika Hollywood adalah the land of dream, dimana manusia dari berbagai latar belakang ekonomi dan pendidikan bisa mewujudkan mimpinya, maka LIPI adalah the dream institute yang bukan hanya memungkinan membawakan hasil penelitian menjadi produk, tapi juga bisa mewujudkan mimpi insan manusia dari berbagai latar belakang ekonomi dan Pendidikan.
Penggerak yang membawakan profesi peneliti kebetulan hanya satu orang. Kebetulan memang kelompok yang saya ikuti para profesionalnya juga beragam dari underwriter, akuntan, psikolog. Untuk kita di Indonesia profesi yang paling sering disebut adalah Dokter, Tentara atau Polisi. Biasanya kelompok dari Sumatera Barat sangat mengidolakan profesi Dokter. Saya beruntung menjadi Peneliti yang beristri seorang Dokter.
Saya usahakan menggambarkan pada pikiran mengenai keajaiban ilmu pengetahuan yang bisa dijumpai dilingkungan kita. Mimpi ini diarahkan keajaiban yang ada di dalam LIPI. Dongeng ini ditutup dengan sebuah kisah Peneliti yang saya harap bisa memberi inspirasi untuk tidak hanya bisa bermimpi tapi juga memiliki usaha (dream and follow your effort). Kisah yang saya bawakan pada dongeng saat itu menggambarkan perjalanan Professor Bambang Subiyanto yang berangkat dari sebuah desa di Jawa Timur dan sekarang sudah menjelajah lebih dari dunia.
Saya tutup dengan ajakan. Siapa yang mau jadi orang pintar.. siapa yang mau jadi Peneliti.

about author

Syafrizal Maludin S.E.,M.TIM.

197004112000031006

Pusat Penelitian Kebijakan dan Manajemen Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi

Komentar (159)

  • zalinadiato

    24 Oktober 2019, 13:05:30

    WhatsApp: +6281617538564 Pesan teks: +6281617538564 telegram: +6281617538564 E- info: zalinadiato@gmail.com Assalamualaikum,nama saya Zalina Dianto, saya telah mengirim pesan di blog ini 3 tahun yang lalu. Saya ingin memberi tahu semua orang bahwa semua kesaksian pinjaman dan saran pinjaman semuanya palsu dan semua pembohong. Saya ditipu oleh banyak orang di blog ini, Sebelumnya , saya diperkenalkan ke perusahaan pinjaman terkemuka yang terdaftar dan memiliki situs web. Perusahaan pinjaman ibu muslim terkemuka memberi saya pinjaman sebesar RP 3,5 Triliun dengan tingkat bunga sangat rendah 1%. AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM PERUSAHAAN NYATA DAN 100% TERJAMIN. tolong, saya punya banyak expirience dengan pemberi pinjaman pinjaman palsu saya telah menunjukkan bagaimana mengetahui pemberi pinjaman palsu, harap baca ini akan membantu dan menyatukan Anda . BAGAIMANA CARA MENGETAHUI KREDIT PINJAMAN YANG PALSU Peminjam palsu tidak perlu meminta jaminan dan tidak ada situs web,Peminjam palsu tidak memiliki sertifikat bisnis,Peminjam palsu tidak peduli dengan gaji bulanan Anda yang membuat Anda memenuhi syarat untuk pinjaman, Peminjam palsu tidak menggunakan gmail, tidak ada domine, Peminjam palsu tidak memiliki alamat kantor fisik, Pemberi pinjaman palsu meminta biaya pendaftaran dan biaya trans. ajukan sekarang dan dapatkan pinjaman Anda Daftar Sekarang : (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) situs web : https: //www.aasimahaadilaahmed.loanfirm.site

  • Efendi Queen Lisa

    19 Oktober 2019, 12:33:26

    saudara-saudara Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya  .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLION RISING FUND¨`»(onebillionrisingfund@gmail.com)   ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..BBM: D8E814FC Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda Gmail saya adalah Ratu Efendi Lisa efendiqueenlisa@gmail.com    Hubungi Says::+62 857 1997 9422 Whatsapp::+62 857 1997 9422

Bagaimana Reaksi Anda Tentang Blog ini?


Tinggalkan Komentar

gambar

Komentar di Facebook
jQuery cookie Style Colors Switcher